Ukuran Kunci Pas Spion Motor Honda dan Cara Memperbaiki Dudukan Spion Dol

Sejeworks -  Salam oprex dan salam satu asphal, untuk kali ini kita akan ngomongin spion motor Honda dari tipe motor bebek, matic dan sport (batangan). Pasang spion memang terlihat sangat sepele atau gampang, tapi jangan salah semakin menganggapnya gampang dan tidak tahu jenis ulir yang dipakai pada spion motor maka akan berakibat fatal. Nah, apa saja akibat yang dihadapi jika memasang spion motor salah ulir atau drat.



sambungan spion


Cara Memperbaiki Dudukan Spion Motor Honda yang Dol

Sebenarnya akibat dari masang spion yang salah drat / ulir akan membuat yang masang emosi tingkat tinggi dan keluar keringat segede jagung he.... tapi jangan menyerah bro karena ada aku disini he.. he..  Akibat kedua jika masang spion salah drat yaitu rusaknya ulir pada bagian tempat dudukan spion dan spion tersebut. Dan biasanya tempat dudukan spion menyatu dengan master rem depan, jadi kalau sampai ulir master rem depan dol atau slek maka solusinya dengan mengganti part tersebut. Tapi yakin lo mau ganti master rem karena ulir dudukan spion dol / slek ?? karena harga master rem depan biasanya dibandrol sekitar Rp 300.000,. Nah solusi ringannya ada bro yaitu dengan cara membuat daging dan membuat ulir baru pada dudukan spion yang slek tersebut. Istilah gampangnya recoil ya kalau masih bingung bawa aja kebengkel bubut bro, ngomong aja bikin ulir baru pada part yang slek tersebut.


dudukan spion



Tapi untuk motor Honda Beat Street, Scoopy ring 12, Genio, Vario 125 dan Vario 150 remote system ulir dudukan spion terletak dibagian belakang, sehingga harganya lebih murah sekitar Rp 50.000,. Tetapi untuk mendapatkannya yang agak susah, paling solusinya beli sacara online biar ngga usah muter – muter keliling bengkel.

Ukuran Kunci Pas Spion Motor Honda dan Jenis Ulirnya

Untuk semua motor Honda mempunyai ukuran kunci pas 14 mm, tapi yang harus diperhatikan adalah jenis ulir pada masing – masing spion. Karena ada model tertentu pada tiap tipa spion honda menggunakan sambungan spion sehingga jika memasang spion original tidak menggunakan sambungan spion biasanya akan berakibat slek atau dol pada duddukan spion.

Cara Pasang Spion Motor Honda

Siapkan kunci pas 14 dan oli atau grease sebagai pelumasan ulir spion, oleskan grease atau oli ke ulir spion.

Periksa ulir spion motor Honda tersebut, apakah membutuhkan sambungan spion atau tidak. Sebenarnya semua ulir spion motor Honda dari bebek, sport dan matic mempunyai arah yang sama yaitu, kiri untuk mengendorkan atau melepas dan ke kanan untuk mengencangkan.

Tapi untuk motor Honda keluaran terbaru, pada bagian spionnya sudah diberikan sambungan spion dan awah hati – hati. Karena spion tersebut ulirnya ke balikan dari spion model lama.

Jadi kalau mau memasang usahakan gunakan sambungan spion tersebut, jika tidak pakai sambungan spion maka hasilnya ulir dudukan spion akan slek. Untuk lebih jelasnya lihat pada masing – masing foto, disitu terdapat perbedaan antara motor Honda yang memakai sambungan spion dan motor Honda yang tidak memakai sambungan spion. Ya walaupun kedua motor tersebut sama – sama memakai spion original bawaan motor.

Nah biar ada gambarannya tonton video berikut ini sampai selesai dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu.

Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para nenek – nenek, orang tua dan pejalan kaki. Salam oprex dan salam satu asphel wor – wor.

Posting Komentar

0 Komentar