Penyebab CVT Panas, Ngebul Asap Putih Pada Motor Matic Saat Nanjak Dan Mudik


Sejeworks – Selamat datang semuanya di blog otomotif roda dua yang paling kece ini he... karena artikel ini gua buat pada bulan syawal atau dikatakan masih lebaran. Jadi gua ucapkan mohon maaf lahir batin, jika ada kata – kata yang kurang berkenan dibaca dan didengar entah dari blog kami ini atau channel youtube kami. Kami berusaha memberikan konten – konten positif bagi para pecinta sepeda motor, walupun keterbatasan masih banyak disana – sini. Untuk setiap pertanyaan pada artikel kami sebaiknya ditulis di channel youtube kami, agar kami bisa dengan mudah menjawab pertanyaan para bro semua.

motor matic nanjak


Saat musim mudik lebaran masyarakat Indonesia pada umumnya melakukan touring secara masal he... he... dan jarak yang ditempuh pun tidak tanggung – tanggung. Ada yang sampai 2 hari 2 malam perjalanan menggunakan sepeda motor dan bahkan ada yang lebih, tapi yang membedakan touring mudik dengan touring biasa adalah banyaknya peserta dan lama perjalanannya. Akibatnya kerja sepeda motor akan sangat berat karena jalan macet dan jarak tempuh kendaraan akan sangat jauh. Maka dari itu sedikit trik saat melakukan perjalanan jauh dan melewati jalanan yang menanjak menggunakan motor matic, ok langsung saja check it dot bro...

Cara Gas Motor Matic di Tanjakan

Motor matic secara desain diperuntukan untuk jalanan perkotaan yang padat atau bisa dikatakan stop and go, untuk melawan kemacetan daerah perkotan yang tidak terlalu banyak tanjakan atau pun turunan terjal. Seperti kacang goreng hampir semua orang memakai motor matic untuk semua keperluan, salah satunya untuk mudik lebaran.
Untuk melewati tanjakan cara ngegas motor matic sama dengan ngegas saat berada dijalan lurus biasa, cuman yang membedakannya cara memainkan gas motor matic tersebut saat tenaga motor matic terdengar ngeden. Memang jika motor matic dipaksa melewati jalanan menanjak tenaga motor akan terasa berkurang drastis. Berbeda dengan motor sport atau bebek yang ngeden saat melewati jalan menanjak, bisa menurunkan gigi tranmisi agar torsi motor kembali stabil.

Fungsi gigi tranmisi yaitu untuk mendapatkan torsi dan tingkat kecepatan sesuai dengan kondisi jalan, tapi pada motor matic gigi tranmisi hanya terdapat 1 percepatan saja. Yang mengendalikan percepatan pada motor matic yaitu roller dan kanvas kopling, jika roller semakin terdorong menjauhi kruk as maka tenaga yang disalurkan dari kruk as akan besar. Setelah itu vbelt akan menyalurkan tenaga dari roller ke pegas CVT dan kanvas kopling, sedikit penjelasannya ya bro..

Melewati jalan menanjak menggunakan motor matic sebaiknya lakukan ancang – ancang / persiapan terlebih dahulu, maksudnya saat masih jalan lurus usahakan sudah membuka gas secara penuh. Agar tenaga mesin bisa tersalurkan secara maksimal, tapi hal ini akan sulit dilakukan jika jalan yang menanjak tersebut macet dan berkelok – kelok. Jika menghadapi hal demikin maka langkah terbaik adalah ambil posis kepinggir jalan raya dan berhenti sejenak dengan tujuan meringankan kinerja mesin dan CVT motor tersebut.


cvt cepet panas



Cara lain yaitu dengan sedikit mengupgrade bagian CVT terutama roller, tujuannya supaya lebih enteng pada saat rpm bawah. Dengan merubah ukuran roller menjadi lebih ringan akan berdampak pada entengnya tarikan awal, tapi akan mengorbankan top speed.

Cara Gas Motor Matic Saat di Jalan Menurun

Sebaiknya saat menggunakan motor matic dan melewati jalan menurun tajam, usahakan tetap menarik gas sedikit saja dan jangan sampai lost gas. Tujuannnya agar semua komponen tetap saling berhubungan, terutama pada bagian roda belakang dengan kanvas kopling. Memang tanpa menarik gas motor matic tersebut akan tetap melaju dengan kencang tapi akan susah dikendalikan dan akhirnya nungseb dijalan.Selain itu penggunaan rem juga harus diperhatikan dengan mengimbangi pemakaian rem depan dan rem belakang secara bersamaan.  

Penyebab Cvt Motor Matic Panas dan Ngebul

Banyaknya para pemakai motor matic yang mengeluh dan mengalami motor maticnya ngempos saat berada ditanjakan, karena motor tersebut tidak kuat menanjak ketika gas ditarik. Seperti motor matic tersebut bukannya naik malah turun, mesin akan ngeden dan lama – kelaman suhu mesin semakin panas hingga akhirnya mesin mati.

Selain itu terkadang bagian CVT akan ngebul keluar asap putih, hal ini sebagai pertanda bahwa kanvas kopling dan mangkok kopling (outer clutch) terbakar. Terbakarnya part tersebut bukan seperti terbakar menggunakan kompor yang pasti ada apinya. Tapi terbakar disini karena komponen dibagian CVT terutama mangkok kopling dan driven face over heating (panas berlebih), sehingga tenaga dari roller tidak disalurkan secara sempurna kebagian roda belakang.

Akibat dari terbakarnya mangkok kopling dan driven face akan membuat sil driven face bocor sehingga grease yang ada didalam driven face bocor ke luar, sampai kebagian blok CVT dan mangkok kopling. Hal ini akan membuat slip kopling dan tenaga motor semakin ngempos, dalam jangka panjang jika grease dibiarkan bocor akan merembet ke komponen lain didalam CVT. 

Untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini tapi jangan lupa subscribe dulu ya bro, ya itung – itung lo bantuin gua supaya blog dan channel ini bisa berkembang dan update terus...

Dalam proses

Akhir kata dari gua tetep safety first dan keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki. Jangan lupa follow IG kami di “ asphal team ” dan fanspage kami di “Tegarexhoust”, salam oprex, satu ashpal...

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Saya bingung cari videonya atau ndak nama chanel nya apa?

    BalasHapus
  2. Tonton video ini ya boss,mana vidio nya anjimmm🤨😒

    BalasHapus
  3. Selamat malam KK, sy mau tanya nmax 2020 baru 1 THN ,pas tanjakan ngebul dari bagian cvt nya,apakah kerusakan nya ringan atau gimana KK.?.trim

    BalasHapus