Sejeworks – Salam Oprex dan salam satu asphal, balik lagi ke blog otomotif roda dua yang bukan kaleng – kaleng ini he… he… untuk kesempatan kali ini kita akan ngomongin penyebab Yamaha Vixion Old, NVL dan Vixion Advance ngebul saat digeber atau di gas RPM tinggi. Motor sport andalan Yamaha yang mempunyai diameter piston sekitar 57 mm ini mempunyai beberapa generasi. Mulai dari Vixion Old lampu bulat, lampu segilima, NVL dan Vixion Advance mempunyai spesifikasi mesin yang hampir sama yaitu 150 cc. Sedangkan untuk All New Vixion R mempunyai beberapa perbedaan, mulai dari volume ruang bakar yang lebih gede yaitu 155 cc dan ukuran diameter piston yang lebih besar yaitu 58 mm.
Sebenarnya
penyebab Yamaha Vixion ngebul putih sama seperti motor pada umunya
yaitu piston, ring piston dan boring cylinder, tapi ada beberapa
perbedaan yang harus dimengerti oleh para pemakai Yamaha Vixion. Biar
lebih jelasnya akibat dan penyebab motor Yamaha Vixion ngebul saat
digeber langsung saja check it dot…
Akibat Yamaha Vixion Ngebul Saat di Gas
Oli Mesin Cepet Habis
Motor
Yamaha Vixion yang ngebul putih saat digeber akan mengakibatkan oli
mesin cepat habis, sebeb oli mesin tersebut akan masuk kedalam ruang
bakar sehingga akan membuat knalpot ngebul putih. Jika motor Vixion
ngbul dan dibiarkan saja tanpa ada tindakan untuk memperbaiki maka
jangka panjang akan membuat komponen part terkait tambah rusak,
seperti stang seher, seher set, boring cylinder. Jadi sebelum
merembet kemana – mana segera perbaiki motor Vixion lo yang ngebul
bro..
Suara Mesin Kasar
Suara
mesin kasar bisa diakibatkan karena kurangnya pelumasan sebab oli
mesin ikut terbakar diruang bakar bro.., takaran oli mesin yang
berkurang tersebut akan membuat gaya gesek yang lebih kuat jika
dibandingkan dengan adanya oli mesin. Lama – kelamaan suhu mesin
akan cepat panas dan mesin mati mendadak.
Tenaga Ngempos
Tenaga
mesin yang berkurang drastis sebab bocornya kompresi karena rembesnya
oli mesin tersebut, untuk mengecek bocor kompresinya parah atau tidak
sebenarnya cukup memakai alat yaitu compresion tester, caranya cukup
melepas busi kemudian memasang alat compresion tester ke lubang busi.
Setelah itu engkol atau lakukan kick starter dengan kondisi kunci
kontak OFF, maka compresion tester tersebut akan menunjukan tekan
kompresi pada motor Yamaha Vixion.
Nah
kalau tidak punya alat tersebut bisa menggunakan jempol sebagai
penggantinya he… he… langkah pertama copot busi motor Yamaha
Vixion. Kemudian kunci kontak harus dalam posisi OFF, dan engkol /
kick starter ,otor tersebut. Kalau hentakan dari ruang bakar ke
jempol besar maka kemungkinan kompresi tidak ada masalah. Tapi kalau
hentakan dari ruang bakar kecil dan kick starter terasa ngelos maka
kemungkinan besar motor tersebut bocor kompresi.
Motor Sering Mati – Matian
Motor
sering mati – matian ini terjadi karena menumpuknya kerak karbon
sisa terbakarnya oli mesin, kerak karbon tersebut biasanya akan
menumpuk diujung busi. Akibatnya busi akan sering mati – matian,
nah ini menjadi salah satu penyebab motor menjadi sering mati –
matian. Penyebab lainnya karena overheating (suhu panas berlebih),
penyebab utamanya juga sama berasal dari oli mesin yang habis
terbakar. Jangka panjangnya takaran oli di dalam mesin akan habis,
sehingga akan membuat suhu mesin menjadi sangat panas dan akhirnya
piston akan terkunci tidak bisa bergerak sama sekali.
Penyebab Yamaha Vixion Ngebul Saat di Gas
Ring Piston Lemah
Ring
piston yang lemah gua jadikan sebagai penyebab pertama, karena hal
ini penyebab yang paling ringan dan paling sering terjadi bagi para
pengguna Yamaha Vixion Old, New Vixion Lightning, Vixion Advance.
Cirinya jika penyebabnya berasal dari ring piston yaitu motor ngebul
putih tipis – tipis saat digeber pada RPM tinggi. Selain itu cirii
– ciri yang lainnya jika dilakukan pembongkaran dan pengecekan,
kondisi piston dan cylinder bore tidak terdapat luka goresan /
mbaret.
Solusinya
cukup mengganti ring piston tersebut, bisa memakai merk NPP atau
dengan mengganti ori bawaan motor Vixion Old. Kenapa Vixion Old sebab
part dengan kode 3C1-E-1603-00 lebih tebal jika dibandingkan Yamaha
Vixion Advance dan NVL. Harga dari ring piston Yamaha Vixion Old
tersebut sekitar Rp 110.000, untuk harga eceran tertinggi.
Piston Mbaret
penyebab
selanjutnya yaitu piston mbaret atau luka, jika kondisi piston yang
mbaret tersebut tidak terlalu parah dan kondisi cylinder bore maih
bagus. Maka solisinya cukup mengganti piston dan ring pistonnya saja,
tanpa perlu melakukan penggantian pada cylinder bore. Untuk piston
sendiri gua bisa pakai Vixion Old juga yang mempunyai kode 3CI-E1631
dengan harga Rp 185.000, sementara harga ring pistonnya bisa cek lagi
pada artikel diatasnya ya bro..
Boring Cylinder Mbaret
Nah
yang paling parah jika sampai borong cylinder mbaret dan piston
mbaret, jadi secara otomatis harus mengganti ke tiga part tersebut
dari mulai piston, ring piston dan cylinder comp. Harga cilinder
comp atau cylinder bore sendiri sekitar Rp 350.000, menurut gua ngga
mahal – mahal bingit bro, jika dibandingkan antara piston dan ring
piston tersebut.
Kalau
tidak ganti cylinder comp apa bisa ? Jelasnya bisa bro, yaitu dengan
mengganti piston merk lainnya dan overbosh. Memang cara ini lebih
irit jika dibandingkan dengan cara diatas tapi bro, untuk urusan bisa
bertahan lama atau tidak masih tanda tanya besar. Karena terlalu
banyak faktor erornya. Bisa pemaangan bosh cylinder miring, tidak
presisi, kurang kuat dan masih banyak lagi intinya bro...
Salah Pemsangan Pada Ring Piston dan Piston
Salah
pemasangan disini sebenarnya human eror, jadi asal tahu saja piston
bentuknya itu offset. Jadi saat pemasangannya harus benar – benar
memperhatikan marking / tanda dari pabrikan pembuatnya jangan asal
-asalan. Karena jika asal pasang maka akibatnya umur pakai
penggantian piston set dan boring tidak bertahan lama, terkadang
hanya bertahan 1 bulan setelah itu motor ngebul kembali.
Biaya Penggantian Piston dan Cylinder Comp Yamaha Vixion yang Ngebul Putih
Harga
dibawah ini adalah estimasi biaya jika melakukan penggantian secara
keseluruhan, mengenai harga part bisa dicek langsung ke part katalog
Yamaha bro… dan masalah harga jasa tiap bengkel berbeda – beda
jadi ngga bisa digebuk rata ya bro...
Nama
Part / Jasa Harga
Piston
Rp 185.000,
Ring
Piston Rp 110.000,
Cylinder
Comp Rp 350.000,
Paking
Headcylinder Rp 4.000,
Paking
Cylinder Comp Rp 16.000,
Sil
tutup sentrik Rp 10.000,
Sil
klep 4 Rp 40.000,
Oli
mesin Rp 45.000,
Coolent Rp
35.000,
Ongkos
bongkar mesin atas Rp 200.000,
Ongkos
skir klep Rp 100.000,
Nah
biar ada gambarannya bro, tonton video berikut ini dan jangan lupa
subscribe terlebih dahulu. Ya itung – itung lo bantuin gua supaya
channel dan blog ini bisa berkembang lebih baik lagi dan tidak kalah
dengan channel – channel kucek -kucek jemur – jemur…
Akhir
kata dari gua tetep keep riding no arogan dan jaga sopan santunya ke
pada orang tua, hormati para pejalan kaki, salam satu asphal dan
salam oprex selalu...
Komentar
Posting Komentar