Cara Ganti Rantai Keteng Supra X 125 Karburator

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, selamat datang kembali di blog otomotif roda dua yang paling keren versi Bapak gua he.. kali ini kita akan ngomongin khusus bagi para pengguna Honda Karisma. Kirana dan Supra X 125 karburator, ya walaupun pada generasi ini dibuat pula Honda Supra X 125 versi injeksi tapi mempunyai kode mesin dan kode produksi yang berbeda dengan Supra 125 injeksi generasi kedua (helm dan charger hp). Karena yang kita omongin ini mempunyai kode KPH sedangkan Supra Helm in mempunyai kode KYZ, tapi tenang saja bro untuk generasi Supra KYZ pernah kita bahas pada artikel sebelumnya jadi silahkan cari sendiri ya bro. he...

Sebelumnya kita cari tahu dahulu apa itu rantai keteng alias keteng atau kamprat, kok banyak banget sebutannya ?? ya tiap daerah punya banyak sekali sebutan ada lagi yang menyebutnya cam chain, rantai api, rantai kecil atau rantai mesin. Tapi pada artikel ini kita akan menyebutnya keteng biar mudah ya bro, keteng adalah rantai yang berada didalam mesin yang menghubungkan gear sentrik dengan gear kruk as agar selalu bergerak sesuai runtut pengapian (tertib pengapian). 

Harga Tensioner dan Rantai Keteng Supra X 125 Original


Untuk mengganti rantai keteng Honda Supra X 125 harus diberengi dengan penggantian tensioner (penonjok keteng) agar memperoleh hasil pekerjaan yang maksimal. Kalau tensioner tidak diganti bagaimana ? Perlu diketahui tensioner juga mempunyai usia pakai, biasanya lebih dari 4 tahun lilitan kawat yang berada didalam tensiner akan mulai melemah sehingga kinerja tensioner tidak akan sempurna.

Cara Bongkar Rantai Kamprat dan Pasang Baut Tensioner Supra X 125


Sebelum kita mengganti kamprat dan tensioner sebaiknya kita persiapkan terlebih dahulu peralatan dan part / komponen terkait agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Diantaranya kunci T8, T10, T12, T14, flywheel holder, traker magnet #3 untuk Honda Supra X 125 karburator dan Karisma, kunci T17 atau Ring 17 dan cutter. Sedangkan bahan yang dibutuhkan yaitu keteng KPH , tensioner KSS dan gasket blok magnet. Ok dari pada kelamaan ngelantur kesana kemari langsung saja check it dot ya bro..




Langkah pertama kuras oli mesin terlebih dahulu, agar oli mesin tidak berceceran dilantai. kalau tidak mau mengganti oli mesin ganjal standar tengaha pada bagian kiri supaya motor miring kearah kanan.

Setelah itu lepas tutup sentrik dengan menggunakan kunci T 10, posisi baut dekat dengan dengan busi.

Kemudian buka blok magnet dengan memakai kunci T8, jika posisi blok magnet susah ditarik silahkan lepas foot step belakang sebelah kiri dengan memakai kunci T12 dan T14.

Saat blok magnet bisa dilepas pasang fly wheel holder dan kendorkan mur 17 mm dimagnet, selain itu kendorkan dan lepas sentrik dengan memakai kunci T8.

Untuk menarik magnet Honda Supra X 125 bisa menggunakan traker magnet #3, supaya kruk as tidak mekar ulirkan kembali mur 17 mm ke magnet. Tapi ulirkan saja dibagian luar dari kruk as, jika magnet bisa ditarik keluar dan mentok dengan mur 17 mm, lepas kembali mur 17 mm yang tadi dipasang.
 
Setelah magnet bisa ditarik keluar, biasanya akan dibarengi dengan gear starter dan baering bambu yang berada persis dibelakang magnet. Hati – hati saat meletakan part – part tersebut, lepas juga pinion dan as pinion starter yang posisinya diatas magnet.

Langkah selanjutnya lepas baut gear sentrik / timing yang sebelumnya telah dikendorkan pada langkah awal tadi, dengan menggunakan kunci T8.

Setelah itu lepas tensioner / penonjok keteng tapi jangan lupa sebelum melepas tensioner kendorkan terlebih dahulu baut (+) yang berada diatas tensioner, kemudian lepas tensioner dengan menggunakkan kunci T10.

Nah langkah berikutnya yaitu mengendorkan stopper keteng belakang yang memakai baut 10 mm, hati – hati saat mengendorkan baut 10 mm ini karena palat stoper tersebut mengganjal pegas / per dan jangan sampai hilang pegas tersebut.

Kemudian silahkan lepas keteng dan menggantinya dengan keteng yang baru, ingat kode keteng Honda Karrisma, Kirana dan Supra X 125 karbu adalah KPH.

Urutan Pemasangan Keteng Honda Supra X 125


Setelah keteng terpasang digear kruk as, pasang juga stoper keteng (plat dan baut 10 mm). Selanjutnya posisikan piston pada langkah TMA (titik mati atas) dengan cara memutar kruk as, untuk mempermudah langkah ini copot busi terlebih dahulu.

Kemudian pasang sentrik perlu diingat, salah posisi gear sentrik akan berakibat fatal seperti piston jebol dan motor brebet. Maka dari itu harus berhati – hati saat memasang keteng ke sentrik, posisikan noken as harus kondisi netral (tidak menonjok ke kelp in dan ex).

Setelah sentrik terpasang dengan benar, pasang tensioner dengan memakai kunci T10 kemudian lepas pengunci tensioner tersebut.

Pasang magnet dan gear starter pada posisi spi magnet, kemudian pasang mur 17 mm dan kencangkan mur tersebut. Untuk bisa mengencangkan mur magnet bisa memakai fly wheel holder supaya magnet tidak berrputar atau bisa dengan cara mengganjal magnet tersebut dengan memakai baut pada sisi tonjolan pick up.

Kemudian pasang blok magnet tapi perhatikan gasket blok magnet tersebut, jika kondisi gasket sobek maka ganti dengan gasket terbaru.

Ck hasil pengerjaan dengan memutar magnet memakai kunci T17 mm, lihat posisi tanda T

Pasang juga tutup gear sentrik, cover gear dan part – part yang tadi dilepas saat memasang keteng.

Nah biar lebih jelasnya langsung saja tonton video berikut ini sampai selsai dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro… kalau mau komen atau mau nanya – nanya silahkan di video ini ya bro..



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki dan salam satu asphal.

Posting Komentar

0 Komentar