Gejala Fuel Pump Lemah Pada Motor Injeksi

Sejeworks – Pompa bensin atau fuel pump merupakan komponen pada sepeda motor injeksi yang berfungsi sebagai pendorong bahan bakar / bensin, dari tangki bensin menuju injektor.  Dan injektor akan mengkabutkan bahan bakar tersebut sesuai perintah dari ECU, mengenai jumlah dan berapa lama injektor menyemburkan bahan bakar ECU lah yang memerintahkan semuanya.


fuel pump


Tapi peran pompa bensin tidak bisa dikesampingkan begitu saja, karena pompa bensin yang rusak akan mempengaruhi performa motor. Mulai dari motor mogok, motor mbrebet, tenaga kurang dan masih banyak lagi, untuk lebih jelasnya baca dan tonton video dibawah ini sampai selesai. Tapi jangan lupa subscribe ya bro... biar lo selalu update artikel – artikel terbaru dari blog otomotif yang paling keren ini..

Ciri – Ciri Fuel Pump Motor Injeksi Rusak

Tekanan Pompa Bensin Tidak Sesuai Standar

Setiap motor injeksi mempunyai mempunyai standar tekanan bahan bakar yang berbeda, contoh honda all matic mempunyai standart 294 kpa  sedangkan matic yamaha mempunyai tekanan 304 kpa. Sayangnya untuk mengetahui fuel pump motor injeksi rusak harus menggunakan alat khusus yaitu pressure guage. Cara ini yang paling akurat untuk mengetahui apakah fuel pump dalam kondisi baik  atau mengalami kerusakan. Untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini tapi jangan lupa subscribe ya bro...






Mesin Susah Hidup

Saat fuel pump atau pompa bahan bakar mengalami kerusakan maka akan mengakibatkan sepeda motor susah dihidupkan dikarenakan seringkali terjadi perubahan tekanan bahan bakar.  

Akselerasi Lambat

Akselerasi atau respon motor akan sangat terasa saat pompa bahan bakar rusak, saat grip gas sudah ditarik full maka sepeda motor akan terasa tertahan. Penjelasan  gampangnya saat gas ditarik maka seharusnya motor langsung berjalan tapi motor akan tertahan dalam beberapa detik kemudian akan berjalan. Dan ini berlangsung berkali – kali dengan jeda waktu yang tak bisa ditebak.

Mesin Nyendat

Mesin nyendat sebenarnya hampir sama dengan akselerasi lambat, tapi yang membedakan kalau nyendat (brebet) terjadi dalam jangka waktu yang berdekatan. Sedangkan akselerasi biasanya tidak seperti mbrebet yang sering kali terjadi dan akselerasi akan sangat terasa saat tarikan awal sepeda motor dijalankan.

Tidak ada Suara Dengung dari Fuel Pump

Suara dari fuel pump / pompa bensin itu pertanda fuel pump bekerja walaupun ini bukan sebuah patokan untuk mengetahui fuel pump bekerja secara normal atau rusak. Tapi dengan mengetahui adanya suara dari fuel pump adalah cara yang paling mudah untuk mendeteksi kerusakan pada fuel pump.

Untuk menganti fuel pump seharusnya perhatikan sil bahan bakar (bensin) yang sering kali mekar, sehingga bahan bakar rembes dan menimbulkan bau disekitar fuel pump. Dan akibatnya bahan bakar akan boros karena rembes, jadi untuk mengantisi pasi hal tersebut lakukan penggantian pada sil bahan bakar.

Biar ada gambaran tonton video ini sampai selesai bro, tapi jangn lupa subscribe ya... agar blog ini bisa berkembang da selalu update.... tutorial dan info sepeda motor terbaru.





Akhir kata tetep keep riding no arogan dan hormati pejalan kaki, salam satu asphalt satu oprek.... dan satu hobby...

Posting Komentar

5 Komentar

  1. Mau tanya bang kenapa mtor vario saya sering brebek / kayak telat bensinya... Apa masalah pompanya... Dan terkadang suara pompanya juga gak setabil... Kayak ndengungya nyendat2 gitu

    BalasHapus
  2. Mau tanya bang kenapa mtor vario saya sering brebek / kayak telat bensinya... Apa masalah pompanya... Dan terkadang suara pompanya juga gak setabil... Kayak ndengungya nyendat2 gitu

    BalasHapus
  3. Kenapa montor saya saat di tarik gasss rpm tinggi kayak ada bunyi grek grek itu apa dari Scoopy fi

    BalasHapus
  4. Mau tanya bang motor vixion saya nyendat terus kalau lampu di hidupkan suara dengungan fuel pum nya lirih itu apa nya ya

    BalasHapus
  5. Bang dari rotak plu pumpnya ngaruh ga sih? Soalnya udh cek injektor sama ganti filteran plupump kok masih brebet

    BalasHapus