Cara Memperbaiki Throttle Body Honda Beat Injeksi yang TPS Sensornya Rusak

Sejeworks - Salam oprex dan salam satu asphal, selamat datang kembali blog otomotif yang membahas teknologi, tuturial, solusi kerusakan dan update motor terbaru. Nah untuk kali ini kita akan ngomongin masalah Honda Beat injeksi yang mengalami masalah pada bagian throttle body dan sensor TPS. Beat injeksi yang gua maksud disini bisa Beat injeksi starter kasar dan Beat ESP, tapi selain itu cara ini bisa juga dipakai buat Scoopy injeksi dan Vario injeksi, entah Vario 110, Vario 125 dan Vario 150.

Sebelum kita ngomongin lebih jauh lagi, gua mau minta tolong ke lo semua supaya mendukung channel yang khusus ngomongin masalah sepeda motor ini. Dukungan lo cukup dengan subscribe di channel dan blog ini, dan subscribe itu gratis ngga bayar bro. Agar lo ngga ketinggalan mengenai informasi – informasi terbaru tentang sepeda motor dari blog dan channel ini.


perbaiki sensor tps beat



Kita ngomongin sedikit tentang apa itu throttle body dan sensor TPS, karena pada artikel – artikel sebelumnya kita pernah ngomongin sensor TPS dan throttle body.  Tapi pada kesempatan kali ini kita akan fokus ke Honda Beat injeksi dari yang starter kasar dan starter halus. Nah kalau lo kebetulan memakai Honda Beat injeksi, baca artikel ini sampai selesai dan tonton video dibawah ini.

Pengertian Throttle Body dan Sensor TPS

Throttle body yaitu komponen pada sepeda motor yang berfungsi untuk mencampur bahan bakar yang telah dikabutkan dengan udara segar. Bahan bakar yang disemprotkan akan sesuai dengan input dari sensor TPS (throtle posistion sensor) yang dikirimkan ke ECU / ECM dan bahan bakar akan dikabutkan oleh injektor. Rusaknya sensor TPS yang berada dithrotle body akan berdampak pada bahan bakar yang boros (boros bensin), motor berebet / ndut – ndutan dan nyendat - nyendat


Cara Mengecek Sensor TPS dan Throttle Body Pada Honda Beat Injeksi

Untuk mengecek kerusakan sensor TPS pada Honda Beat Injeksi bisa menggunakan alat dan bisa juga dilakukan secara manual. Jika mau menggunakan alat bisa memakai scanner injeksi, tapi gua yakin lo ngga punya he… he…, jadi kita mau ngecek secara manual ya bro…

Melihat Jumlah Kedipan Mil 

Cara ini paling gampang dan paling mudah, karena hanya perlu membaca jumlah kedipan lampu injektor / MIL pada motor Honda Beat, Scoopy dan Vario. Jumlah kedipan kerusakan pada sensor TPS motor Honda yaitu 8 kedipan pendek. Tapi bro, jangan sampai salah jumlah kode kedipan lampu MIL.

Mengecek Busi

Sering kali motor injeksi yang sensor TPS nya rusak akan membuat bahan bakar boros / bensin boros, sehingga busi akan terdapat kerak karbon berwarna hitam disekitar busi.

Menggunaka Avometer

Jika menggunakan avometer 2 dua hal yang harus dicek, yaitu tegangan yang masuk ke sensor TP dan hambatan sensor TP. Untuk besarnya jumlah tegangan yang masuk ke sensor TP sekitar 4, 75 – 5.25 volt dc, sementara untuk hambatan sensor TP yaitu masih menjadi rahasia yang belum dipecahkan he… he...

Harga Sensor TPS dan Harga Throtlle Body

Jika mau memperbaiki kerusakan pada sensor TPS ada dua pilihan yaitu mengganti satu set throttle body. Sedangkan cara kedua yaitu hanya mengganti sensor TPS, cara kedua ini lebih murah dari cara pertama. Tapi dengan catatan yang harus lo ketahui, jangan pernah merubah setelan throttle position, setelan yang gua maksud disini adalah bagian bawah dari liltan kawat yang biasa menggunakan kunci ring / pas 7 mm dan kunci L 3. kalau lo sudah memutar – mutar setelan TP dengan kunci pas 7 dan L 3 maka saran gua ganti throttle body langsung jangan hanya sensor TP saja.

Untuk harga sensor TP Honda Beat sekitar Rp 250 ribu, sematara untk harga Thorrtle body sekitar Rp 600 ribu. Harga sewaktu – waktu bisa berubah, harga diatas hanya sebatas estimasi, beda toko, beda harga, beda barang original, beda pula barang kw. Nah jika lo mau mencari barang original bisa hubungi gua langsung, he… he…

biar lebih jelasnya tonton video berikut ini supaya ada gambarannya, tapi jangan lupa tinggalkan komen, like dan sharenya bro..



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, salam oprex dan salam satu asphal. Wor… wor..

Posting Komentar

0 Komentar