Sejeworks – Salam Oprex dan Salam Satu Aspal, memang
kali ini yang kita bahas sudah agak ketinggalan bro. Karena sekarang sudah
jamannya motor injeksi tapi ngga apalah, walaupun ketinggalan tapi tetep yang
paling keren he.... he... Untuk kali ini yang mau kita omongin tentang cara
menyetel karburator motor Honda Beat, Vario 110 karbu, Spacy Karbu dan Scoopy
karbu. Sebenarnya cara ini bisa dipakai untuk menyetel karburator motor lain
karena secara prinsip dan teori kerja hampir sama.
Tapi sebelum kita membahas lebih jauh lagi, maka
sediakan dulu peralatan yang kita butuhkan diantaranya obeng plus (sedang),
obeng min kecil / stelan angin dan tachometer kalau punya. Tapi kalau ngga
punya tachometer maka bisa memasang tachometer variasi pada motornya agar mendapatkan
hasil yang lebih maksimal. Cara pasang tachometer variasi udah pernah gua bahas
dan gua buatkan videonya, jadi cari sendiri aja ya bro karena gua lupa linknya
he...
Kenapa gua sarankan pakai tachometer, agar lo bisa
melihat RPM atau rotasi putaran dari mesin jadi lo ngga asal puter – puter ngga
jelas he... Pakai feelinglah bro ? ya boleh lah kalau mau ngeles pakai feeling
tapi itu untuk mekanik kawakan / handal atau sepuh ya boleh – bileh saja. Tapi
kalau masih pemula kayak gua ini, ya tetep diusahakan pakai alat he... walaupun
pada akhirnya pakai feeling juga.
Tapi sebelum kita menyetel karburator, kita akan bahas
masalah yang timbul dari penyetelan karburator yang tidak pas / sesuai dengan
stelan permintaan bahan bakar dari mesin.
Akibat Salah Stel Karburator Pada Sepeda Motor
Sebenarnya jika dilihat saat menyetel karburator hanya
memutar – mutar stelan angin dan stelan langsam, tapi tetep ada akibatnya dari
penyetelan karburator yang tidak pas. Maka dari itu jangan menganggap remeh
dari penyetelan tersebut, memang efeknya jangka panjang ngga langsung terasa.
Biar lebih jelas langsung saja check it dot bro...
Bahan Bakar Menjadi Boros
Bahan bakar yang boros karena penyetelan karburator akan
terlihat pada asap knelpot yang berwarna hitam pekat, selain itu kondisi busi
yang basah karena bahan bakar yang menumpuk pada bagian ulir busi. Penyetelan
yang tidak pas pada karburator terutama pada bagian stelan angin akan
menyebabkan hal tersebut, sedangkan penyetelan pada stelan langsam yang terlalu
besar juga akan menyebabkan bensin menjadi boros.
Tenaga Motor Berkurang Drastis
Akibat dari penyetelan karburator yang salah juga akan
berdampak pada tarikan motor yang berat sehingga tenaga motor akan menurun
drastis dari semestinya. Selain itu motor biasanya akan mrebet karena
penyetelan yang salah, jadi pastikan baik baik berapa standart stasioner /
langsam pada motor yang distel karburatornya. Dan berapa putaran stelan angin
dari motor tersebut, karena setiap motor mempunyai stelannya masing masing.
Perputaran Oli Mesin Tidak Optimal
Sering kali kita jumpai sepeda motor karburator yang
stelan langsamnya terlalu kecil, sebenarnya ini sah – sah saja toh motor orang
lain juga bukan punya gua he... Hal ini mungkin bertujuan untuk menghemat bahan
bakar tapi malah mempertaruhkan mesin, sebab putaran langsam yang terlalu kecil
akan mengakibatkan motor sering mati – matian juga akan mengakibatkan
perputaran oli mesin menjadi tidak merata. Karena oli mesin akan berputar
mengikuti putaran dari pompa oli dan pompa oli akan berputar kencang sesuai
dari putaran mesin.
Nah hal tersebut akan saling berhubungan mulai dari
langsam (putaran mesin saat grip gas belum ditarik), kemudian akan berhubungan
dengan pompa oli dan selanjutnya berefek ke perputaran oli mesin. Kalau oli
mesin tidak berputar secara optimal maka akan berefek pada usia dari komponen –
komponen yang terdapat didalam mesin.
Ukuran Stelan Angin dan Stelan Langsam Sepeda Motor
Motor Bebek mempunyai stasioner / langsam sekitar 1.000
– 1.200 rpm dan stelan angin sekitar 1 ½ putaran.
Motor Matic mempunyai stasioner / langsam sekitar 1.500
– 1.700 rpm dan stelan angin sekitar 1 7/8 – 2
putaran.
Motor Sport mempunyai stasioner / langsam sekitar 1.300
– 1.500 rpm dan stelan angin sekitar 2 putaran.
Data bisa dirubah sedikit karena stelan karburator yang
benar adalah sesuai dengan permintaan mesin, dengan kata lain sesuai jeritan
paling tinggi saat mesin berputar 3.000 RPM.
Cara Seting Karburator Sepeda Motor Honda Matic yang Benar
Usahakan sepeda motor pada posisi standar tengah dan
tidak ada bak bensin disekitar sepeda motor.
Hidupkan motor sekitar 5 – 10 menit untuk mencapai suhu
kerja mesin secara optimal.
Pasang tachometer bengkel pada bagian kabel koil besar,
jika tidak punya tachometer bengkel. Solusinya dengan memasang tachometer
variasi pada sepeda motor harganya paling Rp 50.000, jika bingung cara
pasangnya cari diblog ini gua pernah bikin tutorialnya komplit sama videonya.
Setelah terpasang maka tachometer akan menunjukan angka
stasioner / langsam, maka perhatikan baik – baik.
Nah jika kebetulan lo ngga mau pasang tachometer ngga
usah ikuti cara diatas, yang terpenting motor posisi standar dua dan hidupkan 5
– 10 menit.
Setelah itu putar stelan langsam dengan memakai obeng
plus dan posisi stelan langsam ada dibagian atas dari karburator. Karena yang
lagi dibahas motor Honda Beat karbu, Scoopy karbu, Vario 110 karbu dan Spacy
karbu.
Putar kedalam (kekanan) stelan langsam sampai menyentuh
angka 3000 RPM, nah gunanya tachometer untuk membaca angka – angka tersebut.
Jika tidak memakai tachometer putar 2- 3 kali putaran penuh pada stelan
langsam.
Langkah selanjutnya putar kedalam sampai mentok stelan
angin dengan memakai obeng min (-) panjang yang posisinya ada disamping kiri
dari karburator.
Penting banget bro “ jika stelan angin sudah diputar
mentok maka jangan dipaksakan lagi karena akan merusak karburator “.
Setelah itu putar stelan angin kembali keluar (kekiri)
secara perlahan – lahan, tujuannya untuk mencari RPM tertinggi dari putaran
stelan angin tersebut. Biasanya untuk motor matic Honda akan ketemu pada 2
putaran keluar dari mentok tersebut.
Cara diatas hasilnya kurang maksimal, untuk memperoleh
nilai RPM tertinggi sebaiknya saat memutar keluar stelan angin perhatikan
selalu tachometer.
Langkah terakhir yaitu menyesuaikan atau menyetel stelan
langsam pada RPM 1400 – 1600, karena ini motor matic berbeda jika motor
batangan (sport) dan motor bebek.
Nah, jika lo kurang jelas maka tonton video dibawah ini
dan jangn lupa subscribe ya bro... karena subscribe itu gratis..
Mantap...
BalasHapus