Cara Ganti Sil Kruk As yang Sering Bocor Terus pada Honda Beat Injeksi dan Vario 110 Karburator


Sejeworks - Salam oprex dan salam satu asphal, untuk kali ini kita akan ngomongin masalah oli mesin yang rembes terus karena sil kruk as sebelah kiri atau sil cvt depan yang rusak. Rusakknya sil cvt depan bisa berasal dari usia pakai, selain itu ada beberapa faktor lain kenapa sil cvt depan seal kruk as sering bocor. Mulai dari cara memasangnya yang miring, kruk as / bandul stang seher yang mbaret / lecet, peer sil kruk as yang lompat dari dudukan sil dan masih banyak lagi. Pada artikel kali ini bisa diterapkan untuk Honda Beat karbu dan injeksi dari starter kasar dan halus, selain itu Honda Scoopy dan Vario 110 juga bisa menerapkan cara ini. Karena seal kruk as pada Honda Beat, Scoopy dan Vario 110 bisa saling substitusi atau pasang comot tanpa ada  perbedaan. Tapi sebelum kita ngomongin lebih jauh lagi gua mau minta batuan lo supaya subscribe channel blog ini, agar blog dan channel ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.


Penyebab Seal Kruk As Rusak

Untuk mengetahui sil krus as rusak bisa dilakuKan dengan cara melihat adanya rembesan oli mesin disekitar CVT, selain itu seal kruk as yang rusak akan membuat motor matic menjadi slip dan tenaga dari mesin yang disalurkan secara kesleluruhan. Ok bro dari pada banyak ngomong, untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot bro..


Usia Pakai Komponen / Part

Umur part atau usia pakai komponen dipengaruhi oleh jarak tempuh kendaraan dan usai motor, perlu diketahui suhu mesin bisa melebihi 100 derajat celcius. Sedangkan seal terbuat dari keret sehingga jangka panjangnya seal kruk as akan mengeras. Sehingga oli mesin bisa masuk menerobos ke bagian CVT sepeda motor.

Kruk As Lecet

penyebab dari kruk as yang lecet biasanya karena saat melepas seal kruk as dengan cara mencongkel bagian seal kruk as bagian dalam dan menggore kruk as. Dan sayangnya goresan tersebut terjadi pada komponen yang bergerak jadi walaupun sedikit akan membuat goresan tersebut menjadi lebar dan menimbulkan kebocoran oli mesin.

Seal dan Ring Seal Terjepit

Pemasangan seal kruk as jika tidak tegak lurus akan membuat kerusakan lagi pada seal yang baru dipasang. Untuk mengantisipasi hal ini meka sebaiknya lumasi dengan grease bagian – bagian kruk as dan seal kruk as.

Akibat Sil Kruk As Rusak

Apasih yang akan diakibatkan dari seal kruk as yang rusak ? Nah ini sering kali menjadi pertanyaan oleh para pengguna motor. Bahwa seal kruk as bocor membuat roller jadi peang, bosh roller oblak dan sebagainya, jawaban yang paling tepat jika seal kruk as rusak akan membuat motor matic slip dan oli mesin cepat habis. Oli mesin yang rembes akan terlihat dibagian belakang bawah dari blok cvt, biasanya rembesan tersebut akan terlihat saat motor dalam kondisi diam dan tidak digunakan.

Harga Seal Kruk As Honda Beat dan Vario Original

Masalah harga dari seal kruk as Honda Beat, Vario 110 dan Scoopy, sebenarnya relatif murah ngga sampai Rp 10 ribu, tapi ongkos bongkar pasangnya yang dibandrol sekitar Rp 50 ribuan (tergantung bengkel). Karena untuk mengganti seal kruk as tersebut harus membongkar pulley depan dan pulley belakang, supaya memudahkan pengerjaan.

Cara Bongkar Pasang Seal Kruk As Honda Beat, Scoopy dan Vario 110

langkah perttama lepas dahulu blok cvt dengan menggunakan kunci T8, jika ukuran baudnya masih sttandar pabrikan. Beda halnya jika kondisi baud telah diganti menggunakan baud variasi ataupun baud lainnya, maka kunci yang digunakan untuk melepas blok cvt akan berbeda.

Setelah itu gunakan fly wheel holder untuk melepas pulley belakang dan gunakan kunci ring ataupun shock 19 mm, untuk mengendorkan mur 19 mm.

Untuk melepas pulley depan bisa menggunakan universal holder, jika motor tersebut telah menggunakan ACG starter. Tapi jika motor matic tersebut masih memakai starter kasar seperti beat karbu, beat fi starter kasar, vario 110 karbu dan scoopy karbu, menggunakan center holder. Letak perbedaan dari kedua alat ini adalah titik pegangan / tahanan supaya face drive (kipas pulley depan) tidak berputar.

Kemudian kendorkan dan lepas mur 22 mm dengan menggunakan kunci shock atau kunci ring 22 mm, maka part – part yang berada dipulley depan bisa dilepas satu – persatu.

Langkah selanjutnya lepas ring sirklip dengan memakai tang sirklip in.

Gunakan obeng min kecil atau stelan angin untuk mencongkel seal kruk as, saat mencongkel seal kruk as lakukan dengan sangat hati – hati. Karena kalau sampai kruk as lecet / tergores maka akan membuat oli mesin cepat rembes kembali.

Untuk memasang seal kruk as, sebelumnya lumasi dahulu part – part yang berhubungan dengan seal kruk as dengan menggunakan grease atau gemuk. Tujuannya supaya saat pemasangan seal kruk as lebih mudah dan untuk meminimalisir kerusakan pada seal kruk as tersebut.
Ada banyak cara untuk memasang seal kruk as tiap orang berbeda – beda, tapi karena artikel ini gua yang buat maka pakai cara gua he….

Langkah pertama lumasi bagian luar dan dalam dari seal kruk as dengan greas, selain itu untuk lubang crank case dudukan kruk as lumasi juga dengan memakai grease.

Kemudian ambil bosh roller yang telah dilumasi grease dan masukan seal kruk as kedalam bosh roller tersebut, dorong sampai ketengah – tengah seal kruk as.

Pasang bosh roller yang dibagian tengahnya terdapat seal kruk as tersebut kemudian dorong seal ke kruk as.

Pukul dengan menggunakan palu dan gagang kunci T8, tapi sebelumnya gunakan seal kruk as bekas yang telah rusak tadi sebagai bantalan untuk menahan lecet ataupun rusak dari seal kruk as baru.

Setelah seal kruk as benar – benar terpasang dengan sempurna, pasangg kembali sirklip pengunci dengan memakai tang sirklip.

Langkah selanjutnya pasang kembali pulley depan dan pulley belakang.

Nah, biar lebih jelasnya silahkan tonton video berikut ini ya bro… tapi jangn lupa subscribe channel dan blog ini. Ya itung – itung lo bantuin gua supaya channel dan blog ini bisa bertahan dari antek asing dan asong he…




Jika ada pertanyaan silahkan tulis video, supaya gua bisa lebih cepat menjawabnya. Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu aspha. 


Posting Komentar

0 Komentar