Cara Ganti Bosh Gear Belakang Honda Tiger dan Megapro Primus yang Oblak

Sejeworks – Salam Oprex dan salam satu asphal bro semua, untuk postingan kali ini kita akan ngomongin khusus buat motor Honda Tiger, Megapro Primus, Megapro Lama, GL Neotech pokoknya Gl series bro. Problem yang sering dihadapi pada motor GL series yaitu gear belakang yang oblak atau goyang, sehingga saat dipakai motor tersebut tidak akan terasa nyaman. Selain itu kalau dibiarkan secara terus menerus maka rantai roda akan sering copot dari gear roda belakang. Penyebab gear roda belakang yang goyang atau oblak berasal dari bosh gear belakang yang mulai aus atau rusak. Hal ini biasanya diakibatkan karena usia pakai dari bosh gear roda belakang yang telah lama dipakai, sehingga colar bagian tengah dari bosh gear lepas dari karet bosh gear belakang.




Solusinya untuk mengatasi bosh gear roda belakang yang rusak yaitu dengan menggantinya dengan bosh gear yang baru, nah itu semua orang juga tahu bro... he... he.. Tapi untuk mengganti bosh gear roda belakang tidak semudah perkiraannya, karena ngga semua bengkel mau menerima untuk mengganti bosh gear roda belakang. Nah untuk itu postingan kali ini gua biikin khusus bagi para pengguna motor – motor tipe GL series, biar lebih jelasnya baca artikel ini sampai selesai dan tonton video dibawah ini supaya lo ada gambaran. Tapi sebelumnya subscibe terlebih dahulu channel ini, ya itung – itung lo bantuin gua supaya channel ini bisa berkembang dan bisa bertahan dari kucek – kucek jemur jemur lainnya he...

Cara Ganti Bosh Gear Honda Tiger, Megrapro Primus dan GL Neotech

Siapkan peralatan terlebih dahulu seperti palu, obeng min buat pahat, tang potong, tang sirklip external dan kunci ring untuk melpas roda belakang.

Mulai pengerjaan melepas roda belakang dengan kunci ring 17 dan ring 24 untuk melepas roda belakang Honda Tiger. Sedangkan jika memakai Honda Megapro memakai kunci ring 17 dan ring 19, kunci itu semua jika as roda belakang motor lo belum diganti atau masih bawaan motor.

Langkah selanjutnya lepas gear roda belakang dengan menggunakan tang sirklip external dan bisa menggunakan alat bantu seperti obeng min.
Setelah itu perhatikan kondisi bosh gear roda belakang, kalau colar bagian dalam belum terlepas dari karet bosh maka putar pakai tang potong agar colar bisa terlepas dari bosh gear.

Untuk mempermudah pengerjaan bisa dengan membakar karet bosh roda belakang, bisa dilakukan ditukang las. Tapi kalau tidak mau bisa dengan menggetok langsung bosh gear roda belakang bagian pinggir seperti pada video dibawah ini.

Tapi perlu diingat usahakan saat menggetok bosh gear roda belakang cari bagian tromol paling tebal dari letak bosh gear belakang, karena biasanya tromol tersebut pecah, tapi kalau mau main aman mending dibakar saja bosh karet tromol.

Baru kemudian getok aluminium bagian pinggir dari bosh gear roda belakang, perlu diingat untuk melepas bosh gear roda belakang membutuhkan banyak waktu jadi sabar ya bro.
Jika bosh gear telah terlepas dari tromol, maka bersihkan dudukan bosh gear tersebut, agar saat pemasangan nanti kotoran bekas karet bosh gear tidak mengganjal.

Langkah selanjutnya pasang bosh gear roda belakang dengan melumasinya sedikit oli mesin atau greas (gemuk), cara masangnya dengan cara memukul bosh gear tersebut.

Nah langkah terakhir memasang gear belakang dengan menguncinya mengunakan snapring, tapi sebelumnya ganjal terlebih dahulu dengan menggunakan ring seher bekas. Agar snapring tersebut kuat dan roda belakang tidak goyang, kemudian pasang kembali roda belakang ke motor tersebut.

Untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini ya bro, tapi sebelumnya subscribe terlebih dahulu. Ya itung – itung lo bantuin gua supaya channel ini bisa berkembang dan bertahan.





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, jangan lupa nabung dan berbagi kepada yang membutuhkan. Salam oprex dan salam satu asphal wor.. wor..

Posting Komentar

0 Komentar