Penyebab Radiator Motor Honda Vario 125 dan 150 Bocor


Sejeworks – Honda Vario 125 – 150 menggunakan sistem pendinginan radiator atau liquid coolant, sehingga membuat motor ini membutuhkan perawatan berkala untuk menjaga sistem pendinginan. Perawatan tersebut bisa dilakukan dengan menambah coolant jika volume coolant berada pada kondisi lower dibagian reservoir. Selain itu setiap satu tahun sekali dilakukan kuras air radiator, untuk menjaga kualitas air radiator. Nah untuk mempersingkat waktu langsung saja bro... chek it dot tapi sebelumnya follow IG kami di “asphal team”.

Penyebab Radiator Vario 125 – 150 Bocor

Untuk motor dengan sistem pendingin liquid coolant atau lebih dikenal radiator, memang sering kali mengalami kebocoran air radiator. Ngga pandang bulu entah  dari merk Honda, Suzuki, Yamaha ataupun merk lainnya. Tapi untuk kali ini yang mau kita omongin motor matic dari pabrikan Honda yaitu Vario 125 – 150 yang air radiatornya bocor.


air radiator bocor



Penyebab raditor Honda Vario 125 dan 150 sangat banyak sekali, tapi secara rembesan atau kebocoran air radiator bisa dikelompokan menjadi dua yaitu rembes ke dalam mesin dan rembes diluar mesin.

Air Radiator Honda Vario Rembes Kedalam Mesin

Rembesnya air radiator kedalam mesin Vario 125 dan 150 biasanya terjadi karena paking / gasket head silinder rusak, akibatnya air radiator yang berada pada water jacket rembes keruang bakar dan ikut terbakar didalamnya. Ciri – ciri dari air radiator yang masuk kedalam ruang bakar adalah coolant sering kali habis tapi tidak ada tetesan coolant disekitar motor saat posisi diparkir. Selain itu coolant yang masuk keruang bakar akan membuat asap knalpot bau tak karuan tidak seperti bau asap knalpot seperti biasanya. 

Air Radiator Honda Vario Rembes Diluar Mesin

Maksud dari air radiator rembes diluar mesin karena coolant menetes disekitar mesin pada saat sepeda motor diparkir, penyebab rembesan coolant bisa berasal dari berbagai macam. Salah satunya berasal dari radiator yang pecah, selang radiator sobek, pompa radiator aus,thermostat yang pecah dan masih banyak lagi.

Contohnya video berikut ini, tapi sebelumnya subscribe dulu bro dan jangan lupa like, coment dan share agar channel ini bisa berkembang biak dan tetap eksis selalu membuat konten – konten otomotif terutama roda dua he....  he.....




Akibat Radiator Honda Vario Bocor

Air radiator yang bocor atau rembes akan membuat performa mesin menjadi nggak karuan, jika masih bocor sedikit dan dibiarkan saja tanpa memperbaikinya maka lama – kelamaan motor akan overheating. Dan efeknya motor akan sering mati –matian atau sering kali mogok, hal ini jika dibiarkan dalam jangka lama maka piston akan ngancing atau ceket. Dan ujung – ujungnya harus bongkar mesin untuk memperbaiki radiator, piston dan part-part lainnnya.  

Harga Service Radiator Motor Honda Vario

Masalah harga service radiator motor Honda Vario 125 dan 150 pada tiap bengkel sepeda motor akan mempunyai beberapa perbedaan dari jasa / ongkos bongkar dan harga part. 

Maka dari itu gua hanya mencantumkan harga spare partnya ya bro..
Harga Pompa Radiator Honda Vario 125 dan 150 sekitar Rp 350.000,
Harga Radiator Honda Vario 150 dan 125 yaitu Rp 350.000,
Harga Thermostat Honda Vario 150 dan 125 yaitu Rp 700.000,
Harga Air Radiator Honda Vario 150 dan 125 yaitu Rp 25.000,

Ok bro akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki dan salam satu asphal selalu..

Posting Komentar

9 Komentar

  1. kalo cuma ganti waterpump smpe brapa bro

    BalasHapus
  2. kalo cuma ganti waterpump smpe brapa bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin say mengganti nya biaya di bengkel Honda 375 ribu

      Hapus
  3. Klu air masuk ke dalam pembakaran (busi) apa penyebab nya bos ku

    BalasHapus
  4. Klo cuma ganti water pump ny aja brapa bos.?

    BalasHapus
  5. Kalau vario 150 gak pakai colant apa pnyebabnya mas, soalnya sementara saya lepas dulu. Huggernya pecah smua bawa an ori juga gada yang jual mas. Masih nabung buat beli hugger air blade soalnya mas,... Apa nanti jadinya??

    BalasHapus
  6. Kemarin abis di bongkar mesin,ganti piston ,rumah roler dll...sterusnya siap ..setengah hari di pakai lalu mesin mati tiba tiba dan setelah itu air radiator keluar meluber dari bawah mesin,lalu di bawa kembali ke bengkel tsb,kemudian dilihat dan di cek ternyata termostart pecah,lalu di lem..kemudaian siap dipakai lagi..
    Lalu begitu lagi keluar lagi air radiatornya,kemudian pindah Bengkel Honda,lalu di ganti pompa radiator dan pompa injeksi,stelah siap lalu di bawa jalan dan TDK berapa lama keluar lagi air radiatornya...
    Jadi pertanyaannya : apa penyebab air radiator keluar terus padahal sdh ganti pompa radiator Assy...apa yg harus saya perbuat lagi,dan apa masalahnya,saya jadi bingung harus dibawa kemana lagi motor Vario 125 saya...mohon pencerahannya yg komplit mas...

    BalasHapus
  7. Motor vario sayang mesin nya selalu panas banget engga kaya biasanya, habis saya korter blok std nya menjadi ukuran 61mm, terus selang radiator saya siap motor nya habis di pakai menggelembung. Itu penyebabnya apa ya

    BalasHapus