Perbaiki Lampu Mil Berkedip dengan Kode Kedipan 52 Honda Beat Injeksi ESP dan Vario 125


Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal selalu, lampu MIL (malfunction indikator lamp) atau biasa disebut lampu injeksi, adalah lampu yang berada disekitar spidometer berwarna kuning dan mempunyai lambang injektor. Jika lampu MIL ini menyala, maka kemungkinan besar ada kerusakan yang terletak pada sistem pengkabutan bahan bakar / injektor. Lampu MIL yang menyala mempunyai 2 pola yaitu kedipan panjang (lama) dan kedipan pendek (singkat), selain itu lampu MIIL juga mempunyai beragam jumlah kedipan MIL. Karena kita akan membahas kedipan MIL 52 pada motor Honda Beat injeksi ESP, tapi bagi para pemakai matic Honda seperti Honda Scoopy, Vario 125 dan 150 bisa mengaplikasikan cara ini. Untuk memperbaiki dan mencari sumber kerusakan pada motor matic Honda kalian, apakah bisa diterapkan pada motor bebek dan motor sport ? Ya bisa sekali karena pada dasarnya kode MIL motor Honda injeksi sama saja, tapi tidak berlaku bagi motor tetangga sebelah ya bro.. seperti Yamaha, Kawasaki, Suzuki dan gank lainnya.

Penyebab Kode Mil 52 Berkedip


Lampu MIL menyala 52 menandakan ada masalah pada sensor – sensor sistem injeksi, dan pusingnya lagi sensor pada motor injeksi ada banyak sekali. Tapi tenang saja bro karena pabrikan telah mendesain supaya jika ada kerusakan pada motor injeksi para bikers bisa dengan mudah mencari sumber kerusakannya sehingga lebih mudah untuk memperbaikinya. Karena kita akan membahas kedipan MIL 52 pada motor Honda injeksi terutama varian matic injeksi jadi kita kesampingkan dulu kedipan lampu MIL lainnya. Untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot ya bro dan jangan lupa tonton dan komen pada video dibawah ini, jika penjelasan gua kurang jelas.

Sensor CKP (Crankshaft Position) Rusak


Supaya lebih mudah dan belum ngelantur kesana – kesini kita kenalan dulu apa itu sensor CKP (Crankshaft Position), sensor CKP adalah sensor yang memberitahukan posisi piston berada di TMA (titik mati atas) atau di TMB (titik mati bawah). Tujuanya agar posisi timing pengapian terjadi secara runtut dan benar sehingga antara injektor dan kompresi piston terjadi pada waktu yang sama tidak terlalu maju atau mundur. Sensor CKP pada motor injeksi secara prinsip hampir sama dengan pulser pada motor karburator yang membedakannya sensor CKP mempunyai tambahan tugas untuk menentukan kapan dan berapa lama bahan bakar (bensin) disemprotkan oleh injektor.
Nah untuk penjelasan tentang apa itu pulser dan bagaimana cara mengeceknya silahkan buka pada artikel gua lainnya.


lampu mil berkedip 52



Kerusakan pada sensor CKP ini tidak 100 % karena sensor tersebut rusak bro, penyebabnya bisa karena salah satu kabel dari sensor tersebut terputus atau soketan kabel tersebut copot. Jadi untuk memperbaiki cek terlebih dahulu soketan sensor CKP tersebut. O.. ya kalau lo ngga tahu dimana letak sensor CKP, gua kasih sedikit petunjuknya bro. Sensor CKP letaknya berada dibelakang magnet bisa didepan atau dibelakangnya tergantung kontruksi dari motor tersebut. Kalau motor bebek atau sport posisinya bisanya disebelah kiri mesin dibalik blok magnet, sedangkan kalau motor matic biasanya terletak dibelakang kipas mesin dan radiator (jika berpendingan radiator). 


Aki / Accu Ngedrop Dibiarkan Tanpa Diganti


Ini yang sering kali disepelekan yaitu aki / accu yang ngedrop tapi tidak ada inisiatif untuk mengganti accu motor yang ngedrop, memang akibatnya tidak akan berasa secara langsung karena untuk motor matic yang masih memakai engkol atau kick starter masih bisa diundur waktu penggantiannya. Tapi et.. jangan salah kondisi aki yang ngedrop akan sangat berpengaruh pada kesetabilan tegangan dan arus listrik yang masuk kedalam sensor – sensor injeksi dan sistem beban (lampu – lampu, klakson dll). Karena sistem pengapian motor injeksi menganut full transistor yang membutuhkan pasokan arus listrik stabil, maka kondisi aki akan sangat mempengaruhi umur dari part – part pada motor injeksi. Dampak jangka pendeknya biasanya lampu MIL akan memberi kedipan 52, dampak jangka panjangnya akan membuat kerusakan ke sensor lainnya seperti Throttle Body dan ECU / ECM.

Akibat Kedipan MIL 52 Pada Motor Honda Beat Injeksi ESP


Motor mogok total tidak mau hidup sama sekali, penyebabnya karena sensor CKP yang rusaka tau putus pada bagian soket dan kebelnya. Motor mogok seperti ini bisanya akan ditandai kedipan 52, tidak adanya percikan api dari busi, injektor tidak menyemprotkan bahan bakar (bensin), pompa bahan bakar tidak mendengung.

Motor ngegas sendiri dengan kecepatan tinggi, hal ini diakibatkan karena lamanya kode kerusakan MIL 52 tersimpan di ECU. Sebaiknya jika aki ngedrop segera ganti dan lakukan reset secara manual saja untuk mengantisipasi hal ini. Nah, ngomong – ngomong bagaimana sih caranya reset manual pada motor Honda Injeksi silahkan carai diartikel gua yang lainnya dan tonton video cara meresetnya ya bro..

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video berikut ini dan jangan lupa subscribe ya bro, kalau masih ada pertanyaan silahkan komen divideo ini. Kalau videonya belum ada sabar dikit ya bro, berarti lagi proses pembuatan.





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, emak – emak, orang tua dan bocah sekolah he… he… Salam oprex dan salamsatu asphal selalu bro..

Posting Komentar

1 Komentar