Cara Mengatasi dan Penyebab Aki Baru Cepat Ngedrop tidak Ngisi

Selamat datang para bro semua di blog paling keren menurut emak gua he... he... berhubung banyaknya pertanyaan dari par bro semua di channel youtube gua. Jadi gua putuskan untuk reqeust ulang penjelasan tentang accu atau aki yang sering ngedrop, aki motor yang cepet panas, aki motor yang tidak mengisi dan aki motor yang mati mendadak.

Penyebab dari Aki Motor Cepat Mati Mendadak

Sebenarnya penyebabnya ada banyak sekali bro, tapi tenag saja akan gua sampaikan sampai sedetail – detailnya. Dan jika lo masih bingung langsung saja komen di videonya ya bro... biar gua langsung bisa bales, biar mempersingkat waktu langsung saja check it dot bro...

Kiprok / Rectifier

Ngomongin kiprok sebenarnya kita sudah bolak – balik membahasnya tapi karena ini request, ya gua jelasin lagi dari awal. Kiprok mempunyai dua fungsi bro, sebagai pembatas dan penyimpan tegangan listrik dari spul pengisian dan spul penerangan. Berarti kiprok mempunyai dua tugas untuk pengisian accu / aki dan penerangan lampu utama alias lampu depan bro...



aki cepet tekor


Karena kita lagi membahas aki cepet ngedrop maka fokusnya ke fungsi kiprok sebagai pengisian accu / aki, kiprok yang rusak pada bagian pengisiannya akan membuat 2 akibat yang terjadi. Pertama pengisian accu akan overcharge atau pengisian accu melewati batas pengisian maksimal accu yaitu 14,50 volt pada RPM 5.000. Akibatnya accu akan panas dan kiprok akan panas, kemudian lama – kelamaan accu akan mengelumbung dan rusak.

Akibat yang kedua, tidak adanya arus listrik pengisian dari dari kiprok ke spul. Seharusnya saat sepeda motor dihidupkan maka spul magnet akan menghasilkan arus listrik untuk mengganti arus listrik dari accu yang digunakan sebagi sumber pengapian, nyala lampu, sistem beban dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui apakah kiprok rusak atau tidak harus menggunakan avometer, caranya dengan mengukur tegangan accu. Saat posisi stand by tegangan accu harus 12,50 volt atau lebih, kemudian saat sepeda motor diblayer / tarik gas pada RPM 5.000 maka tegangan accu harus naik menjadi 14,50 tidak boleh kurang dan tidak boleh melebihi 15.00 volt. Jika melebihi dari ketentuan diatas maka bisa dikatakan kiprok rusak, untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini bro... tapi jangan lupa subscribe ya.. he...

Accu atau Aki Kurang Bagus

Perlu diketahui dipasaran banyak sekali merk accu, tapi saran gua pilih accu yang benar – benar bagus dan sesui spesifikasi dari motor tersebut. Maksudnya perhatikan juga berapa ampere dan volt dari accu tersebut, kemudian kapan dibuatnya dan cara penyimpanan dari accu tersebut. Karena penyimpanan yang asal – asalan akan menentukan umur dari accu tersebut.

Spul Pengisian

Spul pengisian ini merupakan sumber arus listrik pengisian accu yang bekerja setelah adanya induksi medan magnet dari putaran magnet sepeda motor. Spul magnet yang terbakar akan menyebabkan spul pengisian tidak menghasilkan arus listrik untuk pengisian accu. Solusinya jika spul magnet terbakar maka dengan menggantinya dengan spul baru, waluapun bisa saja dengan melilit / gulung spul sebagai solusi sementara.

Kebocoran Arus Listrik

Kebocoran arus listrik ini sering kali terjadi dan penyebabnya juga sangat beragam, mulai dari konsleting / korsleting pada kabel body, pemakaian bohlam kw (bukan original) dan masih banyak lagi. Kok bohlam lampu kw bisa menyebabkan kebocoran arus listrik ? jawabannya tentu saja bisa karena adanya perbedaan antara besarnya voltase (tegangan listrik), ampere (kuat arus) dan ohm (hambatan). Maka dari itu pertimbangkan dulu bro, sebelum membeli dan mengganti bohlam lampu pada sepeda motor.

Rellay Pengisian Accu

Untuk rellay pengisian sendiri terdapat pada motor – motor injeksi, sedangkan pada jenis motor karburator tidak terdapat jenis rellay ini. Kerusakan pada rellay akan mempengaruhi arus pengisian dari kiprok menuju accu, sehingga aki akan ngedrop.
Untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini dan jangan lupa subcribe bro...




Jangan lupa tetap keep riding no arogan, hormati pejalan kaki dan salam satu aspal...

Posting Komentar

0 Komentar