Penyebab dan Biaya Bongkar Mesin Honda Beat FI


Sejeworks – Bongkar mesin adalah hal menakutkan bagia sebagian para pemilik kendaraan bermotor terutama sepeda motor ya bro, saat ngomongin bongkar mesin berarti siap – siap mengeluarkan duit yang lumayan banyak. Maka dari itu sebelum terlambat lakukan perawatan motor secara rutin, ya minimal ganti oli mesin secara berkala setiap 2.000 kilometer atau 2 bulan sekali dan gunakan oli asli bukan palsu. Urusan mau pakai oli apa yang cocok atau pas buat motor maticnya itu terserah lo bro, tapi yang paling penting adalah oli mesin tersebut asli bukan oli palsu.

Untuk kali ini kita akan khusus ngomongin mesin motor Honda Beat injeksi yang turun mesin, mulai dari biaya bongkar mesin, penyebab bongkar mesin dan akibat bongkar mesin. Ok dari pada kelamaan ngobrol kesana – sini mending langsung saja check it dot bro, tapi jangan lupa follow IG kami “ asphal team”.

Penyebab Bongkar Mesin Honda Beat

Telat Ganti Oli Mesin

Penggantian oli mesin yang asal – asalan tanpa mempertimbangkan jarak tempuh dan waktu penggantian oli mesin sebelumnya, seringkali menjadi masalah bagi kapasitas oli mesin didalam mesin. Semakin diundur – undurnya penggantian oli mesin akan membuat kualitas dan volume oli mesin berkurang, volume oli mesin yang berkurang dari semestinya akan membuat sistem pelumasan mesin tertanggu. Dan akibatnya suara mesin akan kasar selain itu mesin akan cepat panas, jika dibeiarkan secara terus menerus komponen didalam mesin akan aus dan rusak satu persatu. Jangka panjangnya seher / piston akan ngancing alias ceket dan tidak akan bisa dihidupkan sama sekali.

Usia Pakai Sepeda Motor

Semakin sering motor dipakai maka kilometer akan bertambeh pada bagian speedo meter dan usia pakai motor akan bertambah. Jadi jangan heran jika motor tua perlu bongkar mesin, karena part / komponen didalam mesin sudah mulai aus. Biasanya motor yang telah melewati kilometer 30.000 atau telah dipakai lebih dari 3 tahun, sudah mulai rewel minta perbaikan pada bagian mesin tersebut.

Oli Mesin Rembes

Oli mesin yang rembes juga sering menjadi penyebab dilakukannya bongkar mesin, rembesnya oli mesin ada banyak penyebabnya. Mulai dari baud tanam mesin (baud tusak sate) yang longgar dan slek, crank case (blok mesin) yang pecah, gasket yang mulai rusak dan masih banyak lagi.   

biaya bongkar mesin


Komponen Mesin Motor Matic yang Diganti Akibat Bongkar Mesin

Sebelum kita ngomongin komponen atau part yang terdapat pada motor matic terutama Honda Beat injeksi, kita akan membahas bongkar mesin terlebih dahulu. Penyebab bongkar mesin sangat beragam mulai dari motor ngebul, bunyi kasar, oli mesin rembes, crank case pecah dan lost kompresi. Untuk motor ngebul dan bunyi kasar adalah faktor yang paling sering terjadi, karena hal ini pasti terjadi pada setiap sepeda motor yang telah berumur ataupun komponen / part didalam mesin mulai rusak dan aus.

Ada dua jenis bongkar mesin pada motor matic terutama Honda Beat, Scoopy, Vario 110 dan Spacy yaitu bongkar mesin atas dan bongkar mesin total. Untuk part komponen yang digantipun sangat bervariasi, karena tergantung dari kerusakan mesin motor tersebut, biar lebih jelas langsung saja check it dot bro.

Bongkar Mesin Atas Honda Beat

Bongkar mesin atas dilukakan saat motor mengalami kebocoran kompresi, piston aus dan noken as rusak. Untuk kebocoran kompresi biasanya ditimbulkan karena kerak yang menumpuk disekitar payung klep. Sedangkan piston yang aus biasanya ditimbulkan karena usia pakai dan sistem pelumasan yang tidak baik, hal ini juga menjadi penyebab noken as rusak. Ciri – ciri sepeda motor yang harus dilakukan bongkar mesin atas yaitu motor ngebul asap putih, suara mesin kasar yang bersumberdari bagian mesin tengah dan mesin atas. Nah berikut estimasi biayanya jika motor Honda Beat lo harus bongkar mesin atas.

Nama Part                        Harga
Piston                              Rp 140.000,
Gasket Top Set                 Rp 80.000,
Skir Klep                          Rp 50.000,
Korter                              Rp 100.000,
Bongkar Mesin Atas           Rp 300.000,


komponen motor matic


Daftar harga jasa dan part diatas adalah estimasi yang biasanya terjadi jika dilakukan bongkar mesin atas, setiap bengkel pasti terdapat perbedaan harga part dan jasa. Hal ini tergantung part yang dipakai bisa original atau bukan original, selain itu lokasi bengkel juga menentukan harga jasa pembongkaran. Terkadang ada part tambahan lain diantaranya :

Noken As                         Rp 300.000,
Rocker Arm                      Rp 170.000,

Bongkar Mesin Total

Bongkar mesin total ini dilakukan jika ada kerusakan dibagian connecting road / stang seher dan bearing connecting yang rusak. Rusaknya kedua part tersebut biasanya karena usia pakai dan oli mesin yang bercampur dengan air. Ciri – ciri dari stang seher dan bearing kruk as yang rusak akan ditandai suara kasar yang berasal dari bagian tengah mesin. Untuk part yang diganti adalah part bongkar mesin atas dan ditambah dengan stang seher dan bearing kruk as berikut rinciannya.

Nama Part                        Harga
Connecting Rod                Rp 510.000
Bearing Kruk As                Rp 110.000
Jasa Bongkar Pasang        Rp 375.000

Nah untuk lebih jelas tonton video berikut ini tapi jangan lupa subscribe ya bro, ya itung – itung lo bantuin gua supaya bisa eksis terus dan selalu update.



Ok bro sekian dulu dari gua, keep riding no arogan dalam berkendara dan hormati pejalan kaki. Salam oprex dan salam satu asphal selalu... wor.. wor..      

Posting Komentar

19 Komentar

  1. Ane baru ajj turun mesin beat karna pemakaian udah 5 thn baru mesinnya berisik .. ane ganti satu set kruk as + blok npp standart sma piston set original trus skalian skir klep + sil full set .. kna 1,7 jt .. maknyuuuss .. 😧

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga segitu di Ahass ato bengkel umum biasa om? Beat ane juga mau turun mesin..

      Hapus
  2. Mau nanya dong . Kan motor ane abis turun mesin nah . Abis 1.5 jt . Dan pas udah beres terus ane coba tuh motor . Tapi masih ngebul putih dikit . Kata orang bengkelnya . Emang gitu nanti juga ilang . Apa benar begitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus nya yah bro. Berarti Masi ad yang belum beres itu

      Hapus
  3. Mau tanya dong. Motor ane suara mesinnya kasar, terus klo baru di nyalain suka keluar asep putih tpi gabanyak, klo di bwa jalan jauh juga kaya ada bunyi *

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motor kalau dah keluar asap putih pertanda persiapan turun mesin. Siapin duit buat service besar dengan biaya diatas 1 jutaan

      Hapus
    2. Persiapan service besar bro dengan biaya di atas 1 jutaan

      Hapus
  4. Motor ane suara mesin agak berisik tarikan agak lamban tapi ga ngasep itu kenapa ya pernah sih telat ganti oli tapi heran ga ngasep

    BalasHapus
  5. Biaya bongkar pasang mesin + las krengkes/las babut berapa ya gan di pasaran bengkel

    BalasHapus
  6. Mas mau nanya motor saya di bagian oli mesin nya kemasukan baut uk 10an terus mau ngambil di suruh bongkar mesin ? Kira² berapa biayanya?
    Tujuan buat ngambil bayinya doang!

    BalasHapus
  7. mau tanya bang,berapa ya,kira²ganti bearing kruk as dan seal nya,jenis Motor sya Honda Beat injection tahun 2017,mohon balasnnya Bang

    BalasHapus
  8. Mau tanya kira kira habis berap kalo Bit fi2014 Turun mesin

    BalasHapus
  9. Mau tanya bang,beat saya kejeglong lobang dijalan terus engine mounting pecah katanya hatmrys skalian turun mesin,pas ditotal habisnya 1,3,bner ga bang habisny sampe sgitu ada bberapa yg ganti ga cuama engine mounting

    BalasHapus
  10. Klo motor beat suara mesin adem.tpi kluar asap apanya om yang harus di gantii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama ni kyk motor beat esp 2017
      Saya.. awal mulanya fuel pump lemah.. saya ganti baru di dealer dan besoknya ngebul putih.. tpi suara adem .. dan knalpot lubangnya jadi hitam kyk oli tpi ga basah

      Hapus