Stang Goyang dan Oblak ? Begini Cara Menyetel Komstir Honda New CB150R LED

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kesempatan kali ini kita akan ngomongin cara menyetel komstir Honda New CB150R LED. Perlu diketahui Honda New CB150R LED mempunyai 2 varian atau lebih gampangnya mempunyai 2 jenis generasi, tapi untuk bagian mesin tidak ada perbedaan. Yang membedakannya ada dibagian sistem pengereman, bagian stang kemudi, jalur kabel yang mempunyai sedikit perbedaan, warna dan stripping. Jadi kesimpulannya motor New CB150R ini mempunyai cara yang berbeda -beda untuk melakukan penyetelan komstir, hal ini tergantung dari New CB150R LED generasi awal atau generasi kedua. Biar lebih jelasnya tonton video berikut dibawah ini sampai dengan selesai dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro.

Cara Menyetel Komstir Honda New CB150R LED Generasi Awal


Sebelum kita menyetel komstir motor ini sebaiknya persiapkan terlebih dahulu peralatannya bro, mulai dari palu, obeng min ukuran sedeng, kunci L12 dan kunci L8.
Langkah pertama buka tutup karet di mur segitiga atas, setelah itu maka akan terlihat lubang untuk kunci L 12.
kendorkan mur tersebut kearah kiri dengan menggunakan kunci L12, kemudian kendorkan juga baut segitiga atas dengan shock depan bagian atas.
Gunakan kunci L8 untuk mengendorkan baut segitiga tas tersebut.
Kemudian stel komstir Honda New CB150R, tapi perlu dikatuhi dulu motor ini minta dikencengan atau dikendorin stelannya. Jangan sampai stelan motor sudah kenceng malah tambah dikencengain atau malah stelan komstir sudah kendor tambah dikendorin.


foto stelan komstir Honda New CB150R facelift

stel komstir new cb150r


Jadi kalau motor New CB150R LED ini saat belum distel komstirnya terasa goyang, agak mbanting, susah dikendalikan pinginnya belok terus entah kekanan atau kekiri maka stelannya harus dikendorkan sedikit, arah mengendorkannya ke arah kiri.
Semantara kalau motor New CB150R LED terasa oblak stang kemudinya dan saat dilakukan rem depan terdengar bunyi cetak – cetak, berarti motor ini terlalu longggar bagian komstirnya. Maka yang perlu dilakukan yaitu dengan mengencangkan stelan komstir motor New CB150R, cara mengencangkannya dengan menyetel komstir kearah kanan.
Langkah selanjutnya adalah mengencangkan mur segitiga atas dengan menggunakan kunci L 12, ingat jangan terlalu kencang torsi mur tersebut. Intinya ngga usah ngeden sampai stang tidak bisa dibelokkan, lakukan pengencangan cukup 1 putaran mentok.
Setelah itu lakukan test hasil pengerjaan bisa dengan dilakukan rem depan dan digoyangkan stang kemudi kekanan – kiri dengan kondisi ban depan tidak menyentuh tanah. Lebih baik lagi lakukan test drive untuk mengecek hasil pekerjaan, jika dirasa stelan komstirnya sudah pas maka langkah terakhir yaitu mengencangkan baut setiga tiga atas dengan shock depan. Alat yang digunakan bisa memakai kunci L8, jika tulisan ini kurang jelas tonton video dibawah ini ya bro.

Check it dot bro..





Cara Menyetel Komstir Honda New CB150R LED Facelift


Nah untuk New CB150R LED facelift atau generasi ke dua mempunyai beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan New CB150R keluaran pertama, letak perbedaannya ada pada mur pengunci segitiga atas.
Untuk Honda New CB150R LED facelift menggunakan mur ukuran 34 mm sama seperti Honda New CBR150R LED, sehingga kunci yang dipakai berbeda dengan New CB150R keluaran pertama,
Peralatan yang dipakai untuk New CB150R facelift diantaranya kunci T12 mm, kunci L8, kunci shock ukuran 34 mm, obeng min dan palu.
Langkah pertama kendorkan baut pengunci segitiga atas dengan shock depan, kunci yang dipakai menggunakan kunci L8.
Kemudian gunakan kunci T12 mm untuk melepas stang kemudi dari dudukannya, agar kunci shock bisa dimasukan ke mur 34 mm. Jika kunci shock tidak bisa dimasukan ke mur 34 mm, maka geser sedikit dudukan stang kemudi dengan menggunakan kunci ring 12 mm pada mur bagian bawah.
Jika mur 34 mm telah dikendorkan maka langkah selanjutnya menyetel kekencangan komstir Honda New CB150R facelift, untuk menyetelnya bisa menggunakan obeng min ukuran sedang. Tapi sudut untuk menyetel komstir lumayan susah jadi coba saja dengan membelokan stang kekanan dan kekiri sampai benar – benar menemukan celah stelan komstir.
Untuk menyetel komstir apakah harus dikencengin atau dikendorkan sudah gua tulis pada cara pnyetelan diatas jadi kayaknya ngga perlu gua jelasin lagi.
Sebaiknya cek hasiil pekerjaan dengan melakukan test drive dan rem depan, jika dirasa stelan komstir sudah pas kencangkan semua baut.
Kalau masih kurang jelas silahkan buka video diatas dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro, kalau mau komen silahkan pada video supaya gua bisa dengan cepat menjawabnya.

Ok bro sekian dulu dari gua tetep keep riding no arogan hormati para pejalan kaki. Salam oprex dan salam satu asphal selalu.. wor.. wor.. 

Posting Komentar

0 Komentar