Ukuran dan Cara Ganti Seal Water Pump Honda Vario 110 Karburator


Sejeworks - Salam oprex dan salam satu asphal, Honda Vario 110 karburator yang mengalami overheating ditandai dengan lampu indikator suhu yang menyala merah. Lampu indikator yang menyala merah tersebut terletak dibagian spedometer, sebagai pertanda suhu mesin sudah terlalu panas karena adanya masalah dibagian sistem pendinginan mesin. Masalah dalam sistem pendinginan Honda Vario 110 karburator sering kali terletak pada seal water pump yang rusak sehingga air radiator akan bocor rembes keluar mesin.

Jika kebetulan motor lo mengalami hal seperti ini sebaikknya segera lakukan perbaikan dengan mengganti pompa radiator assy / water pump assy, karena jika dibiarkan secara terus menerus akan membuat motor sering mogok dan akibat terparahnya piston akan mengancing / ceket dengan boring cylinder. Tapi terkadang para biker hanya mengganti seal water pumpnya saja untuk mengatasi air radiator yang bocor. Ya ini boleh saja, tapi jangan sampai bongkar 2 -3 kali gara – gara seal water pump yang dipasang kembali rusak dan bocor. Ada baiknya saat mengganti seal water pump dibarengi dengan penggantian shaft water pomp / as pompa radiator, seal oli pompa radiator dan seal cover pompa radiator. Sebab Honda Vario 110 karburator yang mengalami bocor pada air radiator biasanya sudah mempunyai umur yang lumayan dan telah mempunyai jarak tempuh yang jauh sehingga banyak komponen disekitar radiator yang mulai aus.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan sebaiknya saat bongkar dan pasang seal water pump delakukan dengan cara hati – hati, ada banyak kemungkinan yang terjadi jika sampai asal – asaln saat melakukan prose tersebut. Berikut kemungkinan kerusakan yang terjadi saat proses bongkar pasang water pump, selang radiator pecah, thermostat pecah, selang plastik pecah, seal – seal pada mekar, oli mesin bocor, air radiator bocor. Nah dari banyaknya kemungkinan yang terjadi saat bongkar pasang radiator maka saran gua lakukan penggantian pompa radiator assy untuk meminimalisir hal – hal tersebut. Tapi kalau lo masih tetep ngeyel ya ngga apa – apa bro, karena memang harga pompa radiator assy lumayan mahal sekitar Rp 350 ribu belum ongkos pemasangan, air radiator dan oli mesin. Nah biar lebih jelas kayak apa sih, cara ganti seal water pump Honda Vario 110 karbutor tonton video berikut ini sampai selesai ya bro..

Seal Water Pump Vario 110 Karburator


Saat penggantian seal water pump Honda Vario 110 karburator sebaiknya ganti juga as pompa radiator, karena sering kali as pompa radiator berkarat dan menimbulkan kebocoran lagi walaupun seal water pump / sil mekanikalnya telah diganti. Seal water pump Honda Vario 110 bentuknya hampir sama dengan seal water pump Honda CB150R dan CBR150R, tapi sayangnya ngga bisa dipasang atau disubstitusikan alias kanibal karena ternya diameter seal water pump Honda CB150 mempunyai diameter yang lebih besar sedikit jika dibandingkan dengan seal water pump Honda Vario 110 karburator.

Cara Ganti Seal Water Pump Honda Vario 110 Karburator


Untuk mengganti seal water pump Honda Vario 110 karburator pertama – tama harus melepas kover radiator, kemudian radiator Honda Vario 110 karburator. Kunci yang digunakan yaitu kunci T8, T10 dan tang biasa, usahakan pisahkan but – buat setiap komponen karena panjang pendeknya baut berbeda.

Langkah selanjutnya yaitu melepas kipas radiator dan magnet, untuk melepas magnet diperlukan traker magnet agar megnet bisa ditarik keluar. Ukuran traker magnet Honda Vario 110 karburator yaitu #3, pada sisl ulir luar dan untuk memasang magnet harus memutarnya ke arah kiri.
Setelah itu lepas spul magnet motor Honda Vario 110 karburator dengan menggunakan kunci L5 dan T8, hati – hati saat melepas spul tersebut karena sering kali spul tersebut rusak.

Selanjutnya melepas pompa radiator assy dari mesin dengan menggunakan kunci T10 dan jangan lupa lepas selang pipa besi motor tersebut dengan cara mendorong kearah pompa radiator Honda Vario 110 karburator.

Setelah pompa radiator terlepas langkah selanjutnya melepas gear pompa oli mesin dan rantai pompa oli mesin, perhatikan dengan seksama posisi gear pompa oli mesin agar saat pemasangannya nanti tidak terbalik.

Langkah berikutnya melepas kipas water pump dan seal water pump, nah biar lebih jelasnya tonton video dibawah ini tapi jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro..

Cara Melepas Kipas Water Pump Honda Vario 110 Karburator


Untuk melepas kipas water pump Honda Vario 110 karburator dibutuhkan alat yaitu kunci T10 dan tang buaya (tang jepret), selain itu majun / lap juga dibutuhkan untuk melapisi as pompa radiator dibagian belakang bearing.

Langkah pertama lapisi as pompa radiator bagian belakang bearing dengan menggunakan lap, supaya as pompa tidak lecet.

Kemudian jepit as tersebut dengan tang jepret / tang buaya, kendorkan kipas water pump dengan menggunkan kunci T 10. Jangan lupa saat mengendorkan kipas water pump arah putarannya ke arah kiri seperti pada umunya mengendorkan baut.

Lebih jelasnya simak video berikut ini ya bro, jangan lupa tinggalkan jejak dengan komen, like dan share ya bro..



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki serta pengendara lainnya, salam oprex dan salam satu asphal selalu.

Posting Komentar

0 Komentar