Cara Memperbaiki Starter Honda Beat ESP Tidak Berfungsi

Sejeworks - Salam oprex dan salam satu asphal, kembali lagi ke blog otomotif sepeda motor yang paling keren versi bapak gua sendiri he.. he..., untuk kali ini kita akan ngomongin masalah starter Honda Beat esp yang tidak berfungsi. Sebenarnya topik yang sama pernah kita bahas tapi lebih condong ke Honda Vario 125 dan Vario 150, karena sistem kelistrikan dari motor matic pabrikan Honda ini (Honda Vario 125, Vario 150 dan Beat ESP) sama – sama memakai ACG starter dan bukan lagi dinamo starter.

Selain itu Beat Esp (starter alus) berbeda dengan Beat Fi (starter kasar) walaupun sama – sama memakai sistem pengkabutan injeksi, perbedaan itu meliputi sistem kelistrikan mulai dari ECM yang dipakai dan sistem elektrik starter. Memang sekilas ada beberapa persamaan karena Beat ESP merupakan upgrade dari Beat FI (starter kasar). Untuk mengetahui penyebab starter Honda Beat tidak berfungsi caranya harus mengeceknya satu – persatu, dan lakukan pengecekan dari hal yang termudah dahulu. Nah biar lebih jelasnya langsung saja check it dot bro..

Komponen Elektrik Starter Honda Beat ESP Diantaranya :

Aki / Accu

Ingat sistem elektrik starter termasuk sistem beban, jadi kalau ngomong sistem beban sumber tenaganya berasal dari aki, voltase aki yang baik sekitar 12.50 volt saat kondisi kunci kontak off. Saat kunci kontak On maka tegangan accu / aki akan turun tapi tidak terlalu signifikan dan masih disekitaran 12.50 volt. Sedangkan saat tombol starter ditekan maka tegangan aki akan turun dengan batasan tidak boleh dibawah 11.00 volt, karena jika sampai dibawah 11.00 volt aki tidak akan kuat menggerakan kruk as (crank shaft). Jika dibandingkan dengan sistem elektrik starter konvensional (dinamo starter) konsumsi awal arus listrik pada ACG starter lebih besar.

Swit Starter dan Swit Rem

Swit starter atau bisa disebut saklar starter adalah part yang menghubungkan arus listrik ke rellay starter, saklar starter berada disebelah kanan dari stang kemudi. Harga saklar starter Honda Beat FI sekitar Rp 30 ribu, dan cara memasangnya cukup dengan mencongkel pada bagian swit starter tersebut.

cara memperbaiki starter beat



Sedangkan swit rem pada matic Honda berfungsi sebagai safety saat menghidupkan motor tersebut, karena proses kerjanya dilakukan secara bersamaan dengan menekan tombol swit starter. Swit rem yang dipakai pada motor ini yaitu swit rem depan dan swit rem belakang, untuk harga swit rem depan sekitar Rp 65 ribu sedangkan swit rem belakang sekitar Rp 35 ribu. Ingat harga ini untuk spare part original bawaan pabrik ya bro, kalau kw biasanya akan lebih murah ..

Kabel Body

Kabel body disini adalah jalur kabel pada setiap komponen elektrik starter Honda Beat Esp / starter halus, entah itu Beat Esp keluaran 2016 sampai 2019 yang terbaru. Jalur kabel dari elektrik starter Honda Beat Esp meliputi sekring, relay starter, kunci kontak, swit starter, swit rem depan dan belakang kemudian ACG starter.

Relay Starter dan Relay Utama

Posisi relay starter dan relay utama pada Honda Beat esp berada bersebelahan dengan accu/ aki dan sekring alias fuse. Kedua relay ini mempunyai perbedaan pada kaki – kakinya, ada  yang 4 kaki dan 5 kaki, tapi untuk kali ini kita tidak ngomongin cara mengecek dari masing – masing relay. Next time aja ya bro... kita bahas  relay 4 kaki dan 5 kaki.

ECU / ECM

ECU atau ECM adalah komputer atau otak dari motor injeksi, part ini berfungsi sebagai pengatur arus listrik, pengatur jumlah dan lama penyemprotan bahan bakar / bensin. Maka dari itu harga dari ECU biasanya akan mahal, harganya sekitar Rp 1 jutaan. Kerusakan pada ECU / ECM akan sangat berdampak ke performa motor tersebut, maka dari itu hati – hati saat menambah part – part variasi pada sistem kelistrikan karena sering sekali merusak ECU.

ACG starter

ACG starter (alternating currents generator) disini berupa spull / kumparan pembangkit arus bolak balik yang bersumber dari medan induksi antara lilitan kawat dengan magnet. Yang membedakan antara spul magnet biasa dengan spul magnet dari ACG starter ialah jumlah lilitan kawat dan kumparan, selain itu pada sistem ACG starter terdapat 3 kabel besar dari spul magnet menuju ECU / ECM. Kabel besar ini yang akan dialirkan arus listrik saat sepeda motor dihidupkan melalui FET circuit yang terdapat didalam ECU / ECM.

Sehingga spul magnet yang dialirkan arus listrik dari ECU akan membuat lilitan dan kumparan pada spul magnet mempunyai gaya magnet dan saat bersamaan disekitar lilitan spul terdapat magnet. Jadi pada intinya kutub magnet bertemu kutub magnet yang sama maka akan menghasilkan gaya tolak menolak, sehingga membuat magnet berputar terbalik kebelakang dan menggerakan kruk as dan piston. 

Saat kondisi sepeda motor hidup ECU tidak akan mengalirkan arus listrik ke spul, tapi spul magnet tersebut akan mengahasilkan arus litrik AC karena putaran dari magnet. Arus listrik AC dari spul akan dirubah menjadi arus DC  yang bertujuan sebagai sistem pengisian aki / accu.     
Nah biar ada gambarannya tonton video berikut ini sampai selesai tapi jangan lupa subcribe terlebih dahulu ya bro, kalau belum ada berarti lagi proses bro.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki salam oprex dan salam satu asphal selalu..

Posting Komentar

5 Komentar

  1. Penyebap hilang pengapian di Honda revo AT pgm fi

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. biasanya kelistrikan mati, klo kaki 5 stater yg mati

      Hapus
  3. Motor beat esp lagi jalan...trus tba2 mati lampu indikator nyala.. Distatergk bisa bsa .. Klakson dan lampu2 msh pda nyala.. Staerdoank gk ngkangkt kenapa gan yaa ??

    BalasHapus
  4. Beat esp saya abis ganti aki nya tapi seminggu kemudian aku soak lagi apakah relay kaki 5 harus ganti apa kiproknya

    BalasHapus