Ini Bro, Penyebab Motor Injeksi Brebet Seperti Kehabisan Bensin

Sejeworks – Motor injeksi memang terbilang canggih dari segi teknologi jika dibandingkan dengan motor karburator, karena kecanggihan itu membuat adanya perbedaan yang sangat mencolok. Ada banyak perbedaan antara motor karburator dan motor injeksi, jadi kalau ada problem atau masalah pada motor salah satu motor tersebut ada perbedaan pula untuk menyelesaikan masalah tersebut. Pada motor karburator dan motor injeksi dari sisi mesin memang ngga terlalu banyak perbedaan, mesin motor injeksi terdapat sensor suhu mesin dan sensor o2 yang biasanya tertanam di sekitar head silinder dan cylinder comp.

Lain halnya dengan mesin motor karbu yang biasanya tidak terdapat sensor apapun alias mulus, tapi perbedaan itu akan mencolok jika dibagian pengkabutan bahan bakar. Pada motor karburator sistem pengkabutan bahan bakar tidak menggunakan sensor apapun, tapi memang ada jenis tertentu yang menggunakan sensor TP (Throttle Possion) dan ini tidak terlalu berpengaruh untuk kinerja karburator. Berbeda dengan motor injeksi yang sistem pengkabutan bahan bakarnya menggunakan banyak sensor yang tertempel pada throttle body, mulai dari sensor TP, ISC (kawasaki), IACV (Honda) dll.


motor injeksi brebet



Nah yang jadi pertanyaannya kalau motor injeksi brebet kaya kehabisan bensin, itu apanya yang rusak ?. Jujur itu juga sering bikin puyeng bro, kadang sampai 3 hari 3 malam dipikirin. Sampai – sampai makan pun tak enak bro, he.... he... tapi tenang aja intinya satu “sing penting yakin” dan jangn lupa ngopi. Untuk mencari sumber masalah dari motor injeksi yang brebet, jawab pertanyan dibawah ini dengan jujur dan jangan mencontek apa lagi ngarang karena usaha tidak menghianati hasil he... he...

Penyebab Motor Injeksi Brebet di RPM Rendah dan RPM Tinggi

Busi Bikin Brebet Motor Injeksi

Kapan terakhir ganti busi ? dan apakah busi yang dipakai untuk busi motor injeksi ? nah jawabannya jelas lo yang tahu karena itu motor lo dan gua hanya feeling aja dari sini. Ganti busi sebaiknya 8 bulan atau setahun sekali dan gunakan busi motor injeksi sesuai anjuran pabrikan, jika memakai busi racing samakan kode panas busi dengan busi pabrikan. Karena motor injeksi kebanyakan memakai jenis busi dingin bukan busi panas contoh untuk Honda Beat karbu memakai busi NGK CPR8EA - 9 sedangkan jika motor beat injeksi memakai NGK CPR9EA – 9.   
   

Cop / Cangklong Busi Bikin Brebet Saat di Gas

Rusaknya cop busi / cangklong busi sering kali diakibatkan karena adanya tumpukan jamur yang berwana kebiruan disekitar cop busi, sehingga api dari koil tidak akan center masuk ke busi. Dan biasanya cop busi akan longgar dan api dari koil akan bocor ke mesin. Akibat dari cangklong busi yang rusak selain motor akakn brebet, motor injeksi tersebut juga akan sering kali mogok.

Kuras Tangki Bensin Supaya Motor Injeksi Tidak Brebet

Apakah pernah kuras tangki bahan bakar atau tangki bensin ? dan kapan terakhir kalinya kuras tangki ? bagi sebagian biker jarang sekali melakukan kuras tangki bensin. Padahal hal ini harus dilakukan secara rutin setidaknya setahun sekali, tujuannya untuk membersihkan dan memisahkan antara bahan bakar dengan air. Salain itu kuras tangki bensin juga akan mengurangi terjadinya keropos karena karat pada tangki bensin tersebut.

Aki Ngedrop Penyebab Motor Brebet

Yang dimaksud aki disini yaitu accu alias battrey pada sepeda motor, kebanyakan para bikers mengangap remeh aki yang ngedrop. Padahal aki pada motor injeksi adalah sumber arus listrik dan arus pengapian bagi motor injeksi. Jika aki ngedrop dan tegangannya masih dintara 10 sampai 8 volt, motor injeksi akan sering kali brebet atau malah mogok. Karena saat tegangan aki kurang dari 12 volt maka ECU akan mengurangi arus listrik yang masuk kebagian sinyal dan lampu – lampu, ECU akan memfokuskan arus listrik ke sensor – sensor utama pada motor injeksi. Jadi jangan biiarkan terlalu lama aki ngedrop, karena akan kerusakannya kan merembet ke komponen lainnya.

Pompa Bahan Bakar Rusak Brebet di RPM Bawah

Pompa bahan bakar yang rusak biasanya menjadi sumber utama motor injeksi brebet. Gejalanya jika pompa bensin / bahan bakar mengalami kerusakan yaitu motor akan brebet pada RPM bawah, tengah dan brebet juga di RPM tinggi. Tapi yang paling sangat berasa pada RPM bawah, lebih tepatnya saat awal bukaan gas. Motor juga akan sering mogok seperti kehabisan bensin atau bahan bakar, hal ini disebabkan karena tekanan pompa bahan bakar yang telah melemah.



motor injeksi ngempos



Untuk memastikan pompa bahan bakar telah rusak, bisa mengeceknya dengan menggunakan pressure guage. Caranya dengan menyambungkannya ke selang bahan bakar antara injektor dengan pompa bahan bakar. Jika tekanan pompa bensin (fuel pump) kurang dari standarnya yaitu 300 kpa maka bisa dipastikan pompa tersebut telah mulai lemah.

Sensor – Sensor Injeksi Rusak

Ngomongin sensor injeksi berarti ngomongin kesatuan atau banyak part, karena sistem injeksi terdiri dari banyak sensor – sensor. Mulai dari sensor TP, EOT / suhu, CKP, IACV, Injector, MAP dan masih banyak lagi, tapi berita bagusnya jika ada kerusakan pada sistem injeksi maka lampu MIL yang berada dispeedo meter akan memberitahu pada pemilik motor. Caranya lampu MIL akan menyala kedip – kedip dan setiap kedipan mempunyai arti kode kerusakan yang dibaca oleh ECU / ECM.

Sensor yang rusak dan membuat motor brebet diantara sensor injeksi, sensor MAP, sensor TP dan sensor IACV. Karena terbanyak sensor yang bisa membuat motor injeksi brebet diputaran atas dan putaran bawah maka perlu pengecekan secara mendetail. Tapi usahakan perbaiki terlebih dahulu point – point diatas seperti accu, busi, cop busi, fuel pump dan kuras tangki bahan bakar. 

Biar ada gambaran tonton video berikut ini sampai kelar ya bro dan jangn lupa subscribe, like, comment dan share. Kalau videonya belum ada berarti masih proses bikin he... he..

Akhir kata dari gua tetep keep riding no araogan, hormati para pejalan kaki dan keselamatan berkendara. Salam oprex dan salam satu asphal.    

Posting Komentar

16 Komentar

  1. Mau nanya ni boz
    Motor saya kn beat jadi tadi siang pas saya jln motor tu kena lubang jadi tiba2 pas di gas agak sendat2 itu penyebab nya apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta beli yg baru lgi 😁😁😁😁😁😁😁😁😁

      Hapus
    2. saya pernah ngalamin beat sama spacy standart tengah diturunin motor mati trus pas gajluqan jga mati smpe pusing apa penyebabnya ternyata penyebabnya kabel songket yng gede di atas mesin belah kanan ketarik ada yñg retas satu pas tak buka bener retas 1 potong sambung kbel cma 1 selesai mpe karang mang honda ngirit kabel kurng pnjng jdi klo shock nya udh mpuk psti ketarik

      Hapus
  2. Motor cbr saya kalau udh di bawa kencang jalan 1 kilo lamu kode mill nya hidup terus ,kira kira apa yang harus diperiksa sore??

    BalasHapus
  3. Motor saya beat fi esp 2016, kalau gas awal langsung ditarik full berat banget dan ngelitik, begitu juga kalau di RPM atas pasti ngelitik, apalagi tarikan berat dan brebet, mohon penjelasannya

    BalasHapus
  4. Motor saya Megapro injeksi,di buku panduanya kan harus pake busi NGK_CPR9EA-9,tapi kenapa yg tertancap itu NGK_CPR8EA-9?
    jadi bingung pake busi yang mana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunakan yang ngk cpr9ea-9 karena yang ngk cpr8ea-9 untuk motor karbu bukan injeksi

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Bang, motor saya beat fi 2013,motor saya gas awalnya brebet, tarikan atasnya tertahan, kurang responsif, gaskurang spontan, kirakira apa penyebabnya ?

    BalasHapus
  7. Motor saya vario 150 esp. Problem tarikan awal brebet, kalo sudah jalan kencang, normal. Saringan bersih, sudah ganti kampas ganda juga, busi aman, semua aman. 3 hari gak ada masalah, jalan mulus. Eh skrg tiba2 tarikan awal brebet lagi. Sy harus gmn lagi ini...

    BalasHapus
  8. Bang, motor saya Mio Soul GT masaalahnya saat di gas seperti drop dan setelah beberapa kali bisa mati, kira2 solusinya gmn ya, coba ganti sensor map tetap sama, pada suhu dingin bisa normal, kode lampu 42 fan 46

    BalasHapus
  9. Sama, mongtor soul GT Ade saya juga gitu, belon ketemu penyebabnya. Ada yg bilang harus reset ECU ke bengkel resmi :-(. Mungkin suhu dimarih bisa bantu cari solusi yg lain selain reset ecunya?

    BalasHapus
  10. maaf suhu ganggu bentar motor mio z saya tdk mau di starter nih apanya suhu

    BalasHapus
  11. Motor pcx ku kalo di gas spontan langsung terasa kaya kehabisan bensin? Apakah tangki kotor ya?

    BalasHapus
  12. Mohon dibantu bos. Motor saya beat esp 2018, busi udah filter udara udah, kampas ganda sekitarnya udah filter bensin udah sampai diganti sensornya sudah, dua hari enak terus brebet lagi pusing bgt rasanya

    BalasHapus