Biaya dan Cara Memperbaiki Gearbox Speedometer, Kabel Kilometer Motor Honda Beat, Scoopy, Spacy dan Vario


Sejeworks – Selamat datang para biker’s semua, diblog otomotif yang selalu update untuk para pecinta otomotih roda dua. Kali ini kita akan membahas masalah yang sering terjadi yaitu spedometer yang mati ayau ngga mau bergerak sama sekali. Tapi postingan kali ini mungkin akan fokus ke motor matic matic Honda yang masih memakai kabel kilometer kawat / konvesional, belum memakai sensor kecepatan. Motor – motor ini seperti Honda Beat Karbu, Vario 110 Karbu, Scoopy Karbu, Spacy Karbu dan aga beberapa jenis motor matic injeksi Honda, seperti Beat injeksi, Beat Esp lama, Scoopy injeksi ring 14, dan Vario 110 injeksi lama.


gearbox speedometer



Sedangkan untuk motor Honda Beat Esp 2018, Scoopy ring 12, semua Vario 125 dan 150, tidak memakai jenis kabel kilometer kawat / konvensional tapi memakai sensor kecepatan atau lebih dikenal vihecle speed (VS) yang terdapat dibagian atas transmisi. Cara kerja dari kabel kilometer kawat dengan VS sangatlah berbeda, VS lebih bersifat elektrik sedangkan kabel kilometer kawat lebih bersifat mekanik.

Sementara ini lupakan dulu VS karena kita sekarang fokus ke kabel kilometer kawat (konvesional) yang terdiri dari, speedometer tabs (kawat penghubung antara velg dengan gearbox), gearbox, kabel kilometer dan speedometer. Untuk mempersingkat waktu mendingan kita langsung saja check satu persatu bro...

Akibat Kabel Speedometer Putus

Akibat yang akan terjadi pada kabel kilometer yang putus memang bukanlah hal yang bisa dianggap membahayakan bagi mesin, tapi kabel kilometer yang putus akan mengakibatkan speedometer tidak berjalan. Sehingga tabel perawatan berkala sepeda motor akan terganggu, seperti berapa kilometer penggantian oli gardan, oli mesin, vbelt dan roller, kuras oli shock, busi dan kuras air radiator.

Jika speedometer berjalan semestinya maka semua itu akan terpantau dengan mudahnya dan tak perlu menebak dengan hitungan hari dan bulan penggantian terakhir. Selain itu keceptan laju sepeda motor bisa terpantau, apakah terlalu ngebut atau malah terlalu pelan berkendara.

Akibat Mengganti Kabel Kilometer KW atau Bukan Original

Dipasaran ada banyak sekali merk kabel kilometer, mulai dari asli bawaan pabrik dan tiruannya sampai ada yang bermerk – merk lainnya alias after market. Tapi saran gua pakailah original pabrikan dan untuk motor tersebut, karena selain awet dan presisi juga tidak menimbulkan masalah lagi setelah pemasangan. Masalah tersebut diantaranya, jarum speedometer tidak jalan dan jarum speedometer goyang – goyang.   

Jarum Speedometer Tidak Jalan

Kabel kilometer yang bukan ukurannya dan bukan original sering kali terlalu panjang atau malah terlalu pendek, jika kabel kilometer terlalu panjang maka akan membuat gearbox tertekan (lebih tepatnya gigi nanas didalam gearbox). Sehingga speedometer tidak berputar sama sekali, selain itu kabel kilometer yang terlalu pendek tidak akan menjangkau odometer yang berada dibagian speedometer.
   

Jarum Speedometer Motor Goyang

Nah untuk jarum speedometer yang goyang – goyang saat dikendarai juga disebabkan karena memakai kabel kilometer KW, goyang dimaksud adalah gerak naik turun secara cepat saat speedometer menunjukan kecepatannnya. Bahasa mudahnya gerakan speedometer tidak stabil bro, karena pemakaian kabel kilometer KW tersebut.

Cara Menyembung Kabel Speedometer yang Putus

Apakah kabel kilometer bisa disambung ? jawabnya tidak bisa disambung bro jika yang putus adalah kawat inti dari kabel kilometer. Tapi kalau yang putus wadah dari kawat inti kabel kilometer, ini masih bisa disambung dengan isolasi atau sejenisnya.

Biaya Perbaikan Speedometer Motor Honda Beat, Scoopy, Vario dan Spacy

Biaya untuk memperbaiki speedometer yang mati sangatlah beragam, itu semua tergantung dengan kerusakan yang terjadi. Jika yang rusak kabel kilometernya maka biaya perbaikannya sekitar Rp 55.000, lain halnya jika yang rusak adalah gearboxnya maka akan membutuhkan biaya sekitar Rp 100,000 untuk membereskannya. Tapi jika yang rusak adalah odometernya maka harus mengganti speedometer assy yang harganya sekitar Rp 300.000 untuk menebusnya.

Cara Memperbaiki Gearbox Speedometer

Gearbox speedometer pada motor Honda Beat, Scoopy, Spacy dan Vario 110 berisi 2 buah gear, banyak orang menyebut gigi nanas. Nah kedua gear ini yang menentukan putaran dari roda depan ke kabel kilometer, jika gear aus / rusak maka kabel kilometer tidak akan berputar. Untuk memperbaiki gerarbox speedometer yang rusak bisa dengan membersihkan terlebih dahulu kedua gigi nanas tersebut dari tanah dan grease (gemuk). Tujuannya agar gigi nanas bisa berputar dengan lancar, dan jangan lupa tambahkan sedikit grease baru sebagi pelumasan pada kedua gigi tersebut.

Jika ada mata gigi yang yang rusak lakukan perbaikan pada alur gigi tersebut dengan menggunakan cutter, cara ini kadang berhasil jika mata gigi yang rusak tidak terlalu banyak dan tidak terkikis terlalu dalam. Kalau gigi – gigi gearbox tetap tidak berputar maka langkah terakhir adalah menggantinya dengan gearbox baru, tapi jangn lupa gunakan part asli bawaan motor.

Cara Mengganti Kabel Speedometer Beat

Sebenarnya untuk mengganti kabel kilometer sepeda motor pada dasarnya hampir sama, yang membedakannya hanyalah cara membongkar coverbody motor tersebut. Karena setiap motor mempunyai coverbody yang berbeda maka berbeda pula cara membongkar coverbody motor tersebut. Tapi sebagai contohnya kita akan ngomongin cara ganti kabel kilometer motor Honda Beat karburator maupun Beat Injeksi.

Pertama tama siapkan dulu kunci – kuncinya yaitu, obeng plus (+), obeng min (-), T 10,Kunci pas 14 -12, kunci ring 14 -17, kunci ring 17 -19 dan tang biasa.

Langkah pertama copot terlebih dahulu cover front handelbar cover atau batok kepala Honda Beat dengan memakai obeng plus. Tapi jangan lupa lepas dulu spion yang menempel pada motor tersebut untuk mempermudahnya.

Setelah itu copot pula front upper cover atau cover lampu depan, tapi jangan lupa lepas terlebih dahulu plat nomor dan dudukannya.

Jika kedua coverbody tersebut lepas maka akan terlihat jalur kabel kilometer,  cermati terlebih dahulu agar tidak salah jalur nantinya. Lebih bagus lagi foto dengan HP, biar kalau kelupaan jalur kabel kilometer bisa digunakan sebagai contekan.

Langkah selanjutnya adalah mencopot kabel kilometer tersebut, untuk lebih gampangnya copot dulu pada bagian bawah kabel kilometer yang berhubungan langsung dengan gearbox.

Untuk mencopotnya bisa menggunakan obeng min (-), cara mencopotnya harus secara bersamaan yaitu dengan menekan bagian yang mengunci ke gearbok dan tarik keluar kabel kilometer.

Selanjutnya copot kabel kilometer bagian atas dengan menggunakan tang biasa, caranya cukup memutar kearah kiri pengunci kabel kilometer bagian atas.

Jika langkah diatas telah selesai maka kabel kilometer bisa dicopot, tapi perhatikan terlebih dahu sebelah mana kabel kilometer yang putus. Biasanya bagian yang putus adalah bagian kabel kilometer bagian bawah dan sangat kecil sekali, bagian yang tersebut biasanya masih menempel di gearbox.

Copot bagian kabel kilometer yang putus tersebut jika masih menempel digearbox, cara bisa mencopot gearbox terlebih dahulu dengan menggunakan kunci ring 14 -17 dan ring 17 -19. Kunci tersebut untuk melepas as roda depan, ambil gearbox ketok – ketokan kelantai sampai bekas kabel kilometer yang putus tersebut lepas.

Untuk pemasangan kabel kilometer sebaiknya pada bagian atas terlebih dahulu agar pemasangan lebih mudah, jangan lupa kencangkan pungunci kabel kilometer dengan tang.

Usahakan saat pemasangan jalur kabel kilometer benar dan tidak asal – asalan, memang hal ini tidak terlalu berpengaruh. Cuman pemasangan jalur kabel kilometer yang salah akan terasa saat digunakan untuk posisi belok atau menikung.

Langkah selanjutnya adalah pasang bagian kabel kilometer bagian bawah, caranya cukup mendorong memakai tangan dan posisikan pungunci bawah benar – benar terpasang.

Kemudian lakukan pengecekan hasil pekerjaan, apakah speedometer berputar ? tau malah tidak berputar sama sekali. Jika memutar maka pasang kembali coverbody yang tadi dilepas.

Untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini, dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu. Ya... itung – itung lo bantuin agar blog dan channel ini bisa berkembang maju dan sukur – sukur berkembang biak he...
Kalau mau nanya – nanya dibagian video aja ya bro... jangan disini he....





Akhir kata dari dari gua utamakan keselamatan berkendara, hormati pejalan kaki dan keep riding no arogan. Slam oprek salam satu asphal... wor... wor...

Posting Komentar

0 Komentar