Cara Mengganti Kanvas Rem Belakang Yamaha Vixion dan R15

Sejeworks – Selamat datang kembali para bro semua kali ini kita akan ngomongin cara ganti kanvas rem belakang pada motor Yamaha Vixion dan R15. Untuk motor - motor ini mempunyai jenis kanvas rem belakang yang sama, dari modelnya dan vendor pembuatnya yaitu Nissin. Jadi cara membongkar kanvas rem belakang motor Yamaha Vixion dan R15 akan sama, selain itu cara ini bisa dipakai untuk Yamaha Jupiter MX King.

Peralatan yang disediakan pun sangatlah sedikit hanya kunci L5 dan obeng min (-) ukuran sedang, trik ganti kanvas rem belakang ini sangatlah mudah tanpa harus mencopot roda belakang. Tapi tetap ada kekurangannya jika menggunkan cara tersebut, karena bagian breket caliper tidak dibersihkan dan diolesi pelumas sama sekali. Akibatnya jika menggunakan cara ini akan membuat caliper menjadi seret dan kanvas rem belakang akan termakan sebelah.

Langkah Pembongkaran Rem Cakram Sepeda Motor Yamaha Vixion dan R15

Cara pertama dengan merenggangkan jarak antara kedua kanvas rem dengan piringan cakram, alat yang dipakai cukup dengan memakai obeng min (-) dengan cara memasukannya ke antara piringan cakram dengan kanvas rem belakang.

Langkah selanjutnya lepas 2 baud L dengan memakai kunci L5, jika baud Ltersebut sudah terlepas maka kanvas rem akan bisa dicopot atau akan lepas secara otomatis.

Setelah itu pasang kanvas rem cakram belakang dengan memperhatikan posisi lubang baud L tersebut dan harus terpasang dengan benar.

Kemudian lakukan cek hasil pengerjaan dengan memutar roda belakang dan menekan rem belakang, jika pemasangan kanvas rem tersebut dalam posisi pas. Maka kanvas rem akan tetap dalam posisinya dan tidak terjatuh kebawah atau copot.

Tapi sebelumnya gau ingatin dulu, cara ini dilakukan jika mau membersihkan kanvas rem cakram belakang Yamaha Vixion, R15 dan MX king. Lakukan penggantian kanvas rem belakang dengan part original dan setiap setahun sekali atau saatt menginjak kilomter sepeda motor 12.000 dan kelipatannya. Karena biasanya pada kilometer tersebut kanvas rem cakram sudah mulai dalam kondisi habis / tipis.

Jika masih kurang jelas, tonton video berikut bro... dan jangan lupa subscribe, like comment dan share.



Ok bro, akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan & hormati pejalan kaki...  salam oprek dan salam satu aspal. 

Posting Komentar

0 Komentar