Penyakit Motor CS1 dari Bunyi Klotok – Klotok dan Mesin Cepet Panas

 Sejeworks – Salam Oprex, Honda CS1 menurut gua merupakan motor special enggine, ya bagaimana tidak motor yang diameter pistonnya mencapai 58,0 mm dan panjang langkahnya cuman 47,2 mm. Jika dibandingkan dengan motor yang cc 125 keluaran Honda lainnya yaitu Supra X 125 karbu ataupun Injeksi, yang hanya mempunyai diameter piston 52,4 dan panjang langkah 57,9 mm.

Sayangnya motor CS1 kurang laku dipasaran banyak yang berasumsi body motor CS1 yang tanggung, padahal performa motor ini sangat mumpuni dan enteng untuk ngetrack dijalanan. Mungkin jika body CS1 berbentuk Ayago (ayam jago) motor ini akan menjadi pesaing Suzuki Satria FU dimasanya, tapi balik lagi itu perkiraan pribadi tentang body CS1 tersebut. Dengan perbandingan kompresi sekitar 10,7:1 tarikan motor ini sangat ringan untuk diajak kebut – kebutan, tapi sayangnya para pengguna motor ini kurang merawat kondisi motor tersebut.

Kendalanya mulai dari ketersedian part yang agak susah mulai dari cover body, radiator dan bagian mesin, untuk part – part lainnya seperti sil shock, lampu – lampu, gear set masih bisa disubstitusi. Nah yang sering kali jadi masalah malahan part – part yang agak susah dicari tersebut, untuk lebih jelasnya baca artikel ini sampai kelar dan jangan lupa subscribe channel youtube gua he....

Masalah yang Terjadi Pada Honda CS1


Mesin Honda CS1 Cepet Panas

Mesin cepet panas atau overheating ini penyebabnya dari sistem pendinginan yang tidak makasimal, bisa dari karet tutup radiator yang mulai aus, kipas radiator yang tidak berputar, thermostat yang rusak, sensor suhu yang rusak dan sil mechanical yang aus sehingga oli mesin bercampur dengan air radiator. Semunya itu adalah kemungkinan yang bisa terjadi dan kerusakan pada motor CS1 berbeda – beda penyebabnya.

Untuk mengantisipasi overheating seharusnya Honda CS1 setiap setahun sekali dilakukan kuras radiator, fungsinya selain untuk mengganti air radiator juga untuk mengecek fungsi dari komponen – komponen radiator. Kerusakan yang sering kali terjadi pada sistem pendinginan tersebut berasal dari tutup radiator, sil mechanical dan kipas radiator.

Bunyi Kasar Pada CS1

Motor yang telah berumur atau telah lama mengasphal pasti akan mempunyi banyak kendala, entah itu dibagian suspensi, kelistrikan dan mesin. Begitu juga pada CS1 yang sering kali bunyi klotok – klotok, penyebabnya pun sangat beragam. Mulai dari lifter tensioner dan keteng, piston, setang seher dan balancing mesin dari motor tersebut. Untuk mengetahui apa penyebab dari bunyi klotok – klotok tersebut, sebaiknya dengarkan dengan baik posisi dari sumber suara tersebut. Jika sumber suara berada diatas tengah mesin berarti suara berasal dari keteng dan lifter, jika suara berasal dari tengah mesin maka penyebabnya stang seher dan balancing mesin. Jika dari bak kopling sebelah kanan berarti berasal dari rumah kopling motor CS1.


penyakit honda cs1


Honda CS1 Mati - Matian

Penyebab Honda CS1 mati – matian ada banyak sekali, tapi kita akan fokus ke bagian karburator karena bagian mesin sudah dibahas diatas. Masalah pada karburator CS1 biasanya terletak pada stelan angin yang macet dan karet vakum karburator yang mbaret / aus. Akibatnya sepeda motor susah dalam kondisi langgsam, sehingga motor akan sering mati – matian.
Solusinya dengan mengganti karet vakum karburator yang harganya bikin syok yaitu sekitar Rp 350 ribuan dan memperbaiki stelan angin tersebut agar bisa distel seperti seharusnya.

Spesifikasi Honda CS-1


Dimensi Honda CS1

Panjang x Lebar x Tinggi   : 1932 mm x 682 mm x 1.042 mm
Jarak Sumbu Roda            : 1.250 mm
Jarak Terendah Ketanah    : 130 mm
Tinggi Tempat Duduk        : 751 mm
Berat Isi                           : 122 mm
Kapasitas Bahan Bakar       : 4,1 L

Rangka honda CS1

Tipe rangka                      : Tipe Pipa Ganda
Suspensi depan                 : Teleskopik
Suspensi belakang             : Swingarm
Ban depan                        : 70/90 -17 M/C 38P
Ban belakang                    : 80/90 - 17 M/C 44P
Rem depan                       : Disc Brake
Rem belakang                   : Disc Brake

Mesin Honda CS1

Tipe Mesin                       : Liquid Cooled 4 – Stroke, SOHC
Jumlah Silinder                 : Single Silinder
Kapasitas Mesin                : 124,7 cc
Diameter x Langkah          : 58,0 mm x 47,2 mm
Perbandingan Kompresi     : 10,7 x 1
Sistem Starter                  : Elektrik & Kick Starter
Sistem Pelumasan             : Basah
Kapasitas Oli Mesin           : 1,0 Liter
Sistem Bahan Bakar           : Karburator Tipe CV (diameter 28 mm)
Tipe kopling                     : Plat Basah
Tipe transmisi                   : vbelt automatic

Kelistrikan Honda CS1

Sistem pengapian             : CDI (condensor discharged ignition)
Battery                            : 12 V – 3,5 Ah
Tipe busi                          : NGK (CP8EA) atau Denso (U27ESR)

Untuk lebih jelasnya tonton video dibawah ini bro, kalau belum ada berarti belum gua bikinin he.... tapi jangan lupa subscribe ya bro... he..




Salam Oprex selalu dan Salam Satu Asphal, dimanapun kita berada untuk hobby yang sama tetep keep riding no arogan dan hormati pejalan kaki...  

Posting Komentar

1 Komentar