Tanda – Tanda dan Berapa Lama Kanvas Rem Motor Matic Harus Diganti


Sejeworks – Kanvas rem sepeda motor adalah part atau komponen yang sangat safety untuk berkendara, tanpa kinerja rem yang maksimal akan membuat riding yang penuh dengan debaran jantung. Dan parahnya lagi bisa kejadian crash yang ngga diduga, maka dari itu bro selalu cek kondisi kanvas rem depan dan rem belakang. Untuk kali ini kita akan fokus ngomongin ke kanvas rem motor matic ya bro, mulai dari tanda – tanda kanvas rem matic habis, berapa lama waktu penggantian kanvas rem matic dan harga kanvas rem matic.

Berapa Lama Kanvas Rem Matic Harus Ganti

Kanvas rem motor matic pada umumnya memakai disck brake / rem cakram pada bagian depan dan pada bagian belakang memakai jenis tromol, tapi ada motor matic yang memakai disc brake / rem cakram pada bagian rem belakang. Nah yang jadi pertanyaan para biker adalah kapan waktunya penggantian kanvas rem ? sebenarnya untuk menjawabb pertanyaan tadi agak susah bro.


kapan ganti kanvas rem



Karena setiap biker mempunyai cara pakai dan jarak tempuh yang berbeda, jadi untuk memastikan kapan kanvas rem harus diganti agak. Tapi kalau mau diperkirakan sekitar 1 tahun atau 12.000 km kanvas rem biasanya sudah dalam kondisi tipis, untuk memastikan kanvas rem habis sebenarnya cukup mudah bro...

Ciri – Ciri Kanvas Rem Matic Harus Ganti

Adanya bunyi seng – seng saat motor berjalan, bunyi karena piringan cakram langsung bersentuhan dengan besi pada kanvas rem. Hal ini terjadi pada motor matic yang memakai rem cakram baik pada bagian dan dan rem cakram belakang.

Salain itu saat kanvas rem habis pada motor matic yang memakai jenis rem cakram terutama rem depan, waktu pengereman akan sangat terasa pakam dan berbunyi ngik. Karena besi cakram ditekan langsung oleh besi kanvas rem, kalau kanvas rem belum habis rem tidak akan berbunyi.


ciri - ciri kanvas rem habis



Biasanya rem belakang motor matic memakai teromol, jika kanvas rem habis maka rem tidak akan pakam. Roda belakang akan tetep ngelos saat rem ditarik dan kondisi stelan rem berada masuk ke depan.

Apakah Rem Sepeda Motor Matic Bisa di Stel

Untuk rem cakram tidak bisa dilakukan penyetelan kecuali jika memakai handlle rem variasi, penyetelan pun hanya pada handle tersebut untuk mengatur gap / celah sil master pad penonjok dari handle rem tersebut.

Sementara untuk rem tromol bisa dilakukan penyetelan, caranya dengan memutar mur 14 pada bagian belakang kabel rem.

Rem Bunyi Saat Hujan

Hal ini terjadi motor matic yang rem belakang memakai jenis tromol, kondisi hujan akan membuat air ke drum brake (tromol) dan membuat bunyi antara cit ... cit saat rem belakang ditarik. Penyelesainnya dengan membersihkan kanvas rem belakang dari debu dan air, cara lain adalah dengan melakukan pengereman secara berulang – ulang sampai bunyi tersebut hilang.

Ok bro untuk kali ini cukup sekian dulu, ingat bro tetep keep riding no arogan hormati pejalan kaki. Salam Oprex dan salam satu Asphalt ....

Posting Komentar

0 Komentar