Total Biaya Turun Mesin Supra X 125, Ganti Piston, Skir Klep dan Korter

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, “ motornya perlu bongkar mesin, mas “ adalah kalimat yang mengerikan bagi para pemakai sepeda motor. Dan ini ngga pandang bulu bagi para bikers, entah dari jenis motor matic, bebek dan sport. Sebab jika mendengar kata bongkar mesin maka yang terbesit adalah keluar banyak duit untuk meperbaiki motor tunggangannya. Dan untuk kali ini kita akan membahas bongkar mesin total, bongkar mesin atas, ganti keteng dan ganti kanvas kopling pada Honda Supra X 125 karburator.


bongkar mesin



Biar ada gambaran apa itu bongkar mesin maka baca artikel ini sampai selesai dan tonton videonya, tapi jangan lupa subscribe dan aktifkan tombol lonceng agar ada lo ngga pernah ketinggalan info – info terbaru dari blog dan channel ini. Bongkar mesin penyebabnya ada banyak sekali mulai dari motor ngebul, ulir baud tap oli / drain bolt slek, suara mesin kasar atu ngglitik.

Karena kita mau ngomongin bongkar mesin pada motor Honda Supra X 125 karburator maka kita cari duhulu penyebabnya ya bro, pada dasarnya bongkar mesin Supra X 125 dibagi menjadi 4 bagian ya bro. Mulai dari bongkar blok kopling ganti kanvas kopling dan part lainnya, bongkar magnet ganti keteng, magnet, spul magnet, bongkar mesin atas yaitu skir klep saja atau ganti piston kit dan yang paling komplit yaitu bongkar mesin total atau biasa dibilang turun mesin.

Nah dari sedikit penjelasan diatas maka kita akan tahu tujuan untuk membongkar mesin mau memperbaiki komponen atau part sebelah mana, kerana tiap bagian tadi mempunyai kerusakan yang berbeda walaupun kalau didengarkan suara mesinnya sama saja kasar atau berisik. Tapi jika pendengaran lo tajam setajam silet baru beli maka lo bakalan bisa memprediksi kerusakannya, bira lebih jelasnya langsung saja check it dot.

Biaya Bongkar Mesin Supra Sebelah Atas

Untuk bongkar mesin sebelah atas ada beberapa penyebabnya bro yaitu motor loss kompresi, knalpot ngebul putih dan suara mesin kasar karena kondisi piston yang aus. Penanganan pada setiap bengkel pun macam – macam ya bro, mulai dari ganti ring seher doang, ganti piston dan ring piston saja, yang paling kumplit ganti piston kit dan korter silinder comp. Lho kenapa banyak perbedaan ? kembali lagi ke masalah utamanya yaitu duit, maksudnya meminimalisir pengeluaran bro. Jadi setelah motor dibongkar kemudian dicek satu persatu dan akhirnya ditarik kesimpulan, bahwa kondisi piston dan boringan tidak ada luka mbaret atau bisa dikatakan mulus tanpa ada sedikitpun luka. Maka hanya dilakukan penggantian ring piston / seher saja tanpa melakukan korter dan penggantian piston. Apakah ini dibolehkan ? ya sah – sah saja bro, tapi perlu diingat kemungkinan motor masih ngebul walaupun masih tipis - tipis.

Ganti piston kit saja tanpa melakukan korter, piston kit atau piston set terdiri dari piston, ring piston, pen piston dan pengunci pen, untuk motor supra x 125 dijual dengan harga sekitar Rp 130.000 (tergantung merk dan lokasi toko). Untuk penggantian piston kit saja tanpa mengkorter menurut gua ini sangat beresiko gagal jika dibandingkan dengan mengganti ring piston saja. Karena jika mengganti piston kit biasanya piston lama ada sedikit mbaret kemudian kondisi silinder terlihat mulus tanpa ada lecet sedikitpun, tapi hal ini jika dilihat memakai mata tanpa melakukan pengukuran menggunakan dial guage.

Ganti piston kit dan korter silinder, sebelumnya kita bahas terlebih dahulu apa itu korter ? bagi yang sering baca blog ini pasti tahu lah ya.. tapi kalau belum tahu kita bahas sebentar. Korter atau oversize yaitu memperbesar diameter blok silinder tujuanya agar boring silinder comp tidak mbaret atau lecet, pabrikan biasanya akan menyediakan 4 pilihan piston untuk disuaikan diamternya oleh bengkel bubut. Nah bengkel bubut disini bertugas untuk memperbesar diameter silinder bore, sesuai ukuran piston yang baru. Biasanya dipasaran ada 5 jenis piston yang disediakan oleh pabrikan untuk setiap motor, karena kita lagi membahas Supra X 125 jadi fokus kita pada motor ini.

Diameter standar piston Honda Supra X 125 yaitu 52,00 mm jika dihitung menggunakan jangka sorong / micrometer, nah pihak AHM menyediakan piston untuk oversize mulai dari 25 (0,25 mm), 50 (0,50), 75 (0,75) dan 100 (1,00 mm). Maksud dari piston oversize begini bro, kalau dibagian atas piston tertulus 50 maka diameter piston menjadi 52 mm + 0,50 mm dan hasilnya menjadi 52,50 mm. Untuk lebih jelasnya baca artikel gua yang judulnya “ukuran piston sepeda motor”.   

Untuk biaya penggantian piston kit dan korter biasanya sekitar Rp 700.000 bro tergantung bengkel dan pemakaian part original motor atau part after market. Biar ada gembaran berikut estimasinya ya bro :
Piston kit Rp 130.000,
Paking top Rp 60.000,     
Skir klep RP 50.000,
Bongkar pasang mesin Rp 350.000,
Korter Rp 100.000,

Biaya Bongkar Mesin Total Honda Supra X 125

Nah kalau bongkar mesin total atau turun mesin ada banyak komponen tambahan yang harus diganti jika dibandingkan dengan bongkar mesin atas. Diantaranya 2 bearing kruk as dan stang seher jika diganti secara pretelan, tapi jika diganti secara assy yang dibutuhkan hanya bearing sebelah kanan. Tapi harga kruk as assy untuk motor Honda Supra X 125 sekitar 1 jutaan, sementara jika yang diganti stang sehernya saja (pretelan) harganya sekitar Rp 250.000, belum termasuk bongkar pasang dan 2 bearing kruk as. Untuk lebih jelasnya berikut estimasinya bro..

2 bearing kruk as Rp 200.000,
Stang Seher Rp 250.000,
Piston Kit Rp 100.000,
Paking full set Rp 80.000,
Korter & cantum stang Rp 150.000,
Ongkos bongkar pasang  R400.000,

Nah supaya ada gambarannya bro, silahkan tonton video berikut ini sampai selesai dan jangan lupa subscribe ya bro..




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal.

Posting Komentar

5 Komentar

  1. Harga bisa bervariasi...tempat gw servis korter 600 rebu

    BalasHapus
  2. Apakah bisa seperti motor baru? Kasih tahu alamat dan WA.

    BalasHapus
  3. Harga suka" Sendiri tu.. Hargabarang ori saja gx nyampe segitu.

    BalasHapus
  4. Saya kemrin ganti servis piston ko bisa smpe hampir 2jt

    BalasHapus