Biaya Ganti Piston dan Ciri – Ciri Piston Motor Rusak

 Sejeworks – Salam oprek, piston adalah jantung bagi mesin sepeda motor, kerusakan pada piston akan sangat mempengaruhi performa mesin sepeda motor. Mulai dari tenaga mesin yang ngedrop, susah langsam atau stasioner, motor ngebul putih, suara mesin kasar dan masih banyak lagi bro. Piston sendiri terdiri dari beberapa part / komponen yaitu piston, ring piston dan pen piston, sedangkan ring piston terdiri dari 2 ring kompresi dan 3 ring oli mesin. Ring kompresi diantaranya yaitu ring kompresi 1 dan ring kompresi 2, sementara ring oli terdiri dari 2 ring siderail dan 1 expander. Pemasangan yang salah pada ring piston akan mempengaruhi umur pemakaian piston tersebut, jadi part ini harus benar – benar presisi pemasangannya.

Ciri – Ciri Suara Ring Piston Aus dan Suara Piston Oblak

Apakah ring piston yang aus menimbulkan suara ? jawabnya tergantung bro, iya tergantung yang rusak ring piston doang atau ada part lainnya. Kalau yang rusak ring piston doang biasanya tidak menimbulkan suara, tapi akan membuat knalpot ngebul putih. Ring piston yang rusak atau aus dan kebetulan boring cylinder dengan piston tidak luka atau baret, bisa dilakukan penggantian ring piston saja. Tapi hal ini ya untung - untungan bro, terkadang beres kadang juga motor tetap ngebul. Penyebab ring piston aus karena faktor usia pemakaian bro, ring piston tidak mau mekar didalam ruang cylinder.



efek bongkar mesin




Berbeda dengan piston yang aus atau oblak, biasanya akan menimbulkan suara ngekor atau tok... tok... saat motor lepas gas. Saat posisi tarik gas suara motor akan kasar seperti suara stang seher yang aus tapi saat lepas gas ada suara ngekor tok ...  sekali dan suara ini cukup sulit untuk diteksinya jika masih gejala piston aus. Tapi kalau piston sudah mbaret / rusak cukup parah, akan berbunyi secara jelas. Karena kalau masih gejala piston rusak biasanya akan dimulai dengan suara kasar tapi motor tidak ngebul putih. Dan saat dibongkar mesinnya, keadaan piston biasanya akan terlihat mulus belum ada luka mbaret.


Penyebab Piston Pecah dan Piston Baret

Penyebab piston pecah ada banyak sekali bro, tapi kita akan ngomongin dari yang paling ringan dulu ya bro. Piston baret penyebabnya ada banyak sekali mulai dari kehabisan oli mesin, umur pemakaian motor dan pakai oli palsu. Pada intinya supaya umur piston bisa bertahan lama lakukan penggantian oli mesin secara rutin setiap 2000 km atau 2 bulan. Nah untuk piston pecah penyebabnya lebih ekstream lagi bro, mulai dari keteng loncat karena lifter tensioner aus, stelan klep sangat rapet tanpa celah, kompresi terlalu padat bisa karena kerak karbon atau sengaja diseting sangat padat.   

Bahaya Seher Rusak

Seher rusak yang gua maksud disini baret alias aus dan oblak ya bro, kalau piston pecah motor ngga mungkin bisa dihidupkan soalnya. Piston baret jika dibiarkan lama maka akan membuat oli mesin cepat habis, karena oli mesin akan ikut terbakar diruang bakar dan jika dibiarkan secara terus menerus maka akan merembet ke komponen lain seperti setang seher, noken as, rocker arm dll. 
     

Efek Ganti Seher Motor

Ganti seher apakah ada efeknya ? jelas ada bro, motor yang tadinya ngebul putih jadi tidak ngebul, motor yang tadinya suka mogok loss kompresi jadi kompresinya padat, motor yang suaranya kasar jadi adem lagi. Tapi itu semua kalau pemasangannya dan bongkar pasangannya tidak ada masalah, terkadang saat bongkar mesin akan menemui banyak kendala bro. Mulai dari korteran yang miring, korteran yang terlalu seret, salah pasang posisi piston In - Ex, salah pasang ring piston dan masaih banyak lagi.


Ciri – Ciri Motor Kena Seher

Suara mesin kasar

Suara mesin kasar yang terletak dimesin tengah menjadi ciri utamanya, pada saat tarik gas suara mesin kasar tek... tek.....  keras tidaknya suara tergantung tarikan gas. Dan saat lepas gas ada suara tambahan tapi terjadi hanya sekali dan dengan waktu yang sangat cepat ce... tok ....tok . Nah ini berarti piston oblak atau menganyun alias mbaling, untuk mendeteksi hal ini lumayan susah bro... Syarat utamanya pendengaran lo harus tajam, kayak kucing minimal lah... he... he... dan harus terbiasa dengan engine sound (suara mesin).  

Knalpot Ngebul Putih

Cara yang paling gampang untuk mendeteksi seher kena atau aus bisa dilihat dari knalpot yang ngebul putih. Selain itu busi juga akan hitam basah oli mesin, pada bagian ujung knalpot jika dicolek pakai tangan akan terdapat bekas oli yang bercampur dengan debu hitam asap knalpot. Penyebab knalpot ngebul putih karena oli mesin naik ke ruang bakar, padahal seharusnya ruang bakar hanya berisi campuran bahan bakar dan udara yang dipadatkan / kompresi oleh piston sebelum dibakar oleh busi menjadi sumber tenaga mesin.

Oli Cepat Habis atau Menguap

Oli mesin yang cepat habis ini disebabkan karena oli mesin ikut terbakar diruang bakar, yang seharusnya oli mesin hanya melumasi dan berada disekitar transmisi, poros engkol, keteng, klep dan noken as. Masuknya oli mesin keruang bakar karena piston aus atau mbaret sehingga cilinder bore juga ikut mbaret, selain itu terkada oli mesin masuk melalui klep jika sil klep rusak atau kondisi klep mbaret.


penyabab bongkar mesin





Biaya Ganti Piston

Untuk mengganti piston pada sepeda motor setidaknya ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti korter, skir klep, ganti paking top dan ganti piston set. Itu semua hal umum yang dilakukan, ada beberapa hal yang tidak umum dilakukan seperti tidak mengganti piston dan mengkorter boringan hanya mengganti ring pistonnya saja. Atau malah ganti piston dan ring piston tapi tidak mengkorter dan ditambah lagi tetep memakai paking lama hanya memberi lem three bond saja.

Untuk hasil pengerjaanya bagaimana bro ? nah itu tergantung juga bro, karena itu untung – untungan saja. Kalau lagi beruntung ya beres tapi kalau lagi apes ya siap – siap bongkar lagi, tapi saran gua setidaknya paking harus ganti baru untuk mengantisipasi oli mesin rembes. Apalagi motor yang memakai radiator, pakaing head cylinder kalau tidak diganti biasanya akan mengakibatkan air radiator masuk keruang bakar atau malah air radiator tidak berotasi secara maksimal.

Nah berikut estimasi penggantian piston untuk motor dengan cc dibawah 150 dan tidak mengganti cylinder bore:
Piston                              Rp 120.000,
Korter                              Rp 50.000,
Bongkar Mesin Atas           Rp 250.000,

Paking Top Set                 Rp 60.000,   


Nah bro.. biar ada gambaran dikit , tonton video ini, tapi jangan lupa subscribe ya bro... bantu gua supaya channel ini bisa berkembang dan bisa bertahan dari asing aseng dan asong he... he...




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex salam satu asphal dan salam – salaman.

Posting Komentar

2 Komentar