Cara Ganti Bearing Roda Honda Vario 125 dan 150

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kembali lagi ke blog otomotif sepeda motor yang paling kece versi bokap gua he… he… kali ini kita kan ngomongin cara ganti bearing depan / laher roda Honda Vario 125 dan Vario 150. Cara ini bisa dipakai buat Honda Vario 125 dan Vario 150 dari model lama dan model terbaru, karena ukuran laher rodanya sama yaitu 6201 RS dan cara pasangnya pun hampir sama ngga bedanya. Nah biar nambah jelasnya tonton saja video dibawah ini sampai selesai tapi sebelumnya jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro, ya itung – itung lo bantuin channel ini supaya bisa bertahan dan berkembang menjadi lebih baik lagi.

Biaya Ganti Laher Roda Depan

Ngomongin biaya atau harga sebenarnya ini susah – susah gampang karena tiap penjual / bengkel akan menjual dengan harga yang biasanya berbeda – beda, hal ini akan ditentukan oleh pemakaian bearing dan ongkos bongkar pasang. Pemakaian bearing maksudnya pakai bearing asli atau kw, karena beda harga dan beda kualitasnya. Tapi pada kesempatan kali ini akan ngomongin biaya ganti bearing roda depan depan Vario 125 dan Vario 150, dengan menggunakan bearing asli dari pabrikan Honda. Berikut rinciannya :


cara ganti bearing depan vario



Bearing roda depan kode 6201 RS harga Rp 30.000 x 2 =  Rp 60.000,
ongkos bongkar pasang Rp 15.000,

Total keseluruhan Rp 75.000,

Cara Ganti Laher Roda Depan Honda Vario 125 dan Vario 150


Sebelum kita mengganti kedua bearing tersebut, usahakan persiapkan peralatan terlebih dahulu ya bro.. mulai dari palu, kunci T yang ujungnya panjang, obeng min, kunci ring 14 dan ring 19 mm (jika as motor lo masih asli), tidak ketinggalan juga dongkrak tapi kalau lo ngga punya bisa pakai ember he…. He…

Ok langkah pertama lepas roda depan dengan menggunakan kunci ring 14 dan 19 mm, kemudian pasang dongkrak supaya motor Vario nya tidak terjatuh kedepan.

Langkah berikutnya lepas sil debu pada bagian kanan dan kiri dari sisi tromol, untuk melepas sil debu ini bisa menggunakan obeng min. Cukup dengan mencongkelnya saja pada sisi bagian dalam dari sil debu tersebut.

Setelah itu getok kedua sisi pada bagian dalam dari bearing roda depan, tujuannya supaya ada celah antara bearing / laher dengan bosh / collar bagian dalam.

Jika sudah ada jarak antara collar dengan bearing maka gunakan ujung kunci T untuk menggetok bearing keluar. Usahakan getok pada dua sisi bagian dalam dari bearing yang akan dikeluarkan.

Untuk melepas bering pada sisi lainnya balikan teromol dan gunakan kunci T12 mm untuk memepercepat pekerjaan.
Langkah berikutnya bersihkan kotoran pada tromol dudukan bearing agar saat pemasangan bearing menjadi lebih mudah.

Cara Memasang Laher Depan Honda Vario 125 dan 150


Sebelumnya gua yakin lo ngga punya remover bearing alias alat khusus untuk memasang bearing / laher, oleh sebab itu lo bisa menggunakan bearing bekas dan ujung kunci T sebagai penggantinya.
 
Getok dengan menggunakan palu pada bearing baru tersebut ke dudukan teromol, saat menggetok bearing jangan terlalu dalam terlebih dahulu ya bro. Karena kita akan menggunakan bearing bekas sebagai bantalannya, tujuannnya supaya bearing baru tersebut tidak rusak.

Nah biar lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini, tapi gua ingetin lagi jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro..

Posting Komentar

0 Komentar