Biaya dan Cara Ganti Kanvas Rem Honda New PCX 150 2018


Sejeworks – Salam Oprex dan salam satu asphal bro... kali ini kita akan ngomongin tentang kanvas rem pada motor PCX 150 lokal. Pada motor Honda PCX 150 Thailand menggunakan 2 jenis kanvas rem yaitu, kanvas rem cakram untuk rem depan dan kanvas rem belakang memakai jenis tromol. Sementara untuk PCX 150 keluaran tahun 2018 atau lebih  sering dikatakan PCX lokal  menggunakan kanvas rem cakram untuk rem depan ataupun rem belakang.


kanvas rem pcx 150



Perbedaan Kanvas Rem Depan PCX Thailand dan Kanvas Rem Depan PCX 2018
Untuk kedua model tersebut tidak bisa saling substitusi walaupun semua kanvas rem yang dipakai memakai produk Nissin, tapi ternyata secara kontruksi kanvas rem depan tersebut mempunyai banyak perbedaan. Pada PCX 150 Thailand menggunakan 3 kaliper piston, sedangkan pada PCX 150 Lokal menggunakan 2 kaliper piston .

Selain itu Honda PCX Lokal memberikan 2 pilihan sistem pengereman dari ABS dab Non ABS. ABS (Anti Lock Braking System) berfungsi menambahkan safety saat melakukan pengereman mendadak atau jika menarik tuas rem secara kuat tidak akan membuat putaran roda terkunci.

Contoh simpelnya saat pengendara menggunakan sepeda motor Non ABS, melakukan pengereman mendadak maka roda depan akan terkunci dan jika pengendaraa tidak reflek melepaskan handel rem maka akan dipastian motor tersebut akan terbanting keddepan. Tapi jika memakai sepeda motor ABS, roda depan tidak akan terkunci karena saat gerakan roda depan melai melamban piston kaliper tidak akan menekan kanvas rem secara terus menerus. Sebab pada piringan cakram biasanya terdapat speed sensor yang langsung terhubung ke ECU dan akan memerintahkan akumulator untuk menutup jalur minyak rem secara semantara waktu per kurang dari 1 detik. Untuk lebih jelasnya silahkan cari di blog ini penjelasan tentang rem ABS.

Harga Kanvas Rem PCX 150 dan Substitusinya

Pada kanvas rem depan Honda PCX 150 Thailand memakai kode part 06455KWN931 dengan harga sekitar Rp 318.000 sementara untuk kanvas rem belakangnya bisa memakai kanvas rem tromol seperti motor matic Honda lainnya. Untuk kanvas rem PCX 150 ABS mempunyai kode part 06455 K84901 dan kanvas rem ini bisa dipakai pada motor Honda CRF250, mengenai harganya dibandrol dengan harga Rp 62.500, walaupun ada alternatif lainnya. Salah satunya memakai kanvas rem bawaan Vario 110 karbu model lama dengan 2 piston kaliper rem, kanvas rem ini mempunyai kode part 06455-KVB-401. Tapi ada kekurangannya rem dapan akan terasa dalam jika dibandingkan dengan kanvas rem bawaan dari motor PCX 150 ABS.

Sedangkan untuk Honda PCX 150 Non ABS memakai kode part 06455KFEK01 yang dibandrol dengan harga Rp 108.000 belum termasuk ongkos bongkar pasang bro. Berbeda dengan kanvas depan dari Honda PCX 150 yang mempunyai 2 jenis, kanvas belakang Honda PCX 150 Lokal hanya mempunyai 1 jenis dengan kode part 06435K971101 dan dibandrol Rp 118.000, dibengkel resmi Honda.

Cara Mengganti Kanvas Rem Belakang Honda PCX 150 Lokal

Sebelum memulai pengerjaan sediakan peralatan terlebih dahulu diantaranya obeng min (-) sedang, L6 bintang, kunci pas 17, kunci T10, T12 dan T14.

Langkah pertama copot knalpot dengan menggunakan kunci T10 dan T14, tapi untuk mencopot mur 10 dengan kunci T10 akan membutuhkan trik khusus karena posisi mur berada dibawah dan biasanya kunci T10 terlalu panjang.

Untuk memudahkan langkah tersebut bisa dengan mengunakan standar tengah dan standar samping kemudian miringkan sedikit motor ke posisi standar samping. Cara ini jika dilakukan seorang diri, tapi jika dua orang cukup memakai standar samping kemudian miringkan motor ke posisi standar samping tersebut.

Setelah knalpot terlepas maka langkah selanjutnya gunakan obeng min (-) untuk mendorong piston masuk kedalam kaliper, caranya dengan memasukan obeng min diantara sele – sela kanvas rem belakang kemudian tekan kanvas rem belakang agar piston rem masuk ke kaliper rem.

Kemudian lepas baud 12 dan ganjal baud tersebut dari sisi dalam dengan menggunakan kunci pas 17 mm.

Langkah selanjutnya copot kaliper rem dari lengan ayun motor PCX 150 dengan menggunakan kunci L bintang 6 dan tarik caliper rem kebelakang.

Setelah itu pisahkan caliper rem dengan braket rem dengan cara menarik keluar kaliper rem, maka akan terlihat dengan jelas posisi kanvas rem belakang.

Untuk mencopot kanvas rem belakang tinggal menarik atau mencongkel keluar dari dudukan braket, cara pasangnya pun tinggal mengikuti posisi kanvas rem belakang sebelumnya.

Tapi sebelum kanvas rem dipasang pada braket caliper rem, pasang terlebih dahulu zink pada kanvas rem tersebut.

Pasang kanvas rem pada caliper rem dan dengan posisi agak mepet kebagian luar / pinggir, tujuannnya untuk mempermudah pemasangan caliper rem ke lengan anyun karena biasanya agak susah dan menabrak ke velg motor PCX.

Langkah selanjutnya adalah menyatukan kaliper dengan braket, perhatikan pada braket bagian bawah harus terpasang dengan benar karena nantinya akan berhubungan dengan baud 12 mm.

Kemudian pasang baud bintang dengan memakai kunci L 6 bintang dan pasang kembali knalpot, jangan lupa lakukan pengecekan ulang dengan memperhatiakan kekencangan baud.

Langkah terakhir kocok rem belakang dengan menekan handel rem belakang sampai posisi kanvas rem tertekan oleh piston.

Nah bro, untuk lebuh jelasnya silahkan tonton video berikut ini, tapi jangn lupa subscribe ya... ya itung – itung lo bantuin channle gua untuk berkembang.





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan ya bro...  hormati pejalan kaki dan salam oprek ... salam satu asphel...

Posting Komentar

0 Komentar