Setel Stang Motor Kalau Stang Motor Terasa Berat Sebelah


Sejeworks – Selamat datang kembali diblog otomotif sepeda motor yang paling keren versi gua sendiri he... he... untuk kali ini kita akan ngomongin tentang stang sepeda motor yang terasa berat sebelah saat digunakan berkendara. Hal ini sering kali dirasakan oleh para pengguna sepeda motor, entah jenis motor matic, bebek dan sport. Stang yang berat sebelah ini akan membuat posisi berkendara yang tidak nyaman, karena biasanya stang yang berat sebelah kekanan atau kekiri akan menjadikan sepeda motor susah dikendalikan dan kadang serasa ingin ditabrakan ke kendaraan lain he... he... ini sangat berbahaya bro untuk berkendara.

Penyebab Stang Motor Kaku

Stang motor yang kaku disebabkan karena stelan komstir yang terlalu kencang dan ini terjadi bukan hanya pada motor – motor lama, motor yang baru turun dari dealer juga sering kali dikeluhkan oleh para bikers. Kok bisa seperti itu bro ? ya jelas bisa bro, sebab kalau ngomongin kaku atau seret berarti juga ngomongin lawannya yaitu longgar dan enteng. Faktor stang kaku atau seret itu balik lagi ke penyetelan komstir motor tersebut, hal ini tergantung dengan perasaan dari orang yang menyetel komstir motor tersebut dan setiap orang tak bisa disamakan.





Stang motor yang berat sering kali dikeluhkan oleh para bikers, entah dari pabrikan sayap mengepak atau pabrikan garputala dan pabrikan motor lainnya. Jika stang motor lo susah digerakan atau terasa berat untuk menikung maka lakukan perbaikan ringan dahulu yaitu dengan menyetel komstir motor, cara ini terbilang mudah dan paling murah. Karena hanya menggetok pada bagian stelan komstir, tapi apakah ada pengaruh pada komstir kalau salah penyetelan ? efek pada stelan komstir yang tidak pas ada dua bro dan itu pernah gua bahas, tapi akan gua bahas lagi sedikit ya bro.

Terlalu kencang dan terlalu longgar, kalau terlalu longgar akan terdapat bunyi pada komstir saat melakukan rem depan atau saat melewati tanggul. Bunyi tersebut diakibatkan karena benturan antara peluru baja dengan mangkokan (rumah komstir). Kalau dibiarkan secara terus menerus maka komstir akan rusak, sedangkan komstir terlalu kencang akan membuat efek stang menjadi berat dan susah dikendalikan. Efek jangka panjangnya juga membuat komstir cepat rusak karena gesekan peluru baja dengan rumah komstir yang terlalu seret. Tapi untuk kali ini kita akan lebih banyak ngomongin stang motor yang berat dari pada ngomongin stang motor yang bunyi.

Ciri – Ciri Komstir Terlalu Kencang 

Stang Motor Berat ke Kanan

Memang tidak selamanya komstir yang terlalu kencang akan menimbulkan stang motor berat ke kanan, terkadang juga stang motor berat ke kiri. Tapi kenapa cendrung berat kesebelah kanan, besar kemungkinan diakibatkan oleh letak piringan cakram dan kaliper rem yang berada disebelah kiri.

Motor Goyang Seperti Ban Kempes

Kondisi motor saat diajak melaju bergoyang seperti ban kempes padahal tekanan angin ban tidak ada masalah dan kondisi bearing roda juga tidak rusak. Selain itu permukaan ban tidak aus dan termakan sebelah, sementara oli shock tidak rembes. Maka kemungkinan besar komstir terlalu kencang yang menjadi penyebab motor goyang seperti ban kempes saat dipakai buat jalan.

Motor Susah Dikendalikan

Stang sepeda motor yang seret atau terlalau kencang akan membuat motor susah dikendalikan terutama saat kondisi jalan lurus, jadi kalau jalan lurus motor seperti mau belok sendiri. Untuk dipakai sehari – hari motor tidak nyaman bro dan harus dilakukan penyetelan atau bahkan penggantian komstir.

Untuk lebih jelasnya simak video berikut ini sampai selesai ya bro dan jangan lupa subscribe bro.





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan dan banyar cicilan motornya tepat waktu ya bro... he...  he... Salam oprex dan salam – salaman terus wor... wor...

Posting Komentar

1 Komentar