Setelan Klep Motor Standar, Honda Beat Karburator dan Scoopy Karburator

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, Honda Beat Karburator merupakan motor matic generasi pertama yang yang dikeluarkan pihak Astra Honda Motor selaku ATPM Honda di Indonesia. Hadirnya motor ini membuat persaingan dikelas motor matic semakin kompetitif, pada postingan kali ini kita akan sedikit flashback tentang Honda Beat Karburator. Kita akan ngomongin cara menyetel klep Honda Beat karburator, cara menyetel klep sebaiknya menggunakan fuller guage tujuannya suupaya mendapatkan hasil pekerjaan yang maksimal. Ok biar lebih jelasnya langsung saja check it dot ya bro..

Cara Setel Klep Honda Beat Karburator yang Paling Benar


Sebelum kita memulai menyetel klep Honda Beat karburator sebaiknya persiapkan terlebih dahulu peralatannya seperti, obeng plus (+) kunci ring 10 mm, kunci ring 8-9 mm bengkok, kunci L kapet dan fuller guage.
Usahakan kondisi motor dalam keadaan dingin bukan pada suhu panas, jika motor dalam kondisi panas maka hasil penyetelan akan berbeda, selain itu sering kali terjadi slek / dol pada mur dan baut yang dikendorkan.
Langkah pertama lepas cover body tutup klep dengan menggunakan obeng plus (+). Kemudianepas tutup klep dengan menggunakan kunci T10 mm atau kunci ring 10 mm.
Selanjutnya engkol atau selah kick staarter secara perlahan – lahan dan tunggu ssampai klep in masuk kedalam kemudian keluar. Perhatikan langkah ini dengan teliti dengan memposisikan baut sentrik atas bawah dalam posisi tegak lurus.
Gua ulangi lagi langkah diatas ini yaitu baut sentrik harus tegak lurus dan kedua klep dalam kondisi tidak ditekan oleh noken as (Top Kompresi).
Jika motor sudah dalam keadaan top kompresi bisa dilakukan pengecekan dan penyetelan klep Honda Beat karburator.
Untuk mengecek stelan klep sudah benar atau tidak bisa memakai fuller guage dengan cara memasukan fuller tersebut diantarra celah batang klep dengan rocker arm.
Ukuran jarak renggang klep Honda Beat karburator yaitu In 0,14 dan ex 0,14 dengan batas toleransi 0,02 mm. Batas toleranssi disini adaalah batas kesalahan penyetelan, jadi bisa lebih dari atau kurang dari 0,02 mm.
Jika stelan klep motor tersebut berbeda maka bisa dilakukan penyetelan klep, caranya dengan mengandorkan mur 9 mm kearah kiri dengan menggunakan kunci ring 8-9 mm bengkok.
Setelah itu putar L kapet kearah kiri jika setelan klep terlalu kencang, sebaliknya jika stelan klep terlalu kendor putar L kapet kearah kanan. Stelan klep yang benar yaitu fuller bisa ditarik tapi susah didorong dan sesuai dengan ukuran celah klep.
Jika celah klep sudah pas kencangkan mur  menggunakan kunci 8-9 mm, sambil menahan L kapet supaya celah klep tidak kendor.
Langkah terakhir lakukan pengecekan hasil pekerjaan, jangan sampai terlalu kencang dan terlalu longgar karena akan berakibat pada performa dan umur mesin.
Pasang kembali tutup klep dan hati – hati saat memasangnya karena sering kali seal tutup klep terjepit, harga seal tutup klep original Honda Beat karbu sekitar  Rp 150.000 sedangkan Harga seal klep KW biasanya sekitar Rp 30.000.
Jika seal klep mengalami kebocoran bisa menggunakan lem trhee bond ataupun sealant supaya bisa meminimalisir kebocoran oli mesin.

Nah, biar lebih jelasnya silahkan tonton video berikut ini sampai selesai ya bro dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu. Ya itung – itung lo bantuin gua supaya channel dan blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu.. wor.. wor..

Posting Komentar

0 Komentar