Cara Stel Komstir Stang Honda Beat Eco yang Kaku dan Berat

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, Honda Beat Eco atau Beat 2019 sering kali terasa kaku dan berat dibagian stang kemudi. Nah penyebabnya berasal dari stelan komstir yang terlalu kencang, solusinya dengan menyetel komstir motor tersebut agar stang kemudi tidak terasa kaku. Cara menyetelnya pun sangat mudah dan lo bisa melakukannya sendiri dirumah dan peralatan yang dibutuhkan hanya obeng plus, obeng min kecil (stelan angin), obeng min besar (untuk pahat) yang terakhir palu.


cara stel stang beat


Tapi perlu diingat ya bro, untuk menyetel komstir stang kemudi Honda Beat ECO lumayan agak susah jika dibandingkan dengan menyetel komstir Honda Vario 125 dan Vario 150. Sebab sudut Honda Beat ECO sangat sepit jika dibandingkan dengan kedua motor diatas, tapi kalau lu mau ribet sedikit buka saja cover lampu depan Honda Beat ECO untuk mempermudah pengerjaan. Biar lebih jelas tonton video dan baca artikel ini sampai selesai ya bro.

Cara Menyetel Komstir Stang Honda Beat Injeksi ECO

Langkah pertama siapkan terlebih dahulu peralatannya mulai dari obeng plus (+) sedang, obeng min (-) kecil / stelan angin, obeng min (-) besar dan palu. Usahakan peralatan diaatas ada semua, satu lagi kalau lu berniat melepas cover lampu depan siapkan juga kunci T 10.

Buka cover plat nomor dengan cara melepas 2 baut ulir cacing yang terletak tepat dibawah head cover, kemudian congkel cover plat nomor dengan memakai obeng min kecil / stelan angin agar mempermudah pengerjaan.

Setelah itu akan terlihat stelan komstir dari sisi depan, langkah berikutnya kendorkan stelan komstir tersebut dengan cara memukul / memahatnya dengan menggunakan obeng min (-) besar dan palu.

Perlu diwaspadai saat memukul obeng min tersebut, usahakan bagian yang terpukul oleh oebng min adalah sisi bagian atas bukan sisi bagian bawah. Karena jika yang terkena sisi bagian bawah maka stelan komstir akan penyok kedalam sehingga gerakan komstir akan terganggu dan menyebabkan komstir tambah mbagel (seret).

Perlu diingat saat memukul komstir usahakan stelan komstir bergerak perlahan – lahan, ngga perlu ngotot banget ya bro saat memukul obeng min tersebut.

Cek hasil pekerjaan bisa dengan test drive dan jangn lupa lakukan rem depan berkali – kali untuk mengecek apakah stelan komstir kendor, jika kendor saat posisi rem depan komstir akan bunyi tok – tok.

Jika stelan komstir terlalu kencang maka stang kemudi akan susah dikendalikan dan terasa ingin belok sendiri.

Setelah itu tutup kembali cover pelat nomor tersebut, biasanya bagian bawah akan susah terpasang dengan rapi maka gunakan obeng min kecil (stelan angin) untuk mempermudah pekerjaan.Pasang 2 baud cover tersebut jika stelan komstir sudah dirasa benar, tidak ngebanting dan oblak.

Nah untuk lebih jelasnya tonton video ini sampai selesai dan jangan lupa subscribe channel ini supaya bisa berkembang tersu.



Akhir kata dari gua tetep selalu keep riding no arogan, hormati pajalan kaki salam oprex dan salam satu asphal.

Posting Komentar

0 Komentar