Selamat datang para bro semua di blog paling keren
menurut emak gua he... he... berhubung banyaknya pertanyaan dari par bro semua
di channel youtube gua. Jadi gua putuskan untuk reqeust ulang penjelasan
tentang accu atau aki yang sering ngedrop, aki motor yang cepet panas, aki
motor yang tidak mengisi dan aki motor yang mati mendadak.
Penyebab dari Aki Motor Cepat Mati Mendadak
Sebenarnya penyebabnya ada banyak sekali bro, tapi tenag
saja akan gua sampaikan sampai sedetail – detailnya. Dan jika lo masih bingung
langsung saja komen di videonya ya bro... biar gua langsung bisa bales, biar
mempersingkat waktu langsung saja check it dot bro...
Kiprok / Rectifier
Ngomongin kiprok sebenarnya kita sudah bolak – balik
membahasnya tapi karena ini request, ya gua jelasin lagi dari awal. Kiprok
mempunyai dua fungsi bro, sebagai pembatas dan penyimpan tegangan listrik dari
spul pengisian dan spul penerangan. Berarti kiprok mempunyai dua tugas untuk
pengisian accu / aki dan penerangan lampu utama alias lampu depan bro...
Karena kita lagi membahas aki cepet ngedrop maka
fokusnya ke fungsi kiprok sebagai pengisian accu / aki, kiprok yang rusak pada
bagian pengisiannya akan membuat 2 akibat yang terjadi. Pertama pengisian accu
akan overcharge atau pengisian accu melewati batas pengisian maksimal accu
yaitu 14,50 volt pada RPM 5.000. Akibatnya accu akan panas dan kiprok akan
panas, kemudian lama – kelamaan accu akan mengelumbung dan rusak.
Akibat yang kedua, tidak adanya arus listrik pengisian
dari dari kiprok ke spul. Seharusnya saat sepeda motor dihidupkan maka spul
magnet akan menghasilkan arus listrik untuk mengganti arus listrik dari accu
yang digunakan sebagi sumber pengapian, nyala lampu, sistem beban dan masih
banyak lagi. Untuk mengetahui apakah kiprok rusak atau tidak harus menggunakan
avometer, caranya dengan mengukur tegangan accu. Saat posisi stand by tegangan
accu harus 12,50 volt atau lebih, kemudian saat sepeda motor diblayer / tarik
gas pada RPM 5.000 maka tegangan accu harus naik menjadi 14,50 tidak boleh
kurang dan tidak boleh melebihi 15.00 volt. Jika melebihi dari ketentuan diatas
maka bisa dikatakan kiprok rusak, untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini
bro... tapi jangan lupa subscribe ya.. he...
Accu atau Aki Kurang Bagus
Perlu diketahui dipasaran banyak sekali merk accu, tapi
saran gua pilih accu yang benar – benar bagus dan sesui spesifikasi dari motor
tersebut. Maksudnya perhatikan juga berapa ampere dan volt dari accu tersebut,
kemudian kapan dibuatnya dan cara penyimpanan dari accu tersebut. Karena
penyimpanan yang asal – asalan akan menentukan umur dari accu tersebut.
Spul Pengisian
Spul pengisian ini merupakan sumber arus listrik
pengisian accu yang bekerja setelah adanya induksi medan magnet dari putaran
magnet sepeda motor. Spul magnet yang terbakar akan menyebabkan spul pengisian
tidak menghasilkan arus listrik untuk pengisian accu. Solusinya jika spul
magnet terbakar maka dengan menggantinya dengan spul baru, waluapun bisa saja
dengan melilit / gulung spul sebagai solusi sementara.
Kebocoran Arus Listrik
Kebocoran arus listrik ini sering kali terjadi dan
penyebabnya juga sangat beragam, mulai dari konsleting / korsleting pada kabel
body, pemakaian bohlam kw (bukan original) dan masih banyak lagi. Kok bohlam
lampu kw bisa menyebabkan kebocoran arus listrik ? jawabannya tentu saja bisa
karena adanya perbedaan antara besarnya voltase (tegangan listrik), ampere
(kuat arus) dan ohm (hambatan). Maka dari itu pertimbangkan dulu bro, sebelum
membeli dan mengganti bohlam lampu pada sepeda motor.
Rellay Pengisian Accu
Untuk rellay pengisian sendiri terdapat pada motor –
motor injeksi, sedangkan pada jenis motor karburator tidak terdapat jenis
rellay ini. Kerusakan pada rellay akan mempengaruhi arus pengisian dari kiprok
menuju accu, sehingga aki akan ngedrop.
Untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini dan jangan
lupa subcribe bro...
Komentar
Posting Komentar