Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda CS1, Cari Tahu Ukuran Pistonnya

Salam oprex dan salam satu aspal, akhirnya sekian lama tidak nongol gua bisa update blog otomotif  roda dua yang paling keren versi bapak gua sendiri he.. he.. kali ini kta akan ngomongin kelebihan dan kekurangan Honda CS1 atau city sport one. Memang motor yang kerap kali dijuluki domba ini oleh sebagian biker sering kali dianggap nyleneh karena bentuk bodinya yang ngga banget he… Tapi asal tahu saja bro, dibalik kekurangannya Honda CS1 mempunyai banyak kelebihan, nah untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot…


Kelebihan Honda CS1


Dimeter Piston Gede

Jika pada umumnya motor cc 125 menggunakan diameter piston 52,4 mm, berbeda Honda CS 1 ini yang mempunyai ukuran piston paling besar yaitu 58 mm dengan pen piston 13 mm. Jika dibandingkan dengan Vixion lama yang mempunyai diameter 57 mm maka masih lebih besar CS 1, tapi panjang langkah piston (panjang stang seher) untuk Honda CS 1 mempunyai ukuran 47,2 mm. Sehingga motor ini termasuk tipe overbore karena diameter piston lebih besar dari panjang langkah piston, kelebihan untuk tipe mesin ini sangat cocok untuk rpm tinggi. Jadi kalau lo suka ngebut dan memakai tipe mesin overbore, power mesin akan sangat terasa pada Top speed. Biasanya piston Honda CS 1 akan banyak dicari untuk memodifikasi mesin, entah untuk keperluan balap drag, harian dan roadrace.

Rem Depan Belakang Cakram

Untuk masalah sistem pengereman pada motor CS 1 sudah menggunakan rem cakram / disk brake, hal ini untuk mengimbangi semburan tenaga mesin Honda CS 1. kanvas rem yang dipakai bisa menggunakan kanvas rem  motor lain, seperti Honda Supra X 125, Megapro Primus, Suzuki Satria FU dan masih banyak lagi.
 

Motor 125 cc dengan Sistem Pendingin Cair

Pada umumnya untuk motor bebek dan sport menggunakan sistem pendingain angin hal ini bisa dilihat dari bentuk blok cylinder yang menggunakan sirip, sementara untuk Honda CS 1 bagian blok cylindernya tidak menggunakan sirip alias polosan. Nah untuk Honda CS 1 kebetulan telah menggunakan sistem pendingin cair atau biasa disebut radiator. 
 

Tarikan Motor Sangat Ringan

Kalau lo sudah pernah mencoba motor CS 1 ini pasti akan merasakan perbedaan saat pertama kali membesut motor yang kurang laku ini he…., jujur bagi gua ini motor sangat enak buat untuk tarikan awal, menengah dan atasnya. 

Kekurangan Honda CS1

Body Motor yang Kurang Enak Dipandang

Body motor Honda CS 1 memang terbilang nyeleneh, mau dikatakan bebek bukan sport juga bukan, sehingga banyak para biker yang menyebutnya ban** atau ada yang menyebutnya domba. Ya apalah itu semua tapi bagi para pecinta motor ini, semuanya tidak berarti he… he..

Spare Part yang Susah Dicari 

Memang ngga semuanya spare part Honda CS1 susah dicari, tapi ada beberapa komponen yang bisa substitusi / kanibalin. Contohnya bagian kopling, mulai dari kanvas kopling, plat kopling, preure dan center clucth, paking kopling, paking magnet, kanvas rem, gear set, lampu – lampu dan sil shock depan. Tapi untuk komponen seperti CDI, kiprok, spul magnet, radiator, piston akan lumayan susah mencarinya bro, kecuali lo gabung di komunitas Honda CS 1. Entah itu komunitas online seperti group pesbuk ataupun secara offline didaerah lo, nah … biasanya para member komunitas tersebut akan saling support satu sama lain masalah ketersediaan spare part motor Honda CS 1 ini. 

Nah biar lebih jelasnya tonton video berikut ini ya bro, kalau masih adda pertanyaan sialahkan tulis di kolom komentar dari video ini. Tapi jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro, ya itung – itung lo bantuin gua supaya channel ini bisa berkembang menjjadi lebih baik lagi.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu.. wor.. wor..

Posting Komentar

0 Komentar