Seal Mechanical Rusak, Air Radiator dan Oli Mesin CS1, CBR150R dan CB150R Keluar dari Selang Pembuangan


Sejeworks – Salam Oprex dan Salam Asphal, bagi para pengguna Honda CB150R, CBR150R dan CS1 terkadang mengalami kendala adanya air radiator dan oli mesin yang menetes atau keluar dari selang pembuangan pompa radiator. Hal ini jangan dibiarkan terlalu lama atau berlarut – larut bro, karena akan menimbulkan banyak efek bagi mesin.

Efek yang paling parah dari radiator dan oli mesin yang keluar dari selang pembungan adalah bongkar mesin total dan mengganti semua komponen atau part yang ada didalam mesin. Sedangkan efek ringannya paling air radiator sering habis, tapi kebanyakan para pemilik Honda CS1, CBR150R, CB150R dari yang lokal dan Thailand kurang memahaminya.
Sebenarnya masalah seperti sering kali dihadapi oleh motor – motor yang menggunakan sistem pendingin radiator sebut saja kayak motor pabrikan sebelah seperti Yamaha Vixion. 


seal mechanical



Tapi untuk kali ini kita akan fokus ngomongin motor pabrikan Honda dulu ya bro... he... Pada motor Honda CS1, CBR150R, CB150R kontruksi mesin hampir sama pada posisi pompa radiator, yaitu disebelah kanan mesin / blok kopling dan komponennya pun bisa substitusi tanpa rubahan. Sebelum kita ngomong lebih jauh lagi, kita akan bahas terlebih dahulu pengertiian seal mechanical, ciri – ciri seal mechanical rusak

Pengertian Seal Mechanical

Seal mechanical atau sil mechanical adalah sil yang dapat bergerak dan menghubungkan antara komponen yang diam dengan komponen yang berputar. Seal mechanical terdapat 2 buah bagian yaitu bagian yang terpasang pada komponen berputar dan bagian yang terpasang pada komponen yang diam. Pada motor CBR150R, CB150R dan CS1 komponen yang diam adalah blok kopling sedangkan kompnen yang bergerak adalah impeller water pump atau bahasa gampangnya kipas pompa radiator.

Ciri – Ciri dan Penyebab Seal Mechanical Rusak

Seal mechanical rusak biasanya disebabkan oleh 2 hal yaitu usia pakai kendaraan dan overheating, untuk usia pakai sepeda motor bisa menjadi faktor utamanya. Sedangkan overheating tergantung dari perawatan pemilik sepeda motor tersebut mulai dari penggantian air radiator secara berkala, penambahan air radiator jika tangki cadangan coolent habis.

Sedangkan ciri – ciri seal machanichal rusak akan ditandai dengan air radiator yang masuk kedalam mesin dan bercampur dengan oli mesin, kemudian air radiator rembes / menetes di selang pembuangan. Sedangkan jika oli mesin rembes dari selang pembuangan radiator kemungkinan besar seal oli mesin mengalami aus rusak, posis seal ini ada dibelakang dari seal mechanical tersebut. Untuk lebih jelasnya tonton video dibawah ini sampai selasai, tapi jangn lupa subscribe, like, share dan commentnya... ya hitung – hitung lo bantuin channel gua supaya berkembang dan selalu update artikel dan video – video terbaru..

  



Nah kalau lo mengalami hal ini gua kasih daftar part beserta harganya bro... harga sewaktu – waktu bisa berubah ya bro.. tergantung yang jualan he... Kenapa banyak banget mas komponennya ? karena sat seal mechanical rusak, komponen terdekat yang bersentuhan langsung dengan seal mechanical akan ikut rusak. Jadi dari pada lo bongkar dan akhirnya jadi bahan guyonan jadi mending beres sekalian. Dan satu hal lagi untuk mengganti seal mechanical usahakan serahkan pada mekanik yang terpercaya karena proses bongkar pasangnya lumayan susah bro..

Harga Seal Mechanical CBR150R, CB150R, CS1 dan Sonic

Kode Part               Nama Part                        Harga
19215-KGH-900      Impeller Water Pump         Rp 22.000,
19217-P72-014       Seal Mechanical                Rp 131.000,
19241-KGH-901      Shaft Water Pump             Rp 31.000,
91205-KF0-005       Oil Seal 12x 20 x 5            Rp 5.000,
19226-KGH-901      Gasket Water Pump           Rp 6.000,

Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, salam satu asphal dan jangan lupa sebarkan artikel ini jika lo anggap berguna bagi komunitas lo bro...

Posting Komentar

7 Komentar

  1. Ganti seal 2 bulan oli netes lagi bagaimana solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo sepengetahuan saya karna saya dah pernah ngalami setahun lalu, klo diganti dengan part ori HGP dan pasangnya di honda Ahass biasanya gk ngulah lagi bro

      Hapus
  2. Bng berhubung di tempat saya susah nyari nya seal mechanial,kalo daei vario 150 bisa nggak.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk sama serinya itu bro, mending peaan online lewat tokped, shopee, dll, apalagi saya jg tinggal di pedalaman kalimantan biasanya pesan online dan alhamdulilah barangnya ori jd saya gk prnah takut klo part di tmpat saya jarang ada

      Hapus
  3. Ganti seal yg baru mesin malah cepet panas dan akhirnya radiator bocor, kira" itu apanya bang, atw mungkin nomer seri harus sama yg orinya?

    BalasHapus
  4. Ane ganti seal mechanical bongkar habis di AHASS habis 500 ribuan + oli dan air radiator. Gak lama (2 bulan) netes lagi air radiator+oli dari selang pembuangan.

    BalasHapus