Penyebab Honda CBR150R, CB150R Old Tidak Bisa Distarter dan Susah Hidup


Salam oprex dan salam satu asphal, selamat datang semua para bro dan sis si blog otomotif yang buakn kaleng – kaleng ini he... he.. Kali ini kita akan ngomongin masalah Honda CBR150R dan CB150R yang sering banget dialami atau sering terjadi pada 2 motor ini. Motor yang mulai diproduksi pada tahun 2013 sampai 2015 ini, merupakan motor sport Honda yang digunakan untuk menandingi dominasi Yamaha Vixion pada clas motor batangan 150cc. Sebab Honda New Megapro Monoshock kurang begitu digandrungi para konsumen terutama generasi muda.

Tapi namanya juga motor bro, pasti mempunyai problem yang sering dialami oleh para pemakainya, entah karena usai pakai atau karena kerusakan part / komponen. Nah untuk leih jelasnya berikut keluhan dan solusi pada Hoinda CBR150R dan CB150R old, langsung saja check it dot bro..

Honda CBR150R dan CBR150R Susah Hidup dan Sering Mogok

Penyebab Honda CBR150R dan CBR150R ada beberapa hal penyebabnya dan tiap  kedua motor tersebut penyebabnya bisa berbeda satu sama lainnya, tapi untuk kali ini gua menyederhanakannya menjadi beberapa hal.

Kuras Tangki Bahan Bakar / Tangki Bensin

Penyebanya motor CBR150R dan CB150R susah hidup biasanya karena adanya air dalam tangki bahan bakar, maka dari itu motor perlu perawatan rutin untuk melakukan kuras tangki. Ya setidaknya setahun sekali untuk merakukan kuras tangki bahan bakar, tujuannya selain membersihakan air di tangki bensin sekaligus juga sebagai pencegah agar tangki bahan bakar tidak karat dan bolong. Ciri – ciri motor CB150R dan CBR150R yang perlu dilakukan kuras tangki bensin biasanya motor tersebut brebet dan sering mati – matian.

Pompa Bahan Bakar (Fuel Pump) Rusak

Pompa bensin atau biasa disebut fuel pump adalah komponen pada motor injeksi yang berfungsi untuk memompa bahan bakar dari dalam tangki bensin ke injektor. Nah pompa bensin ini harus mempunyai tekanan yang stabil yaitu 300 kpa (kilo pascal), entah pada saat rpm rendah, rpm menengah dan rpm tinggi. Pada motor CBR150R dan CB150R kerusakan yang sering terjadi pada soket kabel bagian dalam fuel pump dan pada rotak fuel pump (pressure regulator).

Koil Rusak

Koil yang rusak pada motor Honda CB150R dan CB150R akan membuat motor menjadi susah dihidupkan dan sering mogok. Walaupun busi motor memercikan api itu bukan indikasi bahwa keadaan koil tidak ada masalah, untuk mengetahui koil tersebut rusak atau tidak silahkan buka artikel gua yang yang judulnya cara mengecek koil motor.

Honda CB150R dan CBR150R Tidak Bisa Distarter


Accu Soak

Aki atau accu menjadi penyebab pertama motor Honda CBR150R dan CB150R tidak bisa distarter, accu pada kedua motor ini memakai aki kering / MF (maintenance free) dengan kapasitas 12 volt 5 a/h. Dan aki motor ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 300.000, sehingga lumayan menguras dompet he... he..  nah untuk memaksimalkan penggunaan accu. Maka bisa dengan membuat saklar lampu depan, karena lampu depan motor CB150R 65 watt sedangkan Honda CBR150R mempunyai 35 watt untuk satu sisinya, jaddi totalnya sekitar 70 watt untuk lampu depan CBR150r. Saat membuat saklar lampu bisa dengan memutus kabel masa (-) supaya kondisi saklar tidak panas.  

Bendix atau Relay Starter

Relay starter berfungsi sebagai saklar yang bekerja saat dialirkan arus listrik kecil untuk membuka arus listrik besar. Arus listrik kecil disini berasal dari saklar starter / swith starter kemudian akan mengalisrkan arus listrik dari accu lewat kabel merah yang berhenti dibagian bendix. Jadi bendix atau relay starter ini ibaratkan pintu bro, ciri – ciri bendix atau relay starter yang rusak yaitu saat swit starter ditekan bendix tidak berbunyi cetek – cetek.

Dinamo Starter

Kerusakan pada dinamo starter biasanya diakibatkan karena sikat / arang starter yang aus atau terkikis, sehingga kumparan didalam dinamo starter tidak berputar. Penyeba lainny bisa disebabkan karena magnet didalam dinamo starter pecah dan kumparan didalam dinamo terbakar.

Nah biar ada gambarannya tonton video ini sampai selesai dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro, supaya channel ini bisa berkembang dan bertahan.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal.

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Misi gan syah mau nnya klo motor cb 150r taun 2014.
    Knpa yh klo mau d starter ssah hidup nya.
    Nah trus klo d gas sekli gus kya mau mati.
    Kndala nya apa yh gan.
    Kta bngkel d sini sih fullpump sma one way nya.
    Mksih sblum nya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koil + busi, rotak, penyaring bensin
      https://www.facebook.com/groups/302266341130080/permalink/1054645312558842/?mibextid=2JQ9oc

      Jarum Rotak macet tidak nyembur normal 🙏🙏🙏

      Hapus
  2. Motor cbr 150 r saya mengalami masalah boss ,akibatnya aki di pasang,malah pengapian dari koil ilang,setelah d lepas kabel+ dari aki malah nyala tpi cuman nyala beberapa detik saja ...
    Mohon tangapi bos gimana cara mengatasi masalah tersebut🙏,, tramkasih

    BalasHapus
  3. Min mau tanya kenapa motor cb 150 r saya susah untuk dinyalakan kalo habis dipakai dengan kecepatan tinggi

    BalasHapus
  4. Kenapa motor CBR 150R saya tidak bisa di stater tpi kalo di Sorong baru hidup..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kereta saya juga barusan kayak gitu kenapa ya?

      Hapus
  5. Mau tanya kalo CBR 150R mau main gas setengah mati,,,kira kira penyebab nya apa.info bagi yg tau?

    BalasHapus
  6. Mau nanyak ni
    Klok cbr 2014 mati padahal bensin ada dan akinya sehat, pagi pagi itu mati padhal sore kemaren hidup

    BalasHapus