Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, dari
postingan kemarin – kemarin kita ngomongin motor matic secara terus menerus
maka kali ini kita akan ngebahas motor yang pakai gigi. Tapi bukan gigi kawat
ya bro, melainkan gigi transmisi yang berada didalam mesin. Hal ini sering kali
terjadi bagi para pengguna motor sport / batangan yang sistem pemindah daya
mesin dilakukan secara manual, yang paling ketara saat perpindahan dari gigi 1
ke posisi Netral.
Sering kali gigi 1 dipindahkan menjadi posisi Netral
atau dengan kata lain susah netral, selalu dikeluhkan oleh para pemakai motor
batangan. Selain itu terkadang perseneling tidak bisa oper gigi, nah artikel
kali ini akan membahas hal – hal tersebut diseputaran transmisi, gear set roda
belakang dan kopling.
Motor Tidak Bisa Masuk dan Ngurangin Gigi
Motor yang susah masuk gigi biasanya terjadi pada motor
– motor yang baru turun dari dealer, kebanyakan para biker mengeluhkan motor
barunya yang susah untuk masuk gigi. Padahal jika dipikir – pikir ini motor
baru kok susah ya, saat menambah maupun menggurangi gigi. Tapi tenang bro, hal
ini lumrah terjadi karena semua komponen kopling masih baru dan belum membuat
jalur pada kanvas kopling tersebut. Sehingga kopling tidak bekerja secara
makasimal, untuk mengatasi hal ini solusinya cukup dengan menyetel jarak main
bebas kopling.
Berbeda dengan motor yang telah lama dipakai atau
mempunyai jarak tempuh kilometer yang banyak, motor yang susah masuk gigi bisa
diakibatkan karena banyak faktor. Mulai dari kanvas kopling aus, kabel kopling
berkarat, rumah kopling yang mbaret / aus, dan dudukan bearing kopling yang
lecet. Jadi penanganan untuk motor baru dan motor lama berbeda bro, kalau motor
baru bisa dilakukan stel kopling terlebih dahulu. Sedangkan motor lama
kemungkinan besar part – part kopling sudah mulai aus dan harus mengganti part
– part terkait. Apalagi kalau motor telah menunjukan lebih dari 30.000
kilometer, biasanya pada kilometer diatas 30.000 kanvas kopling mulai aus.
Penyebab Gigi Motor Loncat dan Motor Masuk Gigi Tapi Tidak Jalan
Maksud dari gigi motor disini yaitu gear set atau gear
roda belakang, bukan gear lainnya ya bro. Biasanya saat motor masuk gigi
kemudian digas motor tidak mau jalan dan terdengar bunyi kretek – kretek dari
bagian belakang. Nah itu menjadi salah satu pertanda rantai gear roda belakang
loncat atau terlepas, untuk mengatasi hal ini cara yang termudah dengan menyetel
kekencangan rantai tersebut. Tapi kalau kondisi gear roda belakang telah aus
parah maka sebaiknya ganti satu set gear dan rantai roda belakang.
Perseneling Tidak Balik Saat Masuk Gigi
Hal jarang sekali terjadi pada motor – motor bebek dan
sport, tapi ada beberapa sepeda motor yang mengalaminya. Yaitu peer / pegas
perseneling yang patah yang akibatnya membuat perseneling tidak kembali pada
posisi sebelumnya. Bahasa gampangnya jika perseneling ditekan kedepan maka dia
akan tetap didepan dan tidak kembali keposisi semula, untuk mengembalikannya
pada posisi awal harus menggerakannya secara manual. Untuk memperbaikinya pun
cukup mengganti peer / pegas perseneling, tapi permasalahannya part tersebut
cukup susah untuk ditemukan. Karena jarang sekali bengkel dan toko spare part
yang menjualnya, dan jika ada yang menjualnya itupun akan dibandrol dengan
harga yang relatif lebih mahal dari harga eceran dari pabrikan. Untuk lebih
jelasnya berikut videonya bro, tapi jangan lupa subscribe, likes, commentnya dichannel
tersebut.
Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati
pejalan kaki dan pengendara lain. Salam oprex dan salam satu asphal wor.. wor..
Komentar
Posting Komentar