Penyebab Yamaha Vixion NVL dan Advance Ngebul Saat di Geber pada RPM Tinggi


Sejeworks – Salam Oprex dan salam satu asphal, balik lagi ke blog otomotif roda dua yang bukan kaleng – kaleng ini he… he… untuk kesempatan kali ini kita akan ngomongin penyebab Yamaha Vixion Old, NVL dan Vixion Advance ngebul saat digeber atau di gas RPM tinggi. Motor sport andalan Yamaha yang mempunyai diameter piston sekitar 57 mm ini mempunyai beberapa generasi. Mulai dari Vixion Old lampu bulat, lampu segilima, NVL dan Vixion Advance mempunyai spesifikasi mesin yang hampir sama yaitu 150 cc. Sedangkan untuk All New Vixion R mempunyai beberapa perbedaan, mulai dari volume ruang bakar yang lebih gede yaitu 155 cc dan ukuran diameter piston yang lebih besar yaitu 58 mm. 

vixion ngebul putih
 

Sebenarnya penyebab Yamaha Vixion ngebul putih sama seperti motor pada umunya yaitu piston, ring piston dan boring cylinder, tapi ada beberapa perbedaan yang harus dimengerti oleh para pemakai Yamaha Vixion. Biar lebih jelasnya akibat dan penyebab motor Yamaha Vixion ngebul saat digeber langsung saja check it dot…

Akibat Yamaha Vixion Ngebul Saat di Gas


Oli Mesin Cepet Habis

 

Motor Yamaha Vixion yang ngebul putih saat digeber akan mengakibatkan oli mesin cepat habis, sebeb oli mesin tersebut akan masuk kedalam ruang bakar sehingga akan membuat knalpot ngebul putih. Jika motor Vixion ngbul dan dibiarkan saja tanpa ada tindakan untuk memperbaiki maka jangka panjang akan membuat komponen part terkait tambah rusak, seperti stang seher, seher set, boring cylinder. Jadi sebelum merembet kemana – mana segera perbaiki motor Vixion lo yang ngebul bro..


Suara Mesin Kasar


Suara mesin kasar bisa diakibatkan karena kurangnya pelumasan sebab oli mesin ikut terbakar diruang bakar bro.., takaran oli mesin yang berkurang tersebut akan membuat gaya gesek yang lebih kuat jika dibandingkan dengan adanya oli mesin. Lama – kelamaan suhu mesin akan cepat panas dan mesin mati mendadak.

Tenaga Ngempos


Tenaga mesin yang berkurang drastis sebab bocornya kompresi karena rembesnya oli mesin tersebut, untuk mengecek bocor kompresinya parah atau tidak sebenarnya cukup memakai alat yaitu compresion tester, caranya cukup melepas busi kemudian memasang alat compresion tester ke lubang busi. Setelah itu engkol atau lakukan kick starter dengan kondisi kunci kontak OFF, maka compresion tester tersebut akan menunjukan tekan kompresi pada motor Yamaha Vixion.

Nah kalau tidak punya alat tersebut bisa menggunakan jempol sebagai penggantinya he… he… langkah pertama copot busi motor Yamaha Vixion. Kemudian kunci kontak harus dalam posisi OFF, dan engkol / kick starter ,otor tersebut. Kalau hentakan dari ruang bakar ke jempol besar maka kemungkinan kompresi tidak ada masalah. Tapi kalau hentakan dari ruang bakar kecil dan kick starter terasa ngelos maka kemungkinan besar motor tersebut bocor kompresi.

Motor Sering Mati – Matian


Motor sering mati – matian ini terjadi karena menumpuknya kerak karbon sisa terbakarnya oli mesin, kerak karbon tersebut biasanya akan menumpuk diujung busi. Akibatnya busi akan sering mati – matian, nah ini menjadi salah satu penyebab motor menjadi sering mati – matian. Penyebab lainnya karena overheating (suhu panas berlebih), penyebab utamanya juga sama berasal dari oli mesin yang habis terbakar. Jangka panjangnya takaran oli di dalam mesin akan habis, sehingga akan membuat suhu mesin menjadi sangat panas dan akhirnya piston akan terkunci tidak bisa bergerak sama sekali.

Penyebab Yamaha Vixion Ngebul Saat di Gas


Ring Piston Lemah


Ring piston yang lemah gua jadikan sebagai penyebab pertama, karena hal ini penyebab yang paling ringan dan paling sering terjadi bagi para pengguna Yamaha Vixion Old, New Vixion Lightning, Vixion Advance. Cirinya jika penyebabnya berasal dari ring piston yaitu motor ngebul putih tipis – tipis saat digeber pada RPM tinggi. Selain itu cirii – ciri yang lainnya jika dilakukan pembongkaran dan pengecekan, kondisi piston dan cylinder bore tidak terdapat luka goresan / mbaret.

Solusinya cukup mengganti ring piston tersebut, bisa memakai merk NPP atau dengan mengganti ori bawaan motor Vixion Old. Kenapa Vixion Old sebab part dengan kode 3C1-E-1603-00 lebih tebal jika dibandingkan Yamaha Vixion Advance dan NVL. Harga dari ring piston Yamaha Vixion Old tersebut sekitar Rp 110.000, untuk harga eceran tertinggi.

Piston Mbaret


penyebab selanjutnya yaitu piston mbaret atau luka, jika kondisi piston yang mbaret tersebut tidak terlalu parah dan kondisi cylinder bore maih bagus. Maka solisinya cukup mengganti piston dan ring pistonnya saja, tanpa perlu melakukan penggantian pada cylinder bore. Untuk piston sendiri gua bisa pakai Vixion Old juga yang mempunyai kode 3CI-E1631 dengan harga Rp 185.000, sementara harga ring pistonnya bisa cek lagi pada artikel diatasnya ya bro..

Boring Cylinder Mbaret


Nah yang paling parah jika sampai borong cylinder mbaret dan piston mbaret, jadi secara otomatis harus mengganti ke tiga part tersebut dari mulai piston, ring piston dan cylinder comp. Harga cilinder comp atau cylinder bore sendiri sekitar Rp 350.000, menurut gua ngga mahal – mahal bingit bro, jika dibandingkan antara piston dan ring piston tersebut.

Kalau tidak ganti cylinder comp apa bisa ? Jelasnya bisa bro, yaitu dengan mengganti piston merk lainnya dan overbosh. Memang cara ini lebih irit jika dibandingkan dengan cara diatas tapi bro, untuk urusan bisa bertahan lama atau tidak masih tanda tanya besar. Karena terlalu banyak faktor erornya. Bisa pemaangan bosh cylinder miring, tidak presisi, kurang kuat dan masih banyak lagi intinya bro...

Salah Pemsangan Pada Ring Piston dan Piston


Salah pemasangan disini sebenarnya human eror, jadi asal tahu saja piston bentuknya itu offset. Jadi saat pemasangannya harus benar – benar memperhatikan marking / tanda dari pabrikan pembuatnya jangan asal -asalan. Karena jika asal pasang maka akibatnya umur pakai penggantian piston set dan boring tidak bertahan lama, terkadang hanya bertahan 1 bulan setelah itu motor ngebul kembali.

Biaya Penggantian Piston dan Cylinder Comp Yamaha Vixion yang Ngebul Putih


Harga dibawah ini adalah estimasi biaya jika melakukan penggantian secara keseluruhan, mengenai harga part bisa dicek langsung ke part katalog Yamaha bro… dan masalah harga jasa tiap bengkel berbeda – beda jadi ngga bisa digebuk rata ya bro...

Nama Part / Jasa Harga

Piston                                       Rp 185.000,
Ring Piston                              Rp 110.000,
Cylinder Comp                        Rp 350.000,
Paking Headcylinder             Rp 4.000,
Paking Cylinder Comp          Rp 16.000,
Sil tutup sentrik                       Rp 10.000,
Sil klep 4                                  Rp 40.000,
Oli mesin                                 Rp 45.000,
Coolent                                    Rp 35.000,

Ongkos bongkar mesin atas Rp 200.000,
Ongkos skir klep                     Rp 100.000,

Nah biar ada gambarannya bro, tonton video berikut ini dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu. Ya itung – itung lo bantuin gua supaya channel dan blog ini bisa berkembang lebih baik lagi dan tidak kalah dengan channel – channel kucek -kucek jemur – jemur…




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan dan jaga sopan santunya ke pada orang tua, hormati para pejalan kaki, salam satu asphal dan salam oprex selalu...


Posting Komentar

0 Komentar