Perbandingan Supra Injeksi dan Karburator

Sejeworks – Salam Oprex semua dan salam satu aspal, ngomongin tentang banding menbandinggkan sebenarnya ini agak susah dan berat karena semuanya balik lagi ke persepsi penggunanya masing – masing. Tapi disini gua akan berusaha seadil mungkin tanpa memihak salah satu kandidat he.... he.... yang mau kita bandingkan adalah kelebihan dan kekurangan Honda Supra 125 FI dan Honda Supra 125 karburator.

Motor Supra adalah motor yang sangat familiar bagi para biker, bagaimana ngga familiar karena motor ini berkembang dari generasi ke generasi. Contohnya supra 100 motor yang ada dari jaman gua SD terus menjadi Supra 125 karburator dan sampai sekarang yaitu Honda Supra 125 FI sebagai generasi terbaru. Memang untuk kelas 150 sudah ada Supra GTR, tapi kita akan fokus ngomongin kedua motor Supra yang mempunyai cc yang sama tapi beda generasi. Ok langsung saja bro check it dot..

Perbandingan Mesin Supra 125 karburator dan Supra 125 FI

Honda Supra 125 karburator dengan biasanya mempunyai kode part dengan embel – embel KPH, motor ini mempunyai diameter piston 52,4 mm dan panjang langkah 57,9 mm. Diameter piston dan panjang langkah kruk as hampir sama dengan Honda Supra X 125 Injeksi, perbedaannya terletak pada piston Supra x 125 injeksi terdapat coakan dibagian ex.   

 Perbandingan Rantai Mesin Supra 125 karburator dan Supra 125 FI

Rantai mesin atau keteng pada Honda Supra 125 karbu memakai jenis lifter tensioner assy (penonjok keteng) dari atas mirip dengan motor Tiger, Megapro, Beat dan Vario sehingga suara mesin adem atau tidak berisik dan ditambah lagii ukuran stelan klep Supra 125 Karbu bisa dibilang agak rapat yaitu 0,05 in dan ex.


perbandingan injeksi dan karburator



Sedangkan pada Honda Supra 125 FI mempunyai tensioner jenis suling seperti motor Supra 100, Revo 100, Grand dan lainnya, cuman ada perbedaan pada roller keteng pada Supra 125 injeksi dengan motor – motor diatas. Jadi bisa dikatakan serupa tapi tidak sama, selain itu ukuran standart celah klep pada motor ini agak longgar dengan kisaran 0,10 in dan ex 0,17. Hal ini yang menyebabkan suara motor Supra 125 Fi agak kasar jika dibandingakan dengan Supra 125 karburator.

Perbandingan Sistem Pengereman Supra 125 karburator dan Supra 125 FI

Pada Honda Supra 125 karburator pengereman bagian depan memakai Nissin dengan 2 piston rem dan kode kanvas rem KR3, rem ini cukup maksimal untuk menjaga keamanan saat memacu Supra 125 karburator. Kelemahan pada rem ini pada bagian pengunci kanvas rem (baud L5) sering kali macet, sehingga harus sering kali dirawat dengan baik.
Sedangkan rem depan pada Honda Supra 125 FI memakai Nissin dengan 1 piston kaliper rem, tapi ukuran piston kaliper ini lebih besar 2 jika dibandingkan piston kaliper pada Honda Supra 125 karburator. 

Perbandingan Sistem Kelistrikan Supra 125 karburator dan Supra 125 FI

Lampu depan kedua motor tersebut sama – sama memakai jenis bohlan biasa, tapi pada lampu belakang Honda Supra 125 FI sudah memakai LED sementara kakaknya masih memakai lampu biasa. Sementara untuk bagian speedo meter Honda Supra X 125 karbu sudah memakai full digital dan untuk mengukur kecepatan motor dibagian mesin ditaruh speed sensor, sehingga motor bebek ini terlihat wah.

Berbeda dengan Supra 125 FI injeksi menggunakan spedo meter analog dan pada pengukur kecepatan motor masih  menggunakan kabel kilo meter yang menghubungkan antara gear box roda depan dengan speedo meter.

Perbandingan Sistem Pengkabutan Supra 125 karburator dan Supra 125 FI

Honda Supra X 125 karburator mempunyai diameter venturi sekitar 18 mm dengan tipe piston valve, sedangkan pada Honda Supra x 125 Injeksi memakai Throttle body dengan venturi 22 mm. Nah urusan mana yang paling irit antara Supra 125 Karburator dengan Supra 125 injeksi, jawabannya Honda Supra 125 Injeksi.

Kenapa Supra 125 Injeksi lebihh irit karena pada ECU motor injeksi diprogam perbandingan antara bahan bakar dengan udara sekitar 14:1, sementara pada motor karburator bisa 11:1 tergantung penyetelan karburatornya. Konsumsi bahan bakar Honda Supra X 125 Injeksi diclam diantara 57,2 km / liter.
Untuk lebih jelasnya berikut Spesifikasi antara Honda Supra X 125 karburator dan Supra X 125 Injeksi

Spesifikasi New Supra 125 Injeksi dan Supra 125 Karburator

Spesifikasi New Supra 125 Injeksi


Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi   : 1918 mm x 709 mm x 1.101 mm
Jarak sumbu roda              : 1.235 mm
Jarak terendah ketanah     : 136,5 mm
Berat isi                           : 106 kg (CW) & 103 kg (SW)
Kapasitas bahan bakar       : 4,4 L

Rangka
Tipe rangka                      : underbone
Suspensi depan                 : teleskopik
Suspensi belakang             : lengan ayun dengan suspensi ganda
Ban depan                        : 70/90 -17 M/C 38P
Ban belakang                    : 80/90 - 17 M/C 44P
Rem depan                       : Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
Rem belakang                   : Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal (CW) & Tromol (SW)

Mesin
Tipe Mesin                       : 4 – Stroke, SOHC Silinder Tunggal
Kapasitas Mesin                : 124,89 cc
Diameter x Langkah          : 52,4 mm x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi     : 9,3 x 1
Daya Maksimum                : 7,40 kw / 8000 rpm
Torsi Maksimum                : 9,30 Nm / 4000 rpm
Sistem starter                   : Elektrik & Starter Kaki
Kapasitas oli mesin            : 0,7 Liter Penggantian Periodik
Sistem Bahan Bakar           : Fuel Injection
Tipe Kopling                     : Multiple Wet Clucth with Coil Spring
Tipe Transmisi                  : 4 Speed Rotary

Kelistrikan
Sistem pengapian             : Full Transisterized
Battery                            : 12V – 3.0 Ah
Tipe busi                          : NGK / CPR9EA - 9
Fitur pada Honda Supra X 125 Injeks terdapat charger HP, yang posisinya didalam jok bagasi.  

Spesifikasi Supra 125 Karburator

Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi   : 1889 mm x 702 mm x 1.1074 mm
Jarak sumbu roda              : 1.242 mm
Jarak terendah ketanah     : 136 mm
Berat isi                           : 102 kg (CW) & 103 kg (SW)
Kapasitas bahan bakar       : 3,7 L

Rangka
Tipe rangka                      : underbone
Suspensi depan                 : teleskopik
Suspensi belakang             : lengan ayun dengan suspensi ganda
Ban depan                        : 70/90 -17 M/C 38P
Ban belakang                    : 80/90 - 17 M/C 41P
Rem depan                       : Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
Rem belakang                   : Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal (CW) & Tromol (SW)

Mesin
Tipe Mesin                       : 4 – Stroke, SOHC Silinder Tunggal
Kapasitas Mesin                : 124,89 cc
Diameter x Langkah          : 52,4 mm x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi     : 9,0 x 1
Daya Maksimum                : 7,40 kw / 8000 rpm
Torsi Maksimum                : 9,30 Nm / 4000 rpm
Sistem starter                   : Elektrik & Starter Kaki
Kapasitas oli mesin            : 0,7 Liter Penggantian Periodik
Sistem Bahan Bakar           : Karburator
Tipe Kopling                     : Multiple Wet Clucth with Coil Spring
Tipe Transmisi                  : 4 Speed Rotary

Kelistrikan
Sistem pengapian             : CDI
Battery                            : 12V – 3.0 Ah
Tipe busi                          : NGK / CPR8EA - 9

Untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini bro, tapi jangn lupa subscribe ya bro... ya itung – itung lo bantuin gua he....

Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, salam satu asphal dan salam oprex..

Posting Komentar

0 Komentar