Cara Bongkar Serta Harga Kanvas Rem Honda Vario 125 dan Vario 150

Sejeworks – Salam Oprex, untuk kali ini gua akan fokus ngomongin kanvas rem  depan dam kanvas rem belakang pada semua jenis Honda Vario. Sebab Honda Vario yang sejak tahun 2006 sampai sekarang 2019 mempunyai banyak sekali jenisnya dari mulai cc 110, 125 dan 150. Karena kita mau fokus ngomongin kanvas rem Honda Vario yang mempunyai 2 jenis kaliper rem yaitu Nissin dan Tokico sebagai piranti pengereman andalannya. Untuk mempersingkat waktu langsung saja check it dot bro, jangan lupa tonton video dibawah ini dan subscribe channel nya ya bro... ya itung – itung lo bantuin gua supaya channel ini bisa berkembang dan terus aksis.

harga kanvas rem vario


Caliper rem Nissin mulai dipakai dari Honda Vario 110 CW karburator keluaran yang pertama, dengan ciri memakai double piston caliper menggunakan kode 06455KVB401 yang bisa juga dipakai pada Honda PCX 150 ABS Lokal. Setelah itu ada caliper rem Nissin dengan piston tunggal yang mempunyai kode 06455KVBT01. Untuk kanvas rem ini bisa dipakai pada Vario 110 Techno karburator, kemudian Vario 125 esp dan Vario 110 FI LED. Ngga cuma disitu sekitar tahun 2016 pihak AHM mengeluarakan Vario 150 LED, Vario 125 LED dan Vario 110 esp LED yang masih memakai caliper rem depan Nissin dengan piston tunggal.

Sedangkan untuk Honda Honda Vario 125 dan Honda Vario 150 keyles atau remote system memakai caliper rem Tokico. Memang nama Tokico terdengar asing diteilnga tapi bagi para pemakai moge (motor gede), Tokico identik dengan sistem pengereman yang dipakai oleh banyak pabrikan jepang. Dan kayaknya akan mulai meramaikan sistem pengereman pada motor – motor bervolume cilinder kecil yang dimulai dari Honda Vario 125 dan Vario 150 remote sistem,kemudian Honda Genio dan mungkin akan bertambah lagi.

Harga Kanvas Rem Depan Honda Vario 125 dan Vario 150

Kanvas rem depan Honda Vario pabrikan Nissin (chemco) dibandrol dengan harga sekitar Rp 65.000, untuk kode part 06455KVB401 dan 06455KVBT01. Sementara untk kanvas rem depan Honda Vario 150 dan 125 remote system dihargai sekitar Rp 80.000, belum ongkos pasang ya bro. Jika dibawah harga tersebut bisanya kanvas rem kw dan merk aftermarket lainnya yang dipasaran ada banyak sekali.

Harga Kanvas Rem Belakang Honda Vario 125 dan Vario 150

Sedangkan untuk kanvas rem belakang Honda Vario karbu sampai Vario 150 remote yang terbaru masih menggunakan tromol dan masih dipercayakan pada Nissin sebagai penyuplai utama. Harga kanvas rem ini dipasaran sekitar Rp 60.000 belum termasuk ongkos pasang, sedangkan kode part yang dipakai adalah 43130KZL930.

Cara Bongkar Pasang Kanvas Rem Depan Honda Vario 125 dan Vario 150

Cara bongkar pasang kanvas rem depan Honda Vario 125 dan 150 sebenarnya hampir sama dengan kanvas rem Honda lainnya, yang membedakannya biasanya bentuk dari kanvas rem tersebut. Tapi sebelum kita mulai membongkar pasang kanvas rem depan Vario 125 dan 150 ini sebaiknya siapkan peralatan mulai dari L bintang 6, kunci T8, Tang biasa, Tang sirklip, dan kain lap.
Langkah pertama copot terlabih dahulu stopper kanvas rem dengan memakai  kunci T8, kemudian lepas baud L bintang dan tarik kaliper kebelakang agar kanvas rem jatuh.
Setelah itu copot braket kaliper caranya dengan menarik kesisi luar / sisi kanan dari kaliper rem.
Pompa atau tekan handel rem agar piston rem agak posisi keluar, kemudian putar piston dengan menggunakan tang. Saat menjepit piston, posisi tang jangn terlalu dalam dari piston kaliper. Kemudian bersihkan piston kaliper dengan menggunakan majun atau kain lap.
Langkah selanjutnya tekan piston ke posisi dalam kaliper rem dengan mengunakan tang sirklip.
Selanjutnya amplas breket kaliper dan beri grease sebagai pelumasan dari braket kaliper.
Setelah itu pasang breket caliper dan kanvas rem depan, usahakan posisi kanvas rem barada pada masing – masing tepi caliper rem karena bagian tengah untuk posisi piringan cakram.
Saat pemasangan kanvas rem usahakan kanvas rem sedikit ditekan agar spring pad / seng rem depan berada dalam posisinya dan pasang stoper (baud 8 pengunci rem).
Kemudian pasang kembali caliper rem ke buttom shock dan jangan lupa pasang baud L bintang dengan kencang.
Biar lebih jelas dibawah ini videonya bro, tapi jangan lupa tinggal jejak di kolom komen.





Akhir kata dari gua, salam wakwaw dan salam satu asphal selalu dan jangn lupa keep riding tidak oragan. 

Posting Komentar

0 Komentar