Sejeworks – Salam Oprex dan salam satu asphal bro... kali
ini kita akan ngomongin tentang kanvas rem pada motor PCX 150 lokal. Pada motor
Honda PCX 150 Thailand menggunakan 2 jenis kanvas rem yaitu, kanvas rem cakram
untuk rem depan dan kanvas rem belakang memakai jenis tromol. Sementara untuk
PCX 150 keluaran tahun 2018 atau lebih
sering dikatakan PCX lokal
menggunakan kanvas rem cakram untuk rem depan ataupun rem belakang.
Perbedaan Kanvas Rem Depan PCX Thailand dan Kanvas Rem
Depan PCX 2018
Untuk kedua model tersebut tidak bisa saling substitusi
walaupun semua kanvas rem yang dipakai memakai produk Nissin, tapi ternyata
secara kontruksi kanvas rem depan tersebut mempunyai banyak perbedaan. Pada PCX
150 Thailand menggunakan 3 kaliper piston, sedangkan pada PCX 150 Lokal
menggunakan 2 kaliper piston .
Selain itu Honda PCX Lokal memberikan 2 pilihan sistem
pengereman dari ABS dab Non ABS. ABS (Anti Lock Braking System) berfungsi
menambahkan safety saat melakukan pengereman mendadak atau jika menarik tuas
rem secara kuat tidak akan membuat putaran roda terkunci.
Contoh simpelnya saat pengendara menggunakan sepeda
motor Non ABS, melakukan pengereman mendadak maka roda depan akan terkunci dan
jika pengendaraa tidak reflek melepaskan handel rem maka akan dipastian motor
tersebut akan terbanting keddepan. Tapi jika memakai sepeda motor ABS, roda
depan tidak akan terkunci karena saat gerakan roda depan melai melamban piston
kaliper tidak akan menekan kanvas rem secara terus menerus. Sebab pada piringan
cakram biasanya terdapat speed sensor yang langsung terhubung ke ECU dan akan
memerintahkan akumulator untuk menutup jalur minyak rem secara semantara waktu
per kurang dari 1 detik. Untuk lebih jelasnya silahkan cari di blog ini
penjelasan tentang rem ABS.
Harga Kanvas Rem PCX 150 dan Substitusinya
Pada kanvas rem depan Honda PCX 150 Thailand memakai
kode part 06455KWN931 dengan harga sekitar Rp 318.000 sementara untuk kanvas
rem belakangnya bisa memakai kanvas rem tromol seperti motor matic Honda
lainnya. Untuk kanvas rem PCX 150 ABS mempunyai kode part 06455 K84901 dan
kanvas rem ini bisa dipakai pada motor Honda CRF250, mengenai harganya
dibandrol dengan harga Rp 62.500, walaupun ada alternatif lainnya. Salah satunya
memakai kanvas rem bawaan Vario 110 karbu model lama dengan 2 piston kaliper
rem, kanvas rem ini mempunyai kode part 06455-KVB-401. Tapi ada kekurangannya
rem dapan akan terasa dalam jika dibandingkan dengan kanvas rem bawaan dari
motor PCX 150 ABS.
Sedangkan untuk Honda PCX 150 Non ABS memakai kode part
06455KFEK01 yang dibandrol dengan harga Rp 108.000 belum termasuk ongkos
bongkar pasang bro. Berbeda dengan kanvas depan dari Honda PCX 150 yang
mempunyai 2 jenis, kanvas belakang Honda PCX 150 Lokal hanya mempunyai 1 jenis
dengan kode part 06435K971101 dan dibandrol Rp 118.000, dibengkel resmi Honda.
Cara Mengganti Kanvas Rem Belakang Honda PCX 150 Lokal
Sebelum memulai pengerjaan sediakan peralatan terlebih
dahulu diantaranya obeng min (-) sedang, L6 bintang, kunci pas 17, kunci T10,
T12 dan T14.
Langkah pertama copot knalpot dengan menggunakan kunci
T10 dan T14, tapi untuk mencopot mur 10 dengan kunci T10 akan membutuhkan trik
khusus karena posisi mur berada dibawah dan biasanya kunci T10 terlalu panjang.
Untuk memudahkan langkah tersebut bisa dengan mengunakan
standar tengah dan standar samping kemudian miringkan sedikit motor ke posisi
standar samping. Cara ini jika dilakukan seorang diri, tapi jika dua orang
cukup memakai standar samping kemudian miringkan motor ke posisi standar
samping tersebut.
Setelah knalpot terlepas maka langkah selanjutnya
gunakan obeng min (-) untuk mendorong piston masuk kedalam kaliper, caranya
dengan memasukan obeng min diantara sele – sela kanvas rem belakang kemudian
tekan kanvas rem belakang agar piston rem masuk ke kaliper rem.
Kemudian lepas baud 12 dan ganjal baud tersebut dari
sisi dalam dengan menggunakan kunci pas 17 mm.
Langkah selanjutnya copot kaliper rem dari lengan ayun
motor PCX 150 dengan menggunakan kunci L bintang 6 dan tarik caliper rem
kebelakang.
Setelah itu pisahkan caliper rem dengan braket rem
dengan cara menarik keluar kaliper rem, maka akan terlihat dengan jelas posisi
kanvas rem belakang.
Untuk mencopot kanvas rem belakang tinggal menarik atau
mencongkel keluar dari dudukan braket, cara pasangnya pun tinggal mengikuti
posisi kanvas rem belakang sebelumnya.
Tapi sebelum kanvas rem dipasang pada braket caliper
rem, pasang terlebih dahulu zink pada kanvas rem tersebut.
Pasang kanvas rem pada caliper rem dan dengan posisi
agak mepet kebagian luar / pinggir, tujuannnya untuk mempermudah pemasangan
caliper rem ke lengan anyun karena biasanya agak susah dan menabrak ke velg
motor PCX.
Langkah selanjutnya adalah menyatukan kaliper dengan
braket, perhatikan pada braket bagian bawah harus terpasang dengan benar karena
nantinya akan berhubungan dengan baud 12 mm.
Kemudian pasang baud bintang dengan memakai kunci L 6
bintang dan pasang kembali knalpot, jangan lupa lakukan pengecekan ulang dengan
memperhatiakan kekencangan baud.
Langkah terakhir kocok rem belakang dengan menekan
handel rem belakang sampai posisi kanvas rem tertekan oleh piston.
Nah bro, untuk lebuh jelasnya silahkan tonton video
berikut ini, tapi jangn lupa subscribe ya... ya itung – itung lo bantuin
channle gua untuk berkembang.
Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan ya
bro... hormati pejalan kaki dan salam
oprek ... salam satu asphel...
Komentar
Posting Komentar