Cara Memperbaiki Lampu Rem Belakang Honda Beat, Vario, Scoopy dan Spacy yang Nyala Terus


Sejeworks – Salam oprek dan salam satu asphal, lampu rem berfungsi sebagai tanda bahwa pengendara motor melakukan pengereman sehingga kecepatan sepeda motor akan melambat. Nyala lampu rem tersebut akan memberi tahu pengemudi dibelakangnya juga ikut menurunkan kecepatan kendaraannya. Untuk kali ini kita akan ngomongin cara memperbaiki lampu rem belakang pada motor Honda Beat karbu dan injeksi, Honda Scoopy, Honda Spacy juga Vario 110, 125 dan 150. Pokoknya untuk motor matic Honda kecuali Honda Vario 150 remote system (keyless) dan Honda PCX, karena swith rem kedua motor tersebut berbeda dengan motor – motor diatas.


lampu rem nyala terus



Lampu rem belakang yang menyala terus dan dibiarkan tanpa diperbaiki lama – kelamaan akan membuat accu / aki ngedrop. Karena biasanya lampu rem belakang membutuhkan daya sekitar 18 watt, sementara lampu senja atau lampu kota pada bohlam lampu belakang membutuhkan daya sekitar 5 watt. Jadi kalau lampu rem belakang menyala terus dan dibiarkan begitu saja akan cukup berdampak pada usia accu / batrey, yang biasanya usia pemakaian accu sampai 2 tahun bisa menjadi 1 tahun saja. Untuk itu maka segera perbaiki dan cari tahu penyebab lampu rem belakang menyala terus, biar lebih jelasnya dan tanpa banyak omong langsung saja check it dot bro..

Penyebab Lampu Rem Belakang Nyala Terus

Swith Rem Depan

Swith rem depan atau saklar lampu depan sangat berpengaruh pada lampu belakang yang menyala terus. Keadaan spring / pegas yang mulai lemah atau kurangnya tekanan dari handel rem kanan ke swith rem depan akan menyebabkan lampu rem belakang menyala terus. Letak swith rem depan Honda Beat, Vario, Scoopy dan Spacy sama seperti motor – motor pada umumnya, yaitu tepat dibawah master rem dibelakang hendel rem depan.
Harga dari swith rem depan original motor Honda sekitar Rp 80 ribu, tapi ada juga yang swith rem KW yang dijual sekitar Rp 20 ribu. Perbedaan antara swith rem original dan KW selain harganya juga kualitas kedua komponen tersebut sangatlah berbeda, jika swith rem ori bisa bertahan sekitar 3 tahun sedangkan swith rem KW biasanya akan bertahan sekitar 1 minggu.

Swith Rem Belakang

Swith rem belakang akan bekerja jika hendel rem sebelah kiri ditarik, maka swith atau saklar rem akan dalam keadaan bebas dan lampu rem akan menyala. Pada motor matic Honda mulai dari Beat, Scoopy, Spacy dan Vario yang telah berumur biasanya pada bagian pegas swith rem belakang melemah. Akibatnya lampu rem akan menyala walaupun handel rem sebelah kiri tidak ditarik, untuk mengatasi hal tersebut bisa diselesaikan dengan sedikit mengeluarkan swith rem dari tempat dudukan swith rem tersebut.

Sil Master Rem Depan Aus

Lampu rem yang menyala terus bisa disebabkan oleh sil master rem depan yang mulai aus, terutama pada bagian pegas sil master yang mulai melemah. Sebenarnya part ini masih berhubungan dengan kinerja swith rem depan, karena pegas / spring sil master yang melemah kemudian piston master rem yang aus karena tergerus. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan dengan mengganjal handel rem kanan dengan selang air accu. Bagian yang diganjal adalah sisi paling bawah yang bersentuhan langsung dengan swith rem depan.

Handel Rem Depan Aus

Ausnya hendel rem ini karena faktor usia pakai bergeseknya antara handel rem dengan piston sil master rem, biasanya bagian yang aus hanya terkikis beberapa mili meter. Untuk mengatasi hal ini cukup dengan menggunakan selang ukuran kecil untuk mengganjal pada bagian yang bergesekan dengan swith rem depan. Maka akibatnya swit rem depn akan tertekan oleh bagian handel rem yang telah dikasih selang tersebut.

Nah untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini ya bro, tapi ajangan lupa subscribe ya bro. Itung – itung lo bantuin channel youtube gua supaya berkembang dan selalu update tentang dunia sepeda motor.


lagi proses bro..


Akhir kata dari gua, utamakan keselamatan berkendara, tetep keep riding no arogan dan salam oprex, satu asphal selalu .....

Posting Komentar

0 Komentar