Cari Tahu Penyebabnya Motor Injeksi Sekring Sering Putus

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, sekring atau fuse sering kali dianggap hanya sebagai pelengkap atau bahkan pemanis saja. Jadi para biker sering kali bertindak gegabah atau ceroboh jika menghadapi sekring putus, padahal salah penanganan pada sekring yang putus akan berakibat sangat fatal bagi sepeda motor injeksi. Salah satu akibatnya bisa membuat ECU / ECM jebol atau mati dan membuat motor kebakaran pada bagian kabel body.


sekring putus



Nah ngeri kan bro ? akibat salah pegang sekring, eh ... maksudnya salah handel jika sekring sering putus. Jadi supaya tidak salah penanganan baca artikel ini sampai selesai dan tonton video dibawah ini tapi jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro. Ya itung – itung lu bantuin gua supaya channel ini bisa berkembang dan bisa bertahan dari pihak asong dan aseng he... he...

Cara Mengetahui Sekring Putus

Untuk mengetahui sekring atau fuse yang putus ada banyak cara bro, salah satunya dengan cara menerawang sekring tersebut. Ya seperti menerawang duit asli apa palsu bro, yang membedakannya dengan sekring yaitu saat menerawang usahakan mata kita fokus pada bagian tengah sekring. Karena sekring tancap yang biasa dipakai pada sepeda motor sekarang antar bagian kaki akan saling tersambung dibagian tengah sekring. Sekring yang putus bagian tengahnya (biasanya berbentuk kawat seperti huruf “ s atau n “) tidak akan tersambung sehingga arus listrik terputus pada satu kaki sekring tersebut. Sedangkan sekring yang yang tersambung sisi kawat bagian tengah akan saling berhubungan tanpa ada retak ataupun jarak.

Cara lainnya untuk mengetahui sekring putus atau tidak yaitu dengan menggunakan alat berupa Avometer, tapi ada saratnya ya bro jika menggunakan alat ini. Pertama pastikan dulu alatnya ada terserah lu mau pinjem atau beli tapi jangan mencuri he... he... kedua lu tahu cara pakainya bukan buat gaya doang atau malah ikut – ikutan he... Kalau ngga tahu cara usahkan pakai avometer digital biar gampang cara pakainya, langkah pertama setting avometer dengan cara memutar tombol pada posisi ohm / hambatan (lambang omega). 

Kemudian pasang probe atau soket avo pada tiap – tiap kaki sekring, setelah itu lihat tampilan layar avometer jika menunjukan angka tau entah iti 00.00 atau angka lainnya maka kondisi sekring tersambung. Jika memakai avometer konvensional atau analog bisa dilahat dari gerakan jarum avometer tersebut, kalau jarum bergerak maka maka sekring dalam kondisi baik saja.

Kalau kondisi sekring putus, maka avometer digital hanya akan menampilkan “O.L” tapi kalau lu pakai avomter analog maka jarum pada avometer analog tidak akan bergerak. Tapi ini perli diingat lakukan pengecekan dengan teliti jangan asal – asalan kalau bisa lakukan dua cara diatas mualai dari ditrawang dan diukur pakai avometer.      

Kesalahan Saat Sekring Sering Putus

Hanya Mengganti Sekring Saja

Ini kesalahan yang sering kali dilakukan oleh para biker, jika sekring putus hanya menggantinya saja tanpa mencari atau bahkan memperkirakan penyebab sekring putus. Tapi kalau hanya putus sekali kemudian sekring diganti dan ternyata tidak ada masalah lagi, berarti hanya hubungan arus pendek sementara. Tapi kalau sekring / fuse sering putus jangka waktunya bisa seminggu sekali atau setiap hari putus, maka hal ini jangan dibiarkan bro. Lu harus cepat – cepat ambil tidakan bisa menghubungi ultraman atau baja hitam he... he..

Ganti Sekring dengan Ampere yang Lebih Besar

Kesalah saat sekring putus yang kedua adalah efek dari kejadian diatas yaitu sekring yang putus kemudian mencoba mencari alternatif dengan mengganti ukuran ampere sekring yang lebih besar. Ya berharap sekring tidak putus dengan cara ini, tapi bro cara ini terlalu beresiko jika motor yang lu pakai motor injeksi. Kalau motor karburator bagaimana ? sama saja berisiko efeknya biasanya kabel body terbakar dan merembet ke kabel body lainnya.

Melilitkan Kawat Kabel Pada Sekring 

Nah ini cara terakhir yang akan dilakukan kalau memang dengan mengganti ukuran ampere sekring yang lebih besar tidak berhasil yaitu dengan mengaitkan kabel / kawat pada sekring yang putus tersebut.
Nah biar ada gambaran tonton video berikut ini dan jangan lupa subscribe ya bro..




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam stu asphal.. wor...wor... 

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Mas mau nanya , sekring utama motor sy sdh 2 hari sering putus , kelistrikan sama sekali nga ada, penyebabnya itu apa ma yahh knp sering putus sprt itu ?

    BalasHapus
  2. Kalau spull yamaha marine 15 pk gimana cara ceknya pakai avometer bang

    BalasHapus