Penyebab Gigi Perseneling Susah Masuk dan Susah Netral


Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, dari postingan kemarin – kemarin kita ngomongin motor matic secara terus menerus maka kali ini kita akan ngebahas motor yang pakai gigi. Tapi bukan gigi kawat ya bro, melainkan gigi transmisi yang berada didalam mesin. Hal ini sering kali terjadi bagi para pengguna motor sport / batangan yang sistem pemindah daya mesin dilakukan secara manual, yang paling ketara saat perpindahan dari gigi 1 ke posisi Netral.


susah netral



Sering kali gigi 1 dipindahkan menjadi posisi Netral atau dengan kata lain susah netral, selalu dikeluhkan oleh para pemakai motor batangan. Selain itu terkadang perseneling tidak bisa oper gigi, nah artikel kali ini akan membahas hal – hal tersebut diseputaran transmisi, gear set roda belakang dan kopling.

Motor Tidak Bisa Masuk dan Ngurangin Gigi

Motor yang susah masuk gigi biasanya terjadi pada motor – motor yang baru turun dari dealer, kebanyakan para biker mengeluhkan motor barunya yang susah untuk masuk gigi. Padahal jika dipikir – pikir ini motor baru kok susah ya, saat menambah maupun menggurangi gigi. Tapi tenang bro, hal ini lumrah terjadi karena semua komponen kopling masih baru dan belum membuat jalur pada kanvas kopling tersebut. Sehingga kopling tidak bekerja secara makasimal, untuk mengatasi hal ini solusinya cukup dengan menyetel jarak main bebas kopling.


gigi loncat



Berbeda dengan motor yang telah lama dipakai atau mempunyai jarak tempuh kilometer yang banyak, motor yang susah masuk gigi bisa diakibatkan karena banyak faktor. Mulai dari kanvas kopling aus, kabel kopling berkarat, rumah kopling yang mbaret / aus, dan dudukan bearing kopling yang lecet. Jadi penanganan untuk motor baru dan motor lama berbeda bro, kalau motor baru bisa dilakukan stel kopling terlebih dahulu. Sedangkan motor lama kemungkinan besar part – part kopling sudah mulai aus dan harus mengganti part – part terkait. Apalagi kalau motor telah menunjukan lebih dari 30.000 kilometer, biasanya pada kilometer diatas 30.000 kanvas kopling mulai aus.

Penyebab Gigi Motor Loncat dan Motor Masuk Gigi Tapi Tidak Jalan

Maksud dari gigi motor disini yaitu gear set atau gear roda belakang, bukan gear lainnya ya bro. Biasanya saat motor masuk gigi kemudian digas motor tidak mau jalan dan terdengar bunyi kretek – kretek dari bagian belakang. Nah itu menjadi salah satu pertanda rantai gear roda belakang loncat atau terlepas, untuk mengatasi hal ini cara yang termudah dengan menyetel kekencangan rantai tersebut. Tapi kalau kondisi gear roda belakang telah aus parah maka sebaiknya ganti satu set gear dan rantai roda belakang. 

Perseneling Tidak Balik Saat Masuk Gigi

Hal jarang sekali terjadi pada motor – motor bebek dan sport, tapi ada beberapa sepeda motor yang mengalaminya. Yaitu peer / pegas perseneling yang patah yang akibatnya membuat perseneling tidak kembali pada posisi sebelumnya. Bahasa gampangnya jika perseneling ditekan kedepan maka dia akan tetap didepan dan tidak kembali keposisi semula, untuk mengembalikannya pada posisi awal harus menggerakannya secara manual. Untuk memperbaikinya pun cukup mengganti peer / pegas perseneling, tapi permasalahannya part tersebut cukup susah untuk ditemukan. Karena jarang sekali bengkel dan toko spare part yang menjualnya, dan jika ada yang menjualnya itupun akan dibandrol dengan harga yang relatif lebih mahal dari harga eceran dari pabrikan. Untuk lebih jelasnya berikut videonya bro, tapi jangan lupa subscribe, likes, commentnya dichannel tersebut. 



     

Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati pejalan kaki dan pengendara lain. Salam oprex dan salam satu asphal wor.. wor..

Posting Komentar

0 Komentar