Cara Stel Karburator Honda Beat dan Vario Supaya Irit dan Kencang

Sejeworks – Salam Oprex dan Salam Satu Aspal, memang kali ini yang kita bahas sudah agak ketinggalan bro. Karena sekarang sudah jamannya motor injeksi tapi ngga apalah, walaupun ketinggalan tapi tetep yang paling keren he.... he... Untuk kali ini yang mau kita omongin tentang cara menyetel karburator motor Honda Beat, Vario 110 karbu, Spacy Karbu dan Scoopy karbu. Sebenarnya cara ini bisa dipakai untuk menyetel karburator motor lain karena secara prinsip dan teori kerja hampir sama.

Tapi sebelum kita membahas lebih jauh lagi, maka sediakan dulu peralatan yang kita butuhkan diantaranya obeng plus (sedang), obeng min kecil / stelan angin dan tachometer kalau punya. Tapi kalau ngga punya tachometer maka bisa memasang tachometer variasi pada motornya agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Cara pasang tachometer variasi udah pernah gua bahas dan gua buatkan videonya, jadi cari sendiri aja ya bro karena gua lupa linknya he...


cara stel karburator


Kenapa gua sarankan pakai tachometer, agar lo bisa melihat RPM atau rotasi putaran dari mesin jadi lo ngga asal puter – puter ngga jelas he... Pakai feelinglah bro ? ya boleh lah kalau mau ngeles pakai feeling tapi itu untuk mekanik kawakan / handal atau sepuh ya boleh – bileh saja. Tapi kalau masih pemula kayak gua ini, ya tetep diusahakan pakai alat he... walaupun pada akhirnya pakai feeling juga.

Tapi sebelum kita menyetel karburator, kita akan bahas masalah yang timbul dari penyetelan karburator yang tidak pas / sesuai dengan stelan permintaan bahan bakar dari mesin.   

Akibat Salah Stel Karburator Pada Sepeda Motor

Sebenarnya jika dilihat saat menyetel karburator hanya memutar – mutar stelan angin dan stelan langsam, tapi tetep ada akibatnya dari penyetelan karburator yang tidak pas. Maka dari itu jangan menganggap remeh dari penyetelan tersebut, memang efeknya jangka panjang ngga langsung terasa. Biar lebih jelas langsung saja check it dot bro...

Bahan Bakar Menjadi Boros

Bahan bakar yang boros karena penyetelan karburator akan terlihat pada asap knelpot yang berwarna hitam pekat, selain itu kondisi busi yang basah karena bahan bakar yang menumpuk pada bagian ulir busi. Penyetelan yang tidak pas pada karburator terutama pada bagian stelan angin akan menyebabkan hal tersebut, sedangkan penyetelan pada stelan langsam yang terlalu besar juga akan menyebabkan bensin menjadi boros.

Tenaga Motor Berkurang Drastis

Akibat dari penyetelan karburator yang salah juga akan berdampak pada tarikan motor yang berat sehingga tenaga motor akan menurun drastis dari semestinya. Selain itu motor biasanya akan mrebet karena penyetelan yang salah, jadi pastikan baik baik berapa standart stasioner / langsam pada motor yang distel karburatornya. Dan berapa putaran stelan angin dari motor tersebut, karena setiap motor mempunyai stelannya masing masing.

Perputaran Oli Mesin Tidak Optimal

Sering kali kita jumpai sepeda motor karburator yang stelan langsamnya terlalu kecil, sebenarnya ini sah – sah saja toh motor orang lain juga bukan punya gua he... Hal ini mungkin bertujuan untuk menghemat bahan bakar tapi malah mempertaruhkan mesin, sebab putaran langsam yang terlalu kecil akan mengakibatkan motor sering mati – matian juga akan mengakibatkan perputaran oli mesin menjadi tidak merata. Karena oli mesin akan berputar mengikuti putaran dari pompa oli dan pompa oli akan berputar kencang sesuai dari putaran mesin.

Nah hal tersebut akan saling berhubungan mulai dari langsam (putaran mesin saat grip gas belum ditarik), kemudian akan berhubungan dengan pompa oli dan selanjutnya berefek ke perputaran oli mesin. Kalau oli mesin tidak berputar secara optimal maka akan berefek pada usia dari komponen – komponen yang terdapat didalam mesin.

Ukuran Stelan Angin dan Stelan Langsam Sepeda Motor

Motor Bebek mempunyai stasioner / langsam sekitar 1.000 – 1.200 rpm dan stelan angin sekitar 1 ½ putaran.
Motor Matic mempunyai stasioner / langsam sekitar 1.500 – 1.700 rpm dan stelan angin sekitar 1 7/8 – 2  putaran.
Motor Sport mempunyai stasioner / langsam sekitar 1.300 – 1.500 rpm dan stelan angin sekitar 2 putaran.
Data bisa dirubah sedikit karena stelan karburator yang benar adalah sesuai dengan permintaan mesin, dengan kata lain sesuai jeritan paling tinggi saat mesin berputar 3.000 RPM.

Cara Seting Karburator Sepeda Motor Honda Matic yang Benar

Usahakan sepeda motor pada posisi standar tengah dan tidak ada bak bensin disekitar sepeda motor.

Hidupkan motor sekitar 5 – 10 menit untuk mencapai suhu kerja mesin secara optimal.
Pasang tachometer bengkel pada bagian kabel koil besar, jika tidak punya tachometer bengkel. Solusinya dengan memasang tachometer variasi pada sepeda motor harganya paling Rp 50.000, jika bingung cara pasangnya cari diblog ini gua pernah bikin tutorialnya komplit sama videonya.

Setelah terpasang maka tachometer akan menunjukan angka stasioner / langsam, maka perhatikan baik – baik.

Nah jika kebetulan lo ngga mau pasang tachometer ngga usah ikuti cara diatas, yang terpenting motor posisi standar dua dan hidupkan 5 – 10 menit.

Setelah itu putar stelan langsam dengan memakai obeng plus dan posisi stelan langsam ada dibagian atas dari karburator. Karena yang lagi dibahas motor Honda Beat karbu, Scoopy karbu, Vario 110 karbu dan Spacy karbu.

Putar kedalam (kekanan) stelan langsam sampai menyentuh angka 3000 RPM, nah gunanya tachometer untuk membaca angka – angka tersebut. Jika tidak memakai tachometer putar 2- 3 kali putaran penuh pada stelan langsam.

Langkah selanjutnya putar kedalam sampai mentok stelan angin dengan memakai obeng min (-) panjang yang posisinya ada disamping kiri dari karburator.
Penting banget bro “ jika stelan angin sudah diputar mentok maka jangan dipaksakan lagi karena akan merusak karburator “.

Setelah itu putar stelan angin kembali keluar (kekiri) secara perlahan – lahan, tujuannya untuk mencari RPM tertinggi dari putaran stelan angin tersebut. Biasanya untuk motor matic Honda akan ketemu pada 2 putaran keluar dari mentok tersebut.

Cara diatas hasilnya kurang maksimal, untuk memperoleh nilai RPM tertinggi sebaiknya saat memutar keluar stelan angin perhatikan selalu tachometer.
Langkah terakhir yaitu menyesuaikan atau menyetel stelan langsam pada RPM 1400 – 1600, karena ini motor matic berbeda jika motor batangan (sport) dan motor bebek.

Nah, jika lo kurang jelas maka tonton video dibawah ini dan jangn lupa subscribe ya bro... karena subscribe itu gratis..





Akhir kata dari gua tetep kekep riding no arogan dan salam satu asphal selalu.. 

Posting Komentar

1 Komentar