Apa yang Terjadi Jika Oli Motor Habis, Berikut Ciri – Cirinya Pada Motor Matic

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, oli mesin sangatlah penting bagi performa sepeda motor. Tapi sering kali para biker menunda – nunda penggantian oli mesin, hal ini akan berdampak pada volume oli mesin yang berkurang. Jika penggantian oli mesin diundur – undur maka lama – kelaman oli mesin akan habis, akibatnya motor tidak bisa dihidupkan sama sekali karena piston terkunci ke cylinder bore. Sebenarnya artikel tentang oli mesin sudah pernah dibuat dari penyebab oli mesin habis dan akibatnya. Yang membedakannya kali ini kita akan lebih fokus ke ciri – ciri oli mesin habis pada motor matic, nah biar ngga kelamaan ngelantur langsung saja baca artikel ini sampai selesai dan tonton video dibawah ini sampai kelar ya bro… Tapi sebelumnya gua minta bantuan lo untuk subscribe di channel dan blog ini, agar blog dan channel ini bisa terus bertahan dan eksis memberikan konten – konten sepeda motor.

Ciri – Ciri Oli Mesin Habis dan Akibatnya Pada Motor Matic Injeksi


Overheating

Mesin menjadi cepat panas merupakan salah satu ciri – ciri dari oli mesin pada motor matic injeksi cepat habis, selain berfungsi sebagai pelumas komponen mesin. Oli mesin juga berfungsi sebagai pendingin suhu mesin, oli mesin akan berotasi / berputar melumasi komponen – komponen mesin dari bagian bawah sampai atas. Perputaran oli mesin tersebut terjadi karena kinerja pompa oli mesin.

Suara Mesin Menjadi Kasar

Saat oli mesin sesuai takarannya suara mesin terdengar adem, jika komponen seperti keteng, stang seher, piston dan klep dalam kondisi normal dan tidak rusak. Tapi saat takaran oli mesin berkurang tidak sesuai anjuran pabrikan maka suara mesin akan menjadi kasar atau berisik. Hal ini sebabkan karena oli mesin yang seharusnya melumasi komponen - komponen mesin tidak ada, sehingga gaya gesak dan benturan yang antara komponen semakin besar.

Motor Sering Mogok

Motor akan sering mogok jika suhu mesin telah panas, hal ini disebabkan karena ring piston dan piston memuai. Solusi sementara yaitu dengan membiarkan mesin mati sampai suhu mesin kembali dingin dan jangan lupa segera lakukan penggantian oli mesin.

Motor Mogok Total

Saat semua ciri – ciri diatas lo tetep saja tidakk mengganti dan menambah oli mesin maka akibat terberatnya motor menjadi mogok total karena piston terkunci dengan cylinder bore. Kalau sudah sampai seperti ini maka solusi paling ringan adalah menggani piston kit (piston set) dan solusi terberatnya yaitu mengganti piston kit dan stang seher.

Biaya Perbaikan Oli Msin Habis Pada Motor Matic Injeksi

Sebelum kita ngomongin biaya totalnya kita akan cari tahu terlebih dahulu apakah motor matic tersebut bisa dikorter ? Kalau bisa dikorter maka untuk menghemat biaya tidak perlu mengganti cylinder bore yang baru. Kalau ngga bisa dikorter harus satu paket dengan mengganti piston kit dan cylinder bore, tapi tenang saja bro… di negara +62 ini apasih yang ngga bisa. Jika tetep bersikukuh tidak mau mengganti cylinder bore maka solusinya dengan menganti liner boring ke bengkel bubut, kualitasnya bagaimana ?. Ya ini untung – untungan bro, kalau yang ngerjain sudah pro dan spare part yang dipakai bukan kaleng – kaleng maka bisa bertahan lama. Nah biar lebih jelasnya berikut estimasi jika sampai oli mesin motor matic habis.


Piston kit Rp 150 ribu
Bore Cylinder Rp 300 ribu
Kruk as Assy Rp 560 ribu atau kruk as pretelan Rp 200 ribu
Paking top Rp 60 ribu

Biaya bongkar pasang Rp 300 ribu
Oli mesin Rp 50 ribu


Biar ada gambaran silahkan tonton video dibawah ini tapi jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro…



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal. 

Posting Komentar

0 Komentar