Jalur Kelistrikan Suzuki Shogun 110 dari Kiprok, Pulser dan Spul


 Sejeworks - Salam oprex dan salam satu asphal, balik lagi ke blog otomotif roda dua yang paling keren ini versi emak gua he.. he... kali ini kita akan ngomongin masalah kelistrikan motor Suzuki Shogun 110 R, motor yang pernah berjaya diawal tahun 2000 an ini menjadi andalan bagi pabrikan berlambang “S” yang bermarkas didaerah tambun, bekasi Jawa Barat. Motor bebek sporty yang mampu memikat para muda – mudi pada jamannya ini dan ternyata motor ini masih bisa diandalkan oleh para bikers untuk kegiatan sehari – hari.
Shogun 110 menurut gua sendiri merupakan motor yang bandel untuk kepentingan apapun, contohnya ngojek (seperti mas pur dalam serial tv ojek pengkolan), nongkrong, berangkat kerja, jualan pakai gerobak dan masih banyak lagi he...   he.... tapi namanya juga  sepeda motor pasti seiring bertambahnya umur akan banyak  mengalami kendala, diantaranya  dibagian mesin yang ngebul, kelistrikan yang bermasalah seperti sistem pengisian, sistem penerangan dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa subscribe channel ini agar selalu update dan bisa bertahan dari kucek – kucek jemur – jemur  lainnya.

Jalur kiprok Suzuki Shogun 110 R


Untuk kelistrikan motor Shogun 110 menganut pengapian DC dan pengisian AC, jadi pada intinya  motor ini untuk bagian pengapian dari busi mengandalkan accu / aki sebagai sumber tenaganya. Sementara bagian penerangan lampu dan pengisian accu mengandalkan arus dari spul penerangan dan spul pengisian. Masalah yang sering terjadi untuk motor Shogun 110 R yaitu sistem pengisian yang bermasalah, sehingga accu sering tekor atau ngedrop padahal belum lama melakukan penggantian aki. Penyebabnya salah satunya bisa berasal dari kiprok yang rusak, cara untuk mengecek kerusakan pada kiprok pernah gua bikin, jadi cari sendiri aja ya bro diblog ini.

Warna Jalur Kiprok Suzuki Shogun 110 R
Warna merah menuju ke accu positif dan kunci kontak.
Warna hitam / putih berasal dari massa sasis (body kerangka).
Warna kuning berasal dari spul penerangan dan menuju lampu depan.
Warna putih / merah berasal dari spul pengisian.


kiprok suzuki



Harga Kiprok Suzuki Shogun 110 R
Untuk harga kiprok asli atau original Suzuki Shogun 110 R sendiri sekitar Rp 150.000, tapi tergantung juga bengkel yang menjualnya. Dan saran gua gunakan kiprok asli bukan aftermarket dan asli abal – abal lainnya, nah kalau susah mendapatkannya pakai kiprok motor merk tetangga bisa Yamaha dan Honda. Untuk kiprok Yamaha bisa memakai punya Jupiter Z karbu, Mio Sporty karbu, sementara kalaun pakai kiprok Honda bisa mengunakan Beat karbu, Vario karbu, Blade 110 karbu, Revo Absolute 110  karbu. Tapi jangan pernah  pakai kiprok Honda Supra 100, Grand, Legenda dan teman-temennya, karena jalur kiprok ini berbeda dengan kiprok Shogun 110 R. Walaupun bisa diakalin dengan mengganti jalur posisi kiprok, tapi saran gua jangan nekat sebab basicnya Honda Supra 100 menganut kelistrikan pengapian AC dan pengisian AC.     

spul suzuki shogun 110



Warna Spul Suzuki Shogun 110 R

Spul shogun 110 R merupakan spul tipe basah jadi spul ini terendam oleh oli mesin, dan jika mau mengganti spul magnet perhatikan baik – baik keadaan paking / gasketnya. Karena kalau packing magnet magnetnya sobek, maka oli mesin akan rembes. Pada spul magnet Suzuki Shogun 110 R terdapat 3 kabel yang mempunyai fungsi yang berbeda –beda diantaranya.

Warna biru / kuning sebagai pulser Shogun 110 R.
Warna kuning sebagai sumber penerangan lampu utama.
Warna putih / merah sebagai sumber pengisian aki / accu.

Warna Jalur kabel CDI Shogun 110 R

CDI Suzuki Shogun 110 banyak sekali peminatnya sebab CDI ini jenis unlimiter (batas limit pengapian yang tinggi), ya bisa dikatakann CDI standar pabrikan rasa CDI racing. Dan CDI ini bisa plug and play (copot pasang) dengan CDI Honda Megapro 160 / Megapro Primus, tanpa melakukan perubahn sedikitpun. Biar lebih jelasnya berikut warna kabel CDI Suzuki Shogun 110 R, langsung saja check it dot bro.  

Orange berasal dari Kuncu kontak.
Putih / Hitam berasal dari massa (-) body / sasis.
Biru / kuning berasal dari pulser.
Putih / biru berasal dari koil.


cdi shogun


Ukuran Aki Motor Suzuki Shogun 110 R

Sementara untuk penggunaan aki memakai jenis aki basah dengan kriteria 12 volt 3,5 ampere / hour, tapi saran gua gunakan aki jenis MF (maintenance free) atau biasa dikatakan oleh para biker aki kering. Supaya minim perawatan dan tidak menimbulkan korosi (karat) pada sasis motor tersebut.

Nah biar ada gambaran, tonton video ini sampai selesai dan jangan lupa subscribe channel ini, ya itung – itung lo bantuin gua supaya channel ini bisa berkembang.



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, pengendara lain dan salam oprex, salam satu asphal selalu.

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Ok,sangat membantu
    Smga ada artikel slnjutnya yg sangat membantu para pecinta motor bebek shogun

    BalasHapus
  2. Lumayan bagus keterangan nya ,makasih bro

    BalasHapus
  3. Massa dari aki masuk kemana bang??

    BalasHapus
  4. Punya gw dikit-dikit minta di ongkos in

    BalasHapus