Cara Ganti, Penyebab dan Gejala Sensor O2 Motor Rusak

Sejeworks – Sensor oksigen atau biasa disebut sensor O2 adalah salah satu sensor input ke ECU / ECM yang berfungsi sebagai sensor yang mendeteksi kandungan O2 pada gas buang. Jadi sensor ini yang memberitahu ECU bahwa gas buang hasil pembakaran mesin terlalu sedikit atau terlalu banyak oksigen, karena settingan awal motor injeksi mempunyai perbandingan campuran antara udara dan bahan bakar sekitar 14:1. Dimana 14 adalah udara sedangkan bahan bakar bernilai 1, settingan ini ditentukan oleh ECU sesuai dengan input dari beberapa sensor seperti sensor O2, sensor MAP, sensor TP dan lain sebaginya.

Karena kita mau ngomongin tentang sensor O2 atau oksigen maka kesampingkan dulu sensor – sensor yang lainnya. Perlu diketahui sensor O2 merupakan sensor yang mahal karena terdapat kandungan emas didalamnya, tapi bukan mas – mas yang yang ada dijalan ya. Emas yang dimaksud ini jenis logam bukan jenis lainnya, biasanya harga sensor O2 dijual dengan harga sekitar Rp 350 ribu, bahkan bisa lebih dari harga tersebut, Untuk memepersingkat waktu baca saja artiikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini, tapi sebelumnya pada subscribe terlebih dahulu ya bro... ya itung – itung lo bantuin channel dan blog ini supayay bisa bertahan ddan berkembang menjadi lebih baik lagi.

Ciri – Ciri Sensor Oksigen Motor Rusak

Mesin Sulit Dihidupkan

Mesin akan susah dihidupkan menjadi salah satu ciri – ciri sensor oksigen rusak, tapi hal ini jangan dijadikan sebagai patokan utamanya ya bro. Karena mesin yang susah dihidupkan mempunyai banyak penyebabnya, seperti busi yang jelek, bocor kompresi, fuel pump lemah dan masih banyak lagi.

Bunyi Letupan Pada Bagian Knalpot

Bunyi letupan pada bagian knalpot hampir sama dengan bunyi letupan pada motor karbu yang bagian SAS (suplay air secondary) rusak, tapi bukan back fire ya bro. Jika back fire disebabkan karena pengapian yang terlalu maju dan biasanya api akan berbalik ke manifold, back fire berbahanya bagi mesin karena akibatnya bisa membuat kebakaran dan stang piston bengkok atau patah. Kalau letupan karena sensor O2 rusak akibatnya tidak ekstrim seperti back fire bro.

Lampu MIL Menyala atau Berkedip

Jika sensor O2 rusak maka hal yang pertama terjadi adalah lampu MIL dispeedo meter akan berkedip – kedip, pola kedipanya setiap merk sepeda motor berbeda bro. Jika sensor O2 motor Honda yang rusak maka lampu indikator injeksi / MIL akan menyala sebanyak 21 kali, dengan pola 2 kedipan panjang dan 1 kedipan pendek. Sedangkan jika motor Yamaha injeksi yang rusak maka lampu MIL akan menyala 

Bahan Bakar Boros

Sensor O2 yang rusak akan memnuat komsumsi bahan bakar / bensin menjadi boros, ya walaupun tidak seboros saat sensor TP yang rusak. Hal ini disebabkan karena sensor O2 mengirim sinyal ke ECU / ECM tidak sesuai dengan kondisi kandungan 02 pada gas buang.

Cara Memperbaiki Sensor O2 Rusak

Apakah sensor O2 bisa diperbaiki ? Tidak bisa bro karena bentuknya mirip baud dan tidak bisa dibongkar – bongkar. Apa akibatnya jika sensor O2 rusak tapi tidak diganti atau dibiarkan ddalam jangka waktu lama ? Akibat yang terparah jika sensor O2 rusak dan tidak diperbaiki akan merembet kerusakannya ke ECU / ECM tapi dalam jangka waktu yang lama.

Penyebab Rusaknya Sensor O2

Biasanya umur sensor O2 akan bertahan lama jika tidak banyak melakakukan penggantian knalpot racing, maksudnya begini bro. Gonta – ganti knalpot standar ganti racing kemudian ganti standar lagi, bosen lagi ganti racing lagi dan seterusnya sampai lo bosen maka akan mengakibatkan sensor O2 rusak. Kok punya temen gua ngga rusak sensor O2 nya ? Sedangkan punya gua rusak ? Nah ini pertanyaan yang sering timbul oleh para bro semua. Balik lagi rusaknya sensor O2 bisa diakibatkan karena usia pakai dan bongkar pasang knalpot.

Letak Sensor O2

Posisi sensor O2 setiap motor dan setiap merk berbeda – beda, tapi secara garis besar bisa dibagi menjadi dua yaitu dibagian leher knalpot dan dibagian head silinder klep ex / pembuangan. Untuk melepas sensor O2 bisa menggunakan kunci pas 17 mm dan pas 19 mm, hal ini bukan patokan utamanya karena setiap jenis motor mempunyai spesifikasi sensor O2 masing – masing.
Nah, biar lebih jelasnya tonton video berikut ini ya bro tapi jangan lupa subscribe terlebih dahulu.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, salam oprex dan salam satu asphal....


Posting Komentar

5 Komentar

  1. Saya cek lampu MIL kode 21...dan saya sudah ganti sensor Oksigen,tetapi lampu MIL mash berkedip 21....sudah sya reset cabut aki plus cabut fuse,tetapi masih nyala.Mohon....ilmunya apalagi yang harus saya lakuin..

    BalasHapus
  2. saya mau tnya kak,klo sensor o2nya keluar asep kenapa ya

    BalasHapus
  3. klo di sensor 02nya keluar asep kenapa ya

    BalasHapus
  4. Kenapa pada saat saya cabut soket sensor 02 di kode mil tidak berkedip sama sekali apa ada masalah sama ecu ny, soalnya motor Scoopy saya boros

    BalasHapus