Sejeworks – Selamat datang kembali diblog otomotif
paling kece menurut tetangga gua, kali ini kita akan ngomongin tentang akibat
dari motor yang menerjang banjir. Tapi yang bakalan kita bahas Yamaha NMAX,
kenapa NMAX bukan lainnya ? karena pas kebetulan dapatnya bro... next time kita
bakalan kasih contoh lain dari pabrikan yang berbeda he... he...
Terkadang para biker menganggap remeh jika ada genangan
air atau bisa dibilang banjir, jika melewati jalan raya saat hujan. Padahal
akibatnya sangatlah fatal bro, mulai dari korsleting (hubungan arus pendek),
motor mogok biasa dan terkadang motor mogok parah sampai stang seher bengkok
atau malah patah.
Kejadian diatas sebenarnya bisa terjadi pada setiap
sepeda motor, tetapi untuk kali ini fokus kita ke motor matic andalan Yamaha
yaitu NMAX. Sebelum menerobos banjir sebaiknya para pengguna NMAX harus
memperhatikan ketinggian air banjir, kalau ketinggian air dibawah posisi filter
udara Yamaha NMAX. Kalian bisa saja jika ngga ada pilihan lain, tapi jangan
lupa segera ganti oli mesin dan oli gardan secepatnya.
Tapi kalau ketinggian air melewati ujung knalpot maka
harus waspada, karena efeknya sangatlah berbahaya yaitu bisa membuat stang
seher bengkok dan patah. Peristiwa ini disebut sebagai water hammer atau mesin
yang kemasukan air dan masuk keruang bakar, masuknya air banjir keruang bakar
ada dua cara yaitu melalui filter udara dan melalui knlapot. Nah untuk lebih
jelasnya langsung saja check it dot bro...
Penyebab Water Hammer Pada Sepeda Motor :
Melalui Filter Udara
Air banjir yang melebihi filter udara akan masuk ke
dalam filter udara dan akan kedalam mesin melalui 2 cara juga, pertama melalui
selang hawa (selang pernafasan mesin) yang menghubungkan antara filter udara
dengan tutup klep. Jika air masuk ke dalam mesin melalui cara ini maka akan
mengakibatkan oli mesin bercampur dengan air, solusinya pun sebenarnya cukup
mudah yaitu tidak menunda – nunda untuk mengganti oli mesin dan pastikan juga
oli mesin kuras sampai benar – benar bersih dari campuran air banjir.
Cara yang kedua air masuk melalui filter udara kemudian
masuk kedalam throttle body (karburator) dan akhirnya masuk kedalam ruang bakar,
air banjir yang masuk keruang bakar mesin akan sangat berbahaya bagi seher dan
stang seher. Kenapa berbahaya ? karena diruang bakar terjadi kompresi / tekanan
bahan bakar yang bercampur udara, tekanan tersebut bertujuan untuk membakar
bahan bakar dengan besar tekanan 1500 kpa (tergantung jenis motornya). Tapi
sayangnya air banjir tidak bisa ikut terbakar malahan akan membuat kompresi yang
naik berkali lipat lebih padat dari tekanan kompresi standart, sehingga
akibatnya akan membuat motor mogok dan lebih parahnya lagi stang piston
bengkok.
Melalui Knalpot
Masuknya air banjir melalui knalpot hampir sama dengan
air banjir yang masuk melalui throtle body (karburator), yang membedakannya
adalah jika air masuk melalui throtle body biasanya akan membuat motor menjadi
mogok karena air tidak ikut terbakar. Tetapi jika air masuk melalui knalpot
biasanya akan membuat stang bengkok dan patah, bengkoknya stang seher tersebut
karena kinerja stang yang berat untuk melawan genangan air.
Sedangkan air
banjir sudah mulai masuk kedalam knalpot dan kemudian pengemudi tiba – tiba
melakukan pengereman secara mendadak atau menurunkan grip gas. Sehingga air
banjir yang didalam knalpot akan masuk kedalam ruang bakar lewat klep buang,
dan terjadilah benturan kompresi antara piston yang bergerak ke TMA dan air
banjir.
Karena benturan tersebut maka akan merusak stang seher
yang tidak kuat menahan kompresi yang sangat padat tersebut, kerusakan yang
diakibatkan karena water hammer sangat beragam. Mulai dari stang seher patah,
stang seher bengkok, piston jebol, cylider comp pecah dan parahnya lagi crank
case (bak mesin) ikut pecah.
Setiap jenis motor bisa mengalami water hammer karena
air banjir dan akibat kerusakannya pun sangat beragam bro, ngga bisa
disamakan... karena kita lagi ngomongin motor Yamaha NMAX maka gua kasih
sediikit estimasi penggantian partnya.
Biaya Turun Mesin Yamaha NMAX
Untuk mengganti piston dan cylinder comp akan
mengeluarkan biaya 800 ribu, sementara jika stang seher rusak maka biaya akan
menjadi sekitar 1,5 juta. Sedangkan jika crank case (bak mesin) pecah maka
total biaya akan menjadi sekitar 3 jutaan, maka dari itu hati – hati saat
menerjang banjir bro...
Biar ada gambaran tonton video berikut ini bro, tapi
jangn lupa subscribe ya bro... ya itung – itung lo bantuin gua supaya channel
gua berkembang dan berkembang biak ya bro... he...
Akhir kata dari gua tetep salam oprex dan salam satu
asphalt, tetep keep riding no arogan dan hormati para pejalan kaki.
Komentar
Posting Komentar