Cara Bongkar Mesin serta Skir Klep Honda Supra Fit dan Honda Grand


 Salam oprex dan salam satu asphal, Honda Supra 100, Supra Fit, Honda Grand, Legenda, Prima pokoknya yang mesinnya mempunyai kode C series ini sekilas serupa tapi tidak sama bro. Merupakan motor bebek andalan Honda pada jamannya, tapi seiring berjalannya waktu motor ini sering kali minta jajan dari mulai sistem kelistrikan dan mesin. Nah untuk kali ini kita akan ngomongin bongkar mesin motor Supra 100, Supra Fit, Honda Grand, Impresa, Legenda dan lain sebagainya. Biar ngga banyak muter – muter langsung saja check it dot ya bro..

Kenapa Perlu Bongkar Mesin

Penyebab bongkar mesin ada banyak sekali bro, mulai dari motor ngebul, suara mesin kasar, oli mesin bocor, crank case pecah, ulir crank case slek dan masih banyak lagi. Tapi kita akan ngomongin semuanya dengan tempo secepat – cepatnya bro, kebanyakan bongkar mesin pada motor “C series” disebabkan karena piston yang mbaret sehingga cilinder comp ikut mbaret dan motor jadi ngebul putih.


skir klep



Untuk pembongkarannya pun beragam ya bro sesuai dengan kerusakannya, maksudnya kalau mau ganti keteng pasti bongkar mesin sebelah kiri dan tutup sentrik. Sedangkan jika mau ganti atau memperbaiki kanvas kopling maka yang dibongkar bagian mesin sebelah kanan. Nah kalau mau ganti piston maka harus bongkar mesin atas dan dilakukan korter untuk memperbesar diameter silinder piston. Beda halnya jika mau mengganti stang seher atau crank shaft alias kruk as, harus melakukan bongkar mesin total.

Cara Bongkar Klep dan Piston Motor Honda Supra Fit

Untuk mengganti piston dan skir klep motor supra 100 dibutuhkan beberapa kunci diantaranya kunci ring 10 – 12, ring 14 -17, pas 10, T8,T10 dan T12.

Langkah pertama copot knalpot dan manifold karburator, kalau motornya masih original bawaan pabrik maka baud knalpot memakai ring 10 dan ring 12. Kalau knalpot susah dicopot maka bongkar footstep (pijakan kaki) dan jangn lupa kendorkan rem belakang.
Setalah itu lepas manifold karburator (gulu banyak / leheran karbu) dengan memakai kunci ring 8 – 10.

Lepas baud ring 14 tensioner / sulingan dibagian bawah mesin, agar keteng tidak terlalu tertekan.

Kemudian lepas tutup sentrik caranya dengan melepas baud 10 mm panjang yang posisinya dekat dengan busi. Setelah tutup sentrik terlepas maka akan kelihatan posisi gear sentrik dan keteng motor.

Lepas gear sentrik dengan mamakai T8, cuman cara lepasnya dengan menggedor atau mengketrik kunci T8. Kalau tak tahu caranya bisa bongkar magnet dan ganjel maggnet dengan baud supaya tidak berputar saat baud pengunci sentrik di kendorkan.

Jika langkah diatas sudah selesai maka proses selanjutnya dengan melepas head silinder, caranya dengan melepas 4 mur 12 mm (baud tusuk sate) yang berada didepan silinder. 

Saat melepas mur tersebut perhatikan posisi ring tembaganya, karena dari ke 4 ring yang berada dibelakang mur ada 1 ring tembaga dan 3 ring almanium.

Untuk pengerjaan skir klep cukup sampai sini yang dibongkar bro tapi kalu niat lo mau ganti piston atau cuman ganti ring piston dooang harus sampai dengan langkah dibawah ini.

Setelah itu bisa lepas baud 10 mm yang terletak dekat dengan sentrik, maka head silinder sudah bisa dilepas. Caranya bisa dipukul pakai palu karet jika head silinder agak susah dilepas, tapi perlu diingat yang dipukul itu bagian luar mesin bukan bagian dalam atau malah jalur oli karena sering kejadian silider bengkok.

Langkah berikutnya lepas baud pengunci roll keteng yang berada dibagian tengah silinder dan baud 10 yang berada disebelah samping blok magnet. Jika kedua baud tersebut sudah terlepas maka silinder bore bisa ditarik keluar.

Selanjutnya tinggal ganti piston, hati – hati saat melepas piston dari stang seher karena kadang clip pengunci bisa masuk ke bagian dalam mesin (transmisi). Usahakan tutup lubang piston dengan kain lap / majun.

Sampai disini balik lagi ke lo sindiri tujuan bongkar mesin atas mau apa bro ? ganti ring seher doang ? ganti piston dan ring seher atau ganti piston set dan korter.

Langkah selanjutnya bersihkan paking / gasket dari setiap silinder bore, head silinder dan jangan gunakan paking bekas kemudian dikasih lem ya bro. Karena biasanya akan membuat oli mesin menjadi rembes dan tidak rapi dalam pengerjaan.

Soalnya harga paking / gasket Top set hanya Rp 50.000 yang isinya mulai dari dari sil klep, paking head silinder, paking silinder, paking tutup klep dan sil o ring lainnya.

Langkah Pasang Mesin Honda Supra Fit dan Grand

Jika semua part atau komponen sudah dibersihkan maka langkah selanjutnya adalah memasang piston dan ring piston, saat memasang piston posisi In harus pada Intake atau lubang bahan bakar.

Sementara untuk posisi ring psiton harus mempunyai 120 derajat pada masing – masing sudut, dan bedakan antara ring kompresi satu, ring kompresi dua dan ring oli mesin.

Setelah piston kit terpasang pada stang seher maka pasang gasket dan pin dowel, pin dowel ini berbentuk tabung (mirip pipa kecil). Pin dowel harus terpasang ya bro dan jangn anggap remeh, karena kalau pin dowel tidak terpasang maka biasanya akan membuat blok cilinder mlintir dan tidak presisi.

Pasang blok cilinder dan masukan piston ke dalam cilinder bore dan keteng ke blok cilinder, tapi sebelumnya oleskan oli mesin pada permukan cilinder bore dan piston.
Kemudian pasang roll dibagian dalam keteng dan pasang pin dowel serta paking head silinder.

Jangan lupa pasang baud 10 mm yang menghubungkan antara blok silinder dengan crank case.

Sebelum melakukan langkah ini, usahakan piston dalam posisi Top atau terletak dibagian atas agar mudah untuk mencari posisi Top kompresi.

Pasang head silinder yang sudah diskir dan sil klep sudah diganti ya bro, agar tidak bocor kompresi sehingga pengerjaan ini tidak sia – sia bro.

Kemudian pasang mur 12 mm beserta ringnya dan jangan lupa pasang terlebih dahulu mur 10 mm untuk menghubungkan antara head silinder dengan blok silinder.

Setelah itu pasang keteng ke gear sentrik, dengan catatan cari titik netral dimana noken as dalam keadaan longgar tidak seret. Longgarnya noken as berarti posisi noken as tidak menonjok rocker arm (sepatu piano),   

Langkah berikutnya pasang baud 8 mm untuk mengencangkan posisi sentrik dan pasang kembali tutup sentrik, knalpot, manifold dan part – part lainnya.

Cek hasil pengerjaan dengan mumtar magnet atau mengengkol, kalau pengerjaan pas maka klep tidak membentur piston dan posisi timing pengapian pas.

Untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini sampai selasai ya bro dan jangn lupa subscribe dan tekan tombol lonceng agar, saat gua update lo ngga pernah ketinggalan.






Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki salam oprek dan salam wak.. waw..

Posting Komentar

0 Komentar