Harga Busi Motor dan Cara Mengganti Serta Membersihkan Busi PCX 150 Lokal yang Keras


Sejeworks – Selamat datang para bikers semua diblog otomotif yang mengkhususkan pada para pecinta otomotif roda dua, terutama para oprexers – oprexers yang senantiasa ngga mau diam he... he..  Ya memang blog ini gua siapin dan curahkan semuanya buat para pecinta roda dua yang suka bongkar sendiri kuda besi tunggangannya. Untuk postingan kali ini kita akan fokus ngomongin tentang busi Honda PCX 150 lokal yang dikenalkan pada tahun 2018, tapi buat Honda PCX 150 lama juga bisa diterapkan bro.. Biar ngga banyak omong langsung saja check it dot bro..

Harga Busi Motor PCX 150

Untuk jenis busi yang dipakai Honda PCX 150 lokal maupun PCX 150 CBU Vietnam bisa saling substitusi satu sama lain bro, bisa memakai busi pabrikan NGK dengan kode CPR9EA – 9 atau memakai pabrikan Denso U27EPR – 9. Ingat kedua busi ini memang busi standar dari motor PCX 1500, tapi busi CPR9EA-9 maupun busi U27EPR-9, merupakan busi dingin sesuai dengan heat range (kode panas busi). Busi tersebut biasa dihargai Rp 25.000, dibengkel resmi Honda,


harga busi motor



Ada juga busi dengan kode MR9C-9N, busi merupakan busi bawaan motor Honda PCX 150 lokal dari pabrikan. Yang membedakan dengan busi – busi diatas adalah busi diatas dijual dipasaran dan dipakai pada motor – motor injeksi Honda lainnya, sedangkan pada busi MR9C-9N digunakan sebagai busi bawaan motor untuk tipe matic terbaru dari Honda dan tidak dijual dipasaran.Kabar yang gua dengar, kode busi MR9C-9N adalah kode busi permintaan khusus dari AHM selaku ATPM (agen tunggal pemegang merk) Honda di Indonesia kepada NGK sebagai pengganti busi NGK CPR9EA-9.

Cara Membuka Busi Tanpa Kunci

Untuk mengganti / membuka busi pasti memakai kunci, bisa pakai kunci busi biasa (bawaan motor), kunci busi fleksibel atau kunci ring 16 mm. Kunci busi fleksibel bisa dilihat pada foto diatas bro, harganya biasanya sekitar Rp 30.000, ditoko – toko otomotif. Sedangkan kunci ring 16 mm bisa digunakan pada motor bebek saja, karena posisi busi yang letaknya gampang dijangkau kunci ring ini. Contohnya seperti Honda Supra 100, Shogun 110 dan motor bebek lainnya.

Nah kalau membuka busi tanpa kunci apakah bisa ? jawabnya susah bro, karena torsi kekencangan busi sekitar 10 newton dan ngga mungkin dibuka memakai tangan bro. Mau ngga mau memakai kunci – kunci yang gua sebutkan diatas bro, untuk mempermudah pengerjaan.

Cara Membuka Busi yang Keras

Untuk membuka busi yang keras usahakan posisi motor dalam kondisi dingin untuk mengurangi terjadinya slek pada ulir lubang busi, dan usahakan posisi kunci sejajar / lurus dengan busi. Semprot RD/ WD agar mempermudah pelepasan busi dan gunakan kunci busi yang dalam kondisi baik.

Cara Membuka Busi Honda PCX 150 Lokal

Langkah pertama siapkan dahulu busi CPR9EA -9 atau U27EPR 9 dan kunci busi fleksibel, obeng plus, obeng min dan stelan angin. Posisi busi Honda PCX dekat dengan pijakan kaki sebelah kiri dan didepan CVT motor Honda PCX 150.

Buka karpet pijakan kaki, kemudian copot baud kembang dengan obeng plus.

Congkel cover penutup lubang busi dengan obeng min, maka akan terlihat cop busi / cangklong busi dan tarik cop busi agar posisi busi bisa terlihat dengan jelas.

Pasang kunci busi pada busi kemudian putar kearah kiri untuk mengendorkan busi.

Setelah busi copot dan ganti dengan busi terbaru, pasang busi baru dengan cara ulir pakai tangan sampai mentok tujuannya supaya ulir busi tidak slek / dol.

Langkah selanjutnya kencangkan busi dengan menggunakan kunci busi dengan torsi sekitar 10 newton.

Pasang kembali cover dan carpet pada posisi semula, dan nyalakan motor untuk mengetes hasil pekerjaan.

Untuk lebih jelasnya simak video berikut ini ya bro sampai kelar dan jangan lupa subscribe ya bro..




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki , salam oprex dan salam satu aphal.

Posting Komentar

0 Komentar