Sejeworks - Salam
oprex dan salam satu asphal, Honda Vario 110 karburator yang
mengalami overheating ditandai dengan lampu indikator suhu yang
menyala merah. Lampu indikator yang menyala merah tersebut terletak
dibagian spedometer, sebagai pertanda suhu mesin sudah terlalu panas
karena adanya masalah dibagian sistem pendinginan mesin. Masalah
dalam sistem pendinginan Honda Vario 110 karburator sering kali
terletak pada seal water pump yang rusak sehingga air radiator akan
bocor rembes keluar mesin.
Jika kebetulan motor
lo mengalami hal seperti ini sebaikknya segera lakukan perbaikan
dengan mengganti pompa radiator assy / water pump assy, karena jika
dibiarkan secara terus menerus akan membuat motor sering mogok dan
akibat terparahnya piston akan mengancing / ceket dengan boring
cylinder. Tapi terkadang para biker hanya mengganti seal water
pumpnya saja untuk mengatasi air radiator yang bocor. Ya ini boleh
saja, tapi jangan sampai bongkar 2 -3 kali gara – gara seal water
pump yang dipasang kembali rusak dan bocor. Ada baiknya saat
mengganti seal water pump dibarengi dengan penggantian shaft water
pomp / as pompa radiator, seal oli pompa radiator dan seal cover
pompa radiator. Sebab Honda Vario 110 karburator yang mengalami bocor
pada air radiator biasanya sudah mempunyai umur yang lumayan dan
telah mempunyai jarak tempuh yang jauh sehingga banyak komponen
disekitar radiator yang mulai aus.
Untuk menghindari
hal yang tidak diinginkan sebaiknya saat bongkar dan pasang seal
water pump delakukan dengan cara hati – hati, ada banyak
kemungkinan yang terjadi jika sampai asal – asaln saat melakukan
prose tersebut. Berikut kemungkinan kerusakan yang terjadi saat
proses bongkar pasang water pump, selang radiator pecah, thermostat
pecah, selang plastik pecah, seal – seal pada mekar, oli mesin
bocor, air radiator bocor. Nah dari banyaknya kemungkinan yang
terjadi saat bongkar pasang radiator maka saran gua lakukan
penggantian pompa radiator assy untuk meminimalisir hal – hal
tersebut. Tapi kalau lo masih tetep ngeyel ya ngga apa – apa bro,
karena memang harga pompa radiator assy lumayan mahal sekitar Rp 350
ribu belum ongkos pemasangan, air radiator dan oli mesin. Nah biar
lebih jelas kayak apa sih, cara ganti seal water pump Honda Vario 110
karbutor tonton video berikut ini sampai selesai ya bro..
Seal Water Pump Vario 110 Karburator
Saat penggantian
seal water pump Honda Vario 110 karburator sebaiknya ganti juga as
pompa radiator, karena sering kali as pompa radiator berkarat dan
menimbulkan kebocoran lagi walaupun seal water pump / sil
mekanikalnya telah diganti. Seal water pump Honda Vario 110 bentuknya
hampir sama dengan seal water pump Honda CB150R dan CBR150R, tapi
sayangnya ngga bisa dipasang atau disubstitusikan alias kanibal
karena ternya diameter seal water pump Honda CB150 mempunyai diameter
yang lebih besar sedikit jika dibandingkan dengan seal water pump
Honda Vario 110 karburator.
Cara Ganti Seal Water Pump Honda Vario 110 Karburator
Untuk mengganti seal
water pump Honda Vario 110 karburator pertama – tama harus melepas
kover radiator, kemudian radiator Honda Vario 110 karburator. Kunci
yang digunakan yaitu kunci T8, T10 dan tang biasa, usahakan pisahkan
but – buat setiap komponen karena panjang pendeknya baut berbeda.
Langkah selanjutnya
yaitu melepas kipas radiator dan magnet, untuk melepas magnet
diperlukan traker magnet agar megnet bisa ditarik keluar. Ukuran
traker magnet Honda Vario 110 karburator yaitu #3, pada sisl ulir
luar dan untuk memasang magnet harus memutarnya ke arah kiri.
Setelah itu lepas
spul magnet motor Honda Vario 110 karburator dengan menggunakan kunci
L5 dan T8, hati – hati saat melepas spul tersebut karena sering
kali spul tersebut rusak.
Selanjutnya melepas
pompa radiator assy dari mesin dengan menggunakan kunci T10 dan
jangan lupa lepas selang pipa besi motor tersebut dengan cara
mendorong kearah pompa radiator Honda Vario 110 karburator.
Setelah pompa
radiator terlepas langkah selanjutnya melepas gear pompa oli mesin
dan rantai pompa oli mesin, perhatikan dengan seksama posisi gear
pompa oli mesin agar saat pemasangannya nanti tidak terbalik.
Langkah berikutnya
melepas kipas water pump dan seal water pump, nah biar lebih jelasnya
tonton video dibawah ini tapi jangan lupa subscribe terlebih dahulu
ya bro..
Cara Melepas Kipas Water Pump Honda Vario 110 Karburator
Untuk melepas kipas
water pump Honda Vario 110 karburator dibutuhkan alat yaitu kunci T10
dan tang buaya (tang jepret), selain itu majun / lap juga dibutuhkan
untuk melapisi as pompa radiator dibagian belakang bearing.
Langkah pertama
lapisi as pompa radiator bagian belakang bearing dengan menggunakan
lap, supaya as pompa tidak lecet.
Kemudian jepit as
tersebut dengan tang jepret / tang buaya, kendorkan kipas water pump
dengan menggunkan kunci T 10. Jangan lupa saat mengendorkan kipas
water pump arah putarannya ke arah kiri seperti pada umunya
mengendorkan baut.
Lebih jelasnya simak
video berikut ini ya bro, jangan lupa tinggalkan jejak dengan komen,
like dan share ya bro..
Akhir kata dari gua
tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki serta
pengendara lainnya, salam oprex dan salam satu asphal selalu.
Komentar
Posting Komentar