Yamaha NMAX Kena Banjir, Perhatikan Selang Hawa dan Selang CVT


Sejeworks – Selamat datang kembali diblog otomotif paling kece menurut tetangga gua, kali ini kita akan ngomongin tentang akibat dari motor yang menerjang banjir. Tapi yang bakalan kita bahas Yamaha NMAX, kenapa NMAX bukan lainnya ? karena pas kebetulan dapatnya bro... next time kita bakalan kasih contoh lain dari pabrikan yang berbeda he... he...

Terkadang para biker menganggap remeh jika ada genangan air atau bisa dibilang banjir, jika melewati jalan raya saat hujan. Padahal akibatnya sangatlah fatal bro, mulai dari korsleting (hubungan arus pendek), motor mogok biasa dan terkadang motor mogok parah sampai stang seher bengkok atau malah patah.


motor menerobos banjir



Kejadian diatas sebenarnya bisa terjadi pada setiap sepeda motor, tetapi untuk kali ini fokus kita ke motor matic andalan Yamaha yaitu NMAX. Sebelum menerobos banjir sebaiknya para pengguna NMAX harus memperhatikan ketinggian air banjir, kalau ketinggian air dibawah posisi filter udara Yamaha NMAX. Kalian bisa saja jika ngga ada pilihan lain, tapi jangan lupa segera ganti oli mesin dan oli gardan secepatnya.

Tapi kalau ketinggian air melewati ujung knalpot maka harus waspada, karena efeknya sangatlah berbahaya yaitu bisa membuat stang seher bengkok dan patah. Peristiwa ini disebut sebagai water hammer atau mesin yang kemasukan air dan masuk keruang bakar, masuknya air banjir keruang bakar ada dua cara yaitu melalui filter udara dan melalui knlapot. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot bro...

Penyebab Water Hammer Pada Sepeda Motor :


Melalui Filter Udara

Air banjir yang melebihi filter udara akan masuk ke dalam filter udara dan akan kedalam mesin melalui 2 cara juga, pertama melalui selang hawa (selang pernafasan mesin) yang menghubungkan antara filter udara dengan tutup klep. Jika air masuk ke dalam mesin melalui cara ini maka akan mengakibatkan oli mesin bercampur dengan air, solusinya pun sebenarnya cukup mudah yaitu tidak menunda – nunda untuk mengganti oli mesin dan pastikan juga oli mesin kuras sampai benar – benar bersih dari campuran air banjir.


water hammer


Cara yang kedua air masuk melalui filter udara kemudian masuk kedalam throttle body (karburator) dan akhirnya masuk kedalam ruang bakar, air banjir yang masuk keruang bakar mesin akan sangat berbahaya bagi seher dan stang seher. Kenapa berbahaya ? karena diruang bakar terjadi kompresi / tekanan bahan bakar yang bercampur udara, tekanan tersebut bertujuan untuk membakar bahan bakar dengan besar tekanan 1500 kpa (tergantung jenis motornya). Tapi sayangnya air banjir tidak bisa ikut terbakar malahan akan membuat kompresi yang naik berkali lipat lebih padat dari tekanan kompresi standart, sehingga akibatnya akan membuat motor mogok dan lebih parahnya lagi stang piston bengkok.

Melalui Knalpot

Masuknya air banjir melalui knalpot hampir sama dengan air banjir yang masuk melalui throtle body (karburator), yang membedakannya adalah jika air masuk melalui throtle body biasanya akan membuat motor menjadi mogok karena air tidak ikut terbakar. Tetapi jika air masuk melalui knalpot biasanya akan membuat stang bengkok dan patah, bengkoknya stang seher tersebut karena kinerja stang yang berat untuk melawan genangan air. 

Sedangkan air banjir sudah mulai masuk kedalam knalpot dan kemudian pengemudi tiba – tiba melakukan pengereman secara mendadak atau menurunkan grip gas. Sehingga air banjir yang didalam knalpot akan masuk kedalam ruang bakar lewat klep buang, dan terjadilah benturan kompresi antara piston yang bergerak ke TMA dan air banjir.
Karena benturan tersebut maka akan merusak stang seher yang tidak kuat menahan kompresi yang sangat padat tersebut, kerusakan yang diakibatkan karena water hammer sangat beragam. Mulai dari stang seher patah, stang seher bengkok, piston jebol, cylider comp pecah dan parahnya lagi crank case (bak mesin) ikut pecah.

Setiap jenis motor bisa mengalami water hammer karena air banjir dan akibat kerusakannya pun sangat beragam bro, ngga bisa disamakan... karena kita lagi ngomongin motor Yamaha NMAX maka gua kasih sediikit estimasi penggantian partnya.

Biaya Turun Mesin Yamaha NMAX

Untuk mengganti piston dan cylinder comp akan mengeluarkan biaya 800 ribu, sementara jika stang seher rusak maka biaya akan menjadi sekitar 1,5 juta. Sedangkan jika crank case (bak mesin) pecah maka total biaya akan menjadi sekitar 3 jutaan, maka dari itu hati – hati saat menerjang banjir bro...

Biar ada gambaran tonton video berikut ini bro, tapi jangn lupa subscribe ya bro... ya itung – itung lo bantuin gua supaya channel gua berkembang dan berkembang biak ya bro... he...




Akhir kata dari gua tetep salam oprex dan salam satu asphalt, tetep keep riding no arogan dan hormati para pejalan kaki. 
    

Posting Komentar

0 Komentar