Lakukan Kuras Oli Shock untuk Memperbaiki Shock Depan yang Keras


Sejeworks – Salam oprex semua dan selamat datang diblog otomotif special bagi para pecinta sepeda motor, pada kesempatan kali ini kita akan ngomongin pentingnya kuras oli shock. Sering kali para biker’s kurang peduli terhadap shock depan, penyebabnya bisa karena kurang paham atau bisa nunggu rusak dulu baru cari tahu he... Shock beker depan berbeda dengan shock beker belakang, jika shock belakang hanya sekali pakai setelah itu ganti baru tapi shock depan harus rutin dilakukan perawatan tanpa harus menunggu rusak atau bocor oli shock.


kuras oli shock



Et... siapa bilang shock belakang sekali pakai bro ? memang iya ada beberapa bengkel yang bisa melakukan perbaikan pada shock beker belakang, tapi biasanya umur pakai shock belakang tersebut tidak seperti umur pakai jika melakukan penggantian shock beker belakang yang baru. Tapi kali ini kita akan fokus ngomongin shock beker depan ya bro, dari mulai cara mengganti oli shock, kapan waktu penggantian oli shock, penyebab shock depan keras dan shock beker depan yang seret atau tidak empuk sama sekali. Untuk mempersingkat waktu langsung saja check it dot bro, tapi jangan lupa tonton video dibagian bawah artikel dan tinggalin jejak dengan subscribe, like, komen dan share nya ya bro..     

Shock Depan Keras, Seret dan Tidak Empuk

Pada bagian ini gua akan membagi penyebab shock depan seret, keras dan tidak empuk menjadi 2 bagian, bagian pertama sebelum kuras oli shock dan bagian kedua sesudah kuras oli shock. Kenapa gua bagi – bagi ? sebab setiap sepeda motor mempunyai problem yang berbeda – beda pula tapi pada intinya masalahnya itu – itu saja bro he... kalau menurut gua.

Sebelum Ganti Oli Shock

Ganti oli shock depan itu wajib bro, untuk menjaga performa suspensi depan supaya motor nyaman diajak jalan, menikung dan akselerasi. Biasanya oli shock depan yang tidak pernah ganti lama – kelaman akan berwarna hitam kotor atau hitam keabu – abuan. Hal ini yang membuat shock depan menjadi keras dan tidak empuk. Keras yang gua maksud shock beker masih bisa melenting / mantul seperti biasanya tapi lama untuk kembali pada posisi semula.

Solusinya adalah dengan menguras oli shock dan memperhatikan takaran oli shock sesuai anjuran pabriakan. Adalagi jangan mengganjal atau memasukan part lain kedalam shock depan seperti sil – sil, baud atau roller. Tapi ini kenyataan yang sering terjadi dilapangan banyak sekali yang main ganjel pada bagian shock depan, maka hasilnya jangan ditanya lagi bro kalau suspensi depan tidak nyaman dipakai.

Sesudah Ganti Oli Shock

Biasanya hal ini terjadi bila kondisi motor pernah jatuh atau bekas pres segita, sehingga shock depan akan keras dan tidak bisa digerakan serasa seperti gerobak yang tidak pakai suspensi he... he... Masalah utamanya berasal dari pipa shock yang telah bengkok dan dipasang kembali bukan pada posisi sebulum shock depan dicopot dari segitiga. Penjelasan ringannya begini bro, sebelum shock depan dicopot dari segitiga kondisi pipa shock dan segitiga sebaiknya dikasih tanda garis lurus. Fungsinya saat pemasangan kembali pipa shock ke segitiga tetap pada posisi semula dan tidak bergeser. Nah penyebab shock beker depan keras setelah ganti oli shock karena pipa shock tidak dikembalikan pada posisi semula sebelum dilakukan pembogkaran.

Solusi terbaiknya yaitu dengan mengganti pipa shock / as shock, bisa juga dengan memutar as shock secara perlahan untuk mencari posisi semula. Tapi jika mau mengganti pipa shock baru usahakan komponen tersebut untuk motor yang dicari bukan untuk motor lain, contohnya jika motor Honda Beat jangn pakai pipa shoch vario 110, memang bisa dipasang tapi panjang pipa shock juga harus diperhatiakan bro. Harga pipa shock original biasanya berkisar antara 140 ribu untuk satu sisi, jika butuh dua sisi maka akan manjadi 240 ribu. Sedangkan jika memakai merak kw, harga pipa shock sekitar 100 ribu untuk 2 sisi.



Berapa Takaran, Kekentalan dan Kapan Dilakukan Penggantian Oli Shock 


Penggantian oli shock atau kuras oli shock sebaiknya dilakukan setiap 2 tahun sekali dan jangan menunggu oli shock bocor atau rembes. Waluapun oli shock tidak bocor tetep lakukan kuras oli shock, karena oli shock yang telah lama dipakai akan berubah warna, kekentalan oli dan kandungan dari oli shock pun akan ikut berubah.

Berapa ukuran kekentalan oli shock ? oli shock pada sepeda motor kebanyakan encer biasanya memakai 20 W. Oli shock mempunyai perbedaan sifat dengan oli mesin, jadi jangan salah kaprah ya bro dengan memakai oli mesin sebagai oli shock. Untuk takaran oli shock pernah kita bahas sebelumnya jadi carisendiri aja ya bro.

Cara Ganti Oli Shock Depan Agar Tidak Seret

Sebelum melakukan penggantian berikut peralatan yang harus disiapkan, kunci ring 14 – 17, 19 – 17, T10, stelan angin (obeng min paling kecil), dongkrak, kunci L bintang 6, gelas ukur dan satu bungkus oli shock. Kebetulan motor yang mau gua omongin Honda Beat dan cara ini bisa diterapkan pada Honda Scoopy, Spacy, Vario 110, 125 dan 150. Bagaimana dengan motor merk lain ? caranya sama saja yang membedakannya hanya pengunci shock atas dan takaran oli shock tersebut, jadi improvisasi sendiri tya bro jika motor lo bukan merk Honda he..

Langkah pertama kasih marking / tanda pada pipa shock dan segitiga, tujuannya agar pipa shock saat pemasangan nanti sesuai dengan marking tersebut.

Lepaskan as roda dengan memakai kunci ring 14 dan ring 19, setelah itu pasang dongkrak.
Berikut lepas roda depan dan kaliper rem dengan memakai kunci L bintang 6.

Setelah itu lepas shock beker depan dari segitiga dengan memakai kunci ring 14, jika posisinya susah bisa dengan memakai kunci T14. Tapi harus mencopot cover depan untuk sepeda motor Honda Beat, Scoopy, Spacy dan Vario.

Jika shock depan sudah terlepas maka lanjut dengan memukul tutup pipa shock bagian atas, tujuannya agar debu yang menempel pada tutup pipa shock terjatuh.

Kemudian lepas klip pengunci pada pipa shock, proses ini yang paling susah bro jadi biar gampang bisa minta bantuan orang lain alat yang digunakan obeng plus untuk mendorong tutup pipa shock dan stelan angin untuk mencongkel klip.

Setelah tutup klip terlepas maka tutup pipa shock akan bisa dilepas dan buang oli shock lama dengan menuangkannya ke mangkok atau sembarang tempat bro. Tapi ingat bau oli shock lama sangat menyengat jadi bijak dikit ya bro.

Selanjutnya siapkan oli shock baru dan gelas ukur untuk memperoleh takaran oli shock yang sesuai dengan standar pabrikan.

Masukan oli shock yang telah ditakar tadi ke dalam shock depan dan pasang kembali peer / pegas shock depan denagn posisi bagian rapat dibawah dan renggang diatas.

Tutup kembali pipa shock dan kunci pakai klip, kalau posisinya susah panggil temen bro .. jangan sungkan ya he..

Langkah selanjut yaitu pasang kembali pipa shock ke segitiga dengan mengikuti marking yang berada pada pipa shock dan segitiga.

Pasang kembali caliper rem dan roda depan, tapi jangan lupa cek hasil pengerjaan ya bro.
Kalau kurang jelas silahakan tonton video ini sampai selesai bro, tapi jangan lupa subscribe ya bro.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki. Salam oprex dan salam satu asphal.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Maaf gan numpang nanya.....sebelum ganti oli shok. Supswensi empuk.... pass di ganti shok keras dan jedug jedug. Klw lewat polisi tidur.... mohon pencerahan y.

    BalasHapus