Biaya Servis Shock Depan Honda CBR150R dan CB150R

Sejeworks - Salam oprex dan salam satu asphal, kesempatan kali ini kita akan ngomongin biaya servis shock depan pada motor Honda CB150R, CBR150R, Megapro Primus, Honda Tiger, Megapro New dan Verza. Kenapa banyak benget jenis motornya ? Sebab semua motor yang gua sebutin diatas mempunyai banyak sekali kemiripan untuk bagian suspensi depan, jadi kalau lo salah satu pemakai motor terseebut maka artikel ini gua kasih khusus buat lo bro… he… Nah biar ada gambarannya tonton video dibawah ini dan jangan lupa like komen serta subscribe supaya channel ini bisa berkembang menjadi baja hitam RX king e.. salah menjadi lebih baik lagi makasudnya bro.


Servis Shock Depan Honda CBR150R dan CB150R


Secara garis besar untuk biaya servis shock depan sepeda motor dibagi menjadi 3 yaitu, servis ringan (perawatan berkala), servis sedang penggantian sil shock dan terakhir servis berat yaitu penggantian penggantian sil shock dan as shock (pipa shock). Nah dari pembagian tadi yang membedakannya adalah spare part yang diganti, biar ngga kelamaan ngelantur langsung aja bro check it dot..

Biaya Servis Ringan Shockbreker Depan


Servis ringan shock depan sebenarnya perawatan rutin yaitu menguras oli shock lama dengan menggantinya dengan oli shock baru. Cara ini wajib dilakukan setiap 24.000 km atau per 2 tahun sekali, tujunannya jelas supaya oli shock bekerja lebih maksimal untuk meredam getaran jalan yang terjal. Kenapa oli shock harus diganti / dikuras ? Sebab takaran oli shock akan berkurang dan berubah warrna, selain itu kekentalan oli shock juga akan menurun jika setelah lama pemakaian.


biaya servis shock



Tapi bro, kebanyakan para biker tidak terlalu memeperhatikan kapan waktunya menguras oli shock motor, sering kali para biker menunggu kalau sil shock bocor baru melakukan penggantian oli shock. Ya mungkin pikirannya itung – itung sekali jalan he… tapi kalau sil shock ngga bocor – bocor dan mampu bertahan 5 tahun, maka kemungkinan besar oli shock tersebut telah habis.
Biar lebih jelasnya berikut biaya servis ringan shockbreker depan atau kuras oli shock :

Ongkos bongkar pasang : Rp 30.000,
Oli shock : Rp 15.000 (motor matic atau bebek 1 botol, sport 2 botol)

Biaya Servis Sedang Shockbreker Depan


Untuk servis kategori sedang pada shockbreaker depan ada penambahan penggantianya bro yaitu sil shockbreaker, kebanyakan para biker pasti tahu kalau sil shock depan bocor maka oli shock akan rembes keluar. Oli yang remes keluar tapi dibiarkan secara terus menerus maka akan berdampak pada sistem pengereman, rem depan akan licin karena oli sock menempel pada kanvas rem dan piringan cakram. Selain itu kalau oli shock sampai habis maka akan merembet ke spare part lainnya seperti pipa shock dan pegas shock yang rusak. Berikut estimasi perbaikan shock depan jika oli shock rembes :

Oli shock : Rp 15.000
Sil Shock ; Rp 70.000 (untuk bebek dan matic) Rp 90.000 (sport)
Ongkos bongkar pasang : Rp 40.000,

Untuk oli shock diatas pakai aftermarket bukan original bawaan pabrik ya bro, kalau original biasanya akan lebih mahal. Sedangkan sil shock diatas pakai originalnya, untuk sil shock aftermarket banyak yang lebih murah, tapi urusan kualitas ya harap maklum he.. he…

Biaya Servis Berat Shock Depan


Selanjutnya untuk biaya servis berat pada shock depan biasanya lebih mahal, apa yang membuatnya mahal bro ?? yaitu spare part yang diganti yaitu pipa shock, pegas shock, sil shock dan oli shock. Jadi yang tersisa hanya buttom shock (tabung shock depan). Penyebabnya karena oli shock benar – benar habis dan dalam jangka panjang tanpa ada perbaikan. Cirinya as shock akan mbaret / luka, saat posisi rem depan akan ada bunyi dan posisi sparkboard depan akan berdekatan dengan cover body. Berikut estimasi servis berat shock depan sepeda motor :

Sil shock : Rp 70.000,
Oli shock ; Rp 15.000,
Pipa Shock : Rp 300.000,
Peer shock : Rp 30.000,
Ongkos bongkar pasang : Rp 40.000,

Catatan untuk harga pipa shock diatas harga 2 pipa shock original buat motor bebek dan matic, sementara untuk motorsport atau batangan biiasanya lebih mahal. Sementara kalau pakai pipa shock aftermarket harganya akan lebih murah tapi kualitasnya jelas sangat berbeda dengan pipa shock original.
Nah biar ada gambarannya toton video berikut ini ya bro, tapi sebelumnya subscribe terlebih dahulu. Kalau mau komen di channel aja bro.. biar gampang menjawabnya.





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu..

Posting Komentar

2 Komentar