Sekring Sering Putus ? Kenali Penyebab Motor Injeksi Konsleting / Korslet

Sejeworks – Salam oprex dansalam satu asphal, korslet / konslet adalah momok uyang menakutkan bagi para pemakai sepeda motor karena apa ? Sebab terjadinya korslet pada motor injeksi akan membuat banyak masalah. Mulai dari motor sering mogok, sikring / fuse sering putus, kebakaran pada kabel body dan parahnya lagi sampai ECM / ECU yang ikut rusak. Nah untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan kenali penyebab motor injeksi konsleting / korslet, biar lebih jelasnya tonton video dibawah ini tapi jangan lupa subcribe terlebih dahulu ya bro.. ya itung – itung lo bantuin gua supaya blog dan channel ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

Penyebab Motor Injeksi Konsleting / Korslet


Pasang Variasi Lampu dan Kunci Rahasia

Pemasangan lampu – lampu variasi dan kunci rahasia sering kali menjadi penyebab utama dari korsleting / konslet pada sepeda motor terutama motor injeksi, sebab pada motor injeksi ECU / ECM mengatur semua arus listrik yang masuk kedalam komponen kelistrikan. Jadi kalau memasang lampu variasi harus memperhatikan beberapa hal yaitu, kabel yang akan disambung ke komponen variasi, berapa volt, ampere komsumsi arus listriknya, kemudian posisi peletkan lampu variasi, apakah air bisa mengenai lampu tersebut sehingga membuat korsleting. 


motor injeksi korsleting


Memang adanya korsleting karena lampu variasi terkadang tidak langsung mengenai ECU / ECM, tapi yang sering kali putus biasanya sekring / fuse dan kebetulannya para biker membiarkan ini terjadi. Sebagai alternatifnya untuk menyelesaikan sekring sering putus yaitu dengan menaikan ampere sekring atau mengikatnya dengan serabut kabel, untuk jangka panjangnya konsleting tersebut akan langsung mengenai ECU / ECM.

Salah Sambung Kabel Arus

Sebenarnya penyebabnya hampir sama dengan diatas niatnya mau pasang variasi entah lampu, klakson, alarm motor dan masih banyak lagi. Tapi ternyata salah sambung kabel sehingga ECU mati   total tanpa adanya tanda – tanda pada sistem kelistrikan. Salah sambung kabel ini biasanya karena menyambung kabel arus, jika dibandingkan dengan motor – motor karburator sistem kelistrikan motor injeksi lebih rumit. Maksud kabel arus disini adalah kabel body yang terdapat arus listrik entah itu kabel lampu, kabel sensor – sensor injeksi dan sistem beban.

Kabel di Gigit Tikus

Motor yang jarang dipakai / dikendarai sering kali menjadi sarang tikus, apalagi motor tersebut berjenis matic. Pokoknya kalau motor matic beh… tikus sering kali nongkrong dibagian dahsboard dan spakboar belakang, tapi sayangnya kalau tikus nongkrong pada motor biasanya akan jahil. Sehingga akan ada banyak kabel yang terkelupas digigit oleh tikus, kalau yang terkelupas hanya kabel masa (-) saja tidak akan jadi masalah besar tapi kalau kabbel yang terkelupas adalah kabel arus kemudian saling bersentuhan maka akibatnya korsleting. Dan akibat terparahnya ECU / ECM langsung rusak, maka dari itu untuk mencegah kabel dimakan tikus maka lakukan pencegahannya dengan menggunakan pewangi / kamper. 

Kabel Terkelupas Menempel ke Massa atau Mesin

Kabel body yang terkelupas biasanya disebabkan karena usia pakai dari motor tersebut atau bekas menyambung kabel body tanpa menutup rapat bekas sambungan tersebut. Dan dalam jangka panjang karena motor bergerak diberbagai medan jalan sehingga kabel yang terkelupas tersebut akan menyentuh sasis ataupun mesin. Akibat dari kabel body yang terdapat arus listrik menyentuh sasis atau mesin, maka terjadi korsleting / konslet yang akibatnya sekring / fuse putus.
 

Fuse / Sekring Sering Putus

Intinya kalau sekring sering putus segera cari sumber korsleting tersebut, apakah karena suply arus listrik yang terlalu besar, atau adanya hubungan pendek antara kabel arus (+) dengan kabel arus (+) lainnya dan adanya hubungan arus pendek karena kabel arus (+) dengan sasis atau mesin. Solusi yang keliru saat sekring sering putus yaitu dengan mengganti dengan ampere yang lebih besar atau malahan dengan melilitnya memakai serabut kebel.

Pakai Coil Motor Karburator

Perlu diketahui coil motor injeksi dan motor karburator mempunyai tahan yang berbeda, selain itu masa (-) coil motor karburator bisa mengambil langsung dari sasis ataupun mesin. Tapi untuk motor injeksi biasanya memakai masa (-) dari ECU / ECM, sehingga mempunyai perbedaan lilitan tembaga didalam coil. Sebaiknya jangan lakukan penggantian coil motor karburator yang dipakai pada motor injeksi.

Nah, biar ada gambarannya tonton video berikut ini dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro…  itung – itung lo bantuin channel dan blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.



Akhir kata dari gua tetep keep riding, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu.. bro..

Posting Komentar

5 Komentar

  1. Klo klakson nyala sama senja, kontak off, kira" apa penyebaabnya?

    BalasHapus
  2. kalo star normal, lampu dan klakson hidup tapi motor tdk nyala dan pompa tdk bunyi kira2 apa sebabnya suhu? Thks

    BalasHapus
  3. Apa penyebab motor mx king Sekring sering puts aku Panas Dan lampu belakang hidup Clason bunyi tapi gak jelas suara nya Dan motor gak mau hidup

    BalasHapus
  4. Lampu sein beat street 2018 nyala normal, tapi lampu utama sama lampu senja mati. Setelah ditelusuri sekring buat head lamp putus. Setelah diganti sekringnya lampu utama kembali nyala, tapi lampu senja tetap mati. ITU KENAPA YA?

    BalasHapus
  5. Bang mau nanya nih saya barusan pasang projie hid tapi sekring sering putus dan akhirnya rumah sekring juga rusak dan hangus itu penyebab amperenya kebesaran kah

    BalasHapus