Cara Memperbaiki Oli Gardan yang Rembes atau Bocor Pada Motor Honda Beat, Vario dan Scoopy

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, pada kesempatan kali ini kita akan membahas oli gardan yang rembes pada motor Honda Beat, Scoopy, Spacy, Vario, mulai dari motor karburator sampai motor injeksi. Untuk lebih jelasnya baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini supaya lo punya gambaran mau action ke motor mu secara langsung. Tapi sebelum kita ngomong secara komplit, bantu gua dengan subscribe channel youtube kami, supaya channel dan blog ini selalu update dan terus berkembang menjadi lebih baik lagi.

Cara Memperbaiki Oli Gardan yang Rembes

Sebelum kita memperbaiki oli gardan yang rembes, sebaiknya cari tahu dulu penyebab oli gardan rembes. Karena penyebab oli gardan rembes bisa disebabkan oleh banyak hal yaitu sil cvt belakang rusak, sil roda belakang rusak, paking / gasket transmisi rusak karena bongkar transmisi, ulir baud oli gardan rusak dan transmisi pecah karena bekas tabrakan. Jadi pada intinya lo cari tahu dulu penyebabnya sebelum melakukan perbaikan, karena setiap rembesnya oli gardan mempunyai solusi yang berbeda – beda. Biar lebih jelasnya dan ngga kebanyakan muter – muter langsung saja check it dot.


oli gardan rembes



Oli Gardan Rembes Karena Sil CVT Belakang

Biasanya oli gardan yang rembes karena sil CVT belakang yang rusak akan terlihat setelah blok CVT dibuka, tapi sayangnya blok CVT pada motor matic terutama Honda Beat jarang sekali dibuka atau dibersihkan. Maka dari dari itu pabrikan menyarankan untuk melakukan perbersihan secara rutin pada bagian CVT setiap 8.000 kilometer / sekitar 8 bulan sekali. Tapi oli gardan yang bocor parah karena adanya kerusakan pada bagian sil CVT belakang akan terlihat adanya oli yang menetes disekitar blok CVT. Jika ini yang terjadi dimotor lo, maka segera bongkar blok CVT dan lakukan pengecekan secara seksama.

Oli Gardan Rembes Karena Sil Roda Belakang

Rusaknya sil roda belakang jarang sekali terjadi jika dibandingkan dengan rusaknya sil CVT belakang. Sil roda belakang yang rusak akan membuat kanvas rem belakang Honda Beat basah oli gardan, sehingga saat dilakukan pengereman. Rem belakang akan ngelos atau blong karena kondisi kanvas rem belakang yang licin.

Oli Gardan Rembes Karena Gasket Sobek

Sobek atau rusaknya gasket akan membuat oli gardan rembes disekitar sisi sambungan dari gearbox / transmisi. Penyebab rusaknya gasket karena saat pembongkaran dan penggantian part didalam gearbox, solusi untuk masalah seperti ini yaitu dengan mengganti gasket / paking gearbox.

Oli Gardan Rembes Karena Ulir Baud Slek

Nah ini yang sering kali terjadi pada Honda Beat, Scoopy dan Vario, penyebabnya sering kali karena ring aluminium tidak terpasang dan saat pemasangan baud ring 12 mm terlalu kencang. Untuk menyelesaikannya sebaiknya jangan langsung tap dan memperbesar ulir baud, karena kalau sampai ulir baud yang terdapat pada crank case diperbesar maka sangat susah untuk mengembalikan ke kondisi semula kecuali bubut dan ganti crank case baru.

Jadi solusinya bagaimana untuk memperbaiki ulir baud yang slek ? langkah pertama tap ulang ulir dengan memakai ulir standar bukan memperbesar lubang ulir tersebut ya bro, tapi tetap pakai ulir standart. Kemudian ganti baud ring 12 mm dengan ulir yang lebih panjang maximal 1 cm, tapi jangan lupa ukur panjang ulir baud dengan kedalaman ulir transmisi. Apakah nabrak ke gear transmisi ? Kalau sampai nabrak ganti panjang baud tersebut. Jika susah ketemu baud yang panjangnya pas, jangn lupa pasang ring aluminium untuk mngentisipasi kerusakan di bagian crank case.

Nah biar lebih jelasnya tonton video berikut ini dan jangan lupa subscribe teerlebih dahulu ya bro, y aitung – itung lo bantuin gua supaya channel dan blog ini bisa bertahan dan berkembang menjadi lebih baik lagi.



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu wor… wor...

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Oli gardan dimotor beat fi sya bocornya rembes dri baut isi dan buang.. itu kemnungkinan apanya yg rusak

    BalasHapus