Penyebab Brebet Pada Honda Sonic 150, Supra GTR, CB150R New dan CBR150R New

Sejeworks -  Selamat datang kembali di blog otomotif yang khusus membahas tentang sepeda motor, mulai dari permasalahan yang sering terjadi pada sepeda motor. Sampai update produk – produk terbaru dan perkembangan teknologi dari para pabrikan sepeda motor. Kali ini kita akan fokus ngomongin brebet atau biasa disebut ngempos pada motor Honda CB150R New, CBR150R New dan Honda Sonic 150.


motor injeksi brebet



Tapi sebelum kita ngomong lebih jauh lagi gua minta bantuan lo – lo pada untuk subscribe channel gua yaitu “ sendaljepit “ dan jangan lupa follow ig nya di “ asphal team ” supaya blog ini bisa update terus dan bisa bertahan menghadapi gempuran para asing, aseng dan asong he... he.. kalau lo pake CB150R new dan CBR150R new bisa pakai cara ini seutuhnya untuk mengatasi brebet pada motor lo, tapi untuk Sonic dan GTR mau dipakai semuanya juga ngga apa – apa bro. Pasti lo bertanya kenapa 4 motor tersebut gua kelompokan menjadi 2, karena pada CBR dan CB tangki bahan bakarnya ada dibagian luar. Sedangkan pada motor Sonic dan GTR tangki bahan bakarnya ada dibawah jok sehingga kemungkinan besar air hujan tidak masuk kedalam tangki tersebut. Untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot bro..

6 Penyebab Motor CB150R new, CBR150R new, Sonic 150 dan Supra GTR 150

Busi

Hati – hati saat memilih busi apalagi untuk motor – motor injeksi, memang jika asal pasang busi tanpa memperhatikan kode panas busi, ulir panjang atau pendek. Motor tersebut masih bisa hidup tapi bro akan ada dampaknya jika 2 kesalahan diatas terjadi yaitu motor akan brebet sering mogok dan power motor akan berbeda. Untuk motor – motor injeksi Honda harus memakai busi dingin seperti CPR9EA-9 pabrikan NGK atau U27EPR -9, nah kalau mau pakai busi racing gimana ? tetep pakai busi dingin upgrade dari busi standart diatas. Untuk artikel ini pernah gua tulis jadi ubek – ubek aja blog gua bro judulnya busi racing motor Honda kalau ngga salah he...

Cop Busi

Cop busi dan kadang disebut cangklong busi pada motor CBR150R new dan CB150R new dan Sonic sering kali terdapat jamur / karat hijau yang menempel diantara koil dan ulir busi. Akibatnya cop busi dan koil tidak terpasang secara kuat, efek yang berasa kalau karat masih sedikit biasanya motor akan brebet di rpm menengah. Dan jika cop busi sudah parah maka efeknya motor akan sering mogok, biasanya motor yang mengalami hal ini motor yang telah menginjak kilometer diatas 10.000 atau sekitar 1 tahun. Untuk harga cop busi sendiri berkisar diantara 150.000 – 200.000, lebih murah dari harga cop busi CB150R keluaran pertama.


cb150r new brebet



Bensin Campur Air

Ini khusus untuk CB150R new dan CBR150R new, karena kedua motor ini tangki bensin berada diluar dan gampang sekali air masuk kedalam tangki tersebut. Penyebabnya bisa air hujan atau air cuci steam yang ditodong langsung ke tangki bensin, solusinya adalah dengan melakukan kuras tangki bensin setiap setahun sekali. Jika air yang bercampur bensin dibiarkan tanpa dilakukan kuras tangki bahan bakar, selain akan membuat motor brebet juga akan membuat fuel pump gampang rusak dan tangki bensin bolong karena karat.

Fuel Pump Lemah

Pompa bahan bakar yang mendengung bukan berati part tersebut tidak ada masalah, fuel pump yang lemah akan tetap mendengung saat motor dihidupkan cuman bahan bakar yang disemprotkan ke selang bahan bakar tidak stabil. Sehingga akan membuat motor brebet terasa nahan seperti bahan bakar habis, cara yang benar untuk menentukan apakah pompa bahan bakar bekerja sacara maksimal dengan menggunakan alat ukur berupa presure guage. Jika menggunakan presure guage akan ketahuan berapa tekanan pompa bensin tersebut, fuel pump yang bekerja dengan maksimal akan mencapai angka sekitar 270 -300 kpa. Tapi fuel pump yang mulai rusak bisanya kan mendapatkan tekanan dibawah 270  – 200 kpa atau bahkan dibawah 100 kpa.

Injector dan Throttle Body

Injector yang mampet akan menjadi penyebab motor brebet, penyebabnya bisa dari air, karat dan part asing yang masuk kedalam tangki bahan bakar. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya lakukan pembersihan injesktor setidaknya 1 tahun sekali, agar kotoran yang menghambat dilubang injector hancur terkena injector cleaner. Tapi kalau injector sudah rusak dan mempet mau ngga mau harus menggantinya dengan injector baru, selain itu throttle body yang rusak juga bisa menjadi penyebab motor injeksi brebet.
Kenapa throttle body gua gabungin sekalian disini karena kedua part ini saling berkaitan langsung dan kadang kala dijual sepaket bro he... memang ada yang dijual terpisah.

Timing Tidak Pas

Untuk yang satu ini bisanya motor baru ganti keteng atau bongkar mesin dan motor tersebut menjadi brebet, nah... kemungkinan besarnya berasal dari pemasangan sentrik pada noken as tidak pas. Atau bisa dikatakan noken as geser, akibat yang paling ringan motor menjadi brebet dan kadang susah dihidupkan. Efek parahnya klep motor bengkok karena piston bertabrakan dengan klep.

Sebenarnya masih banyak lagi penyebab motor injeksi brebet bro, seperti kurang masa pada kebel body dll. Nah biar ada gambaran sedikit berikut videonya bro, tapi jangan lupa subscribe ya bro.


Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, rajin menabung jangan begadang dan salam satu asphal. 

Posting Komentar

12 Komentar

  1. Saya pakai all new cb150r gan pada saat kecepatan 120an dia langsung brebet itu kenapa yah . Dia langsung ngayun kecepatanny gan . Bantu solusinh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bang punya gw jga di atas 120 btebet

      Hapus
    2. Hmm kejadian hampir sama kayak saya om,tp aku langsung Bawak ke daeler Ahass untuk cek fullpum Ama injektor untuk bersihkan, rupanya bensinnya kecampur Ama air sama kotoran

      Hapus
    3. Di karnakan limiter ECU nya kalo mau di naikin limiter nya bisa d bawa ke bngkel terdkat yg udah komplit buat maping ECU std

      Hapus
  2. Izin saran nya om
    Sya di rpm 20-35 brebet itu apanya ya

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Gan minta sarannya,saya kemarin ganti busi sama kuras air radiator terus 2 hari nya saya gak pake motor nya pas sekarang di pake brebet?

    BalasHapus
  5. mohon bantuanya mas...motor honda sonic 150 timing sudah pas pump bengsin bagus sensor tps juga bagus enak kalo di gasss di limitd di temoat tapi klo buat jalan top speed/gass mentok itu brebet² mas... mohon bimbingannya salam dari wamena papua🙏🙏

    BalasHapus
  6. Punteun bos minta solusi-nya kalo motor saya cb150r,kalo lg berhenti smpe jalan jg suka ngeberebet smpe gak ada langsam-nya mati trs pdhl busi udh di ganti sama yg baru tp te2p aja kaya gitu & punteun minta solusi-nya y bos 🙏🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba TPS nya skrng udah ada TPS red murah meriah

      Hapus
  7. Kondisi sama dg yg saya rasakan di All new Cbr 150r saya,, setelah di uprek bersama dg bengkel ahass,,, koil ok, busi cop busi ok, injector ok,,, ternyata di Rotak dinamo fuel pump lemah,,, memang bunyi tapi ya tenaga ga bisa loss,, nahan,, setelah di ganti,, masalah clear.

    BalasHapus
  8. Motor CB150R new saya kok brebet ya mas,kemarin pakai Pertamax turbo ga kenapa² setelah pakai pertalit kok hasil nya jadi begini,mohon bantuannya mass

    BalasHapus