Cara Mengakali dan Gejala Kampas Ganda Matic Honda Beat FI Aus

Sejeworks – Kanvas ganda ada juga yang menyebutnya kopling primer alias primary clucth adalah komponen yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari poros engkol / kruk as. Tenaga dari kruk as akan disalurkan kembali oleh kampas ganda melalui gesekan dengan mangkok kopling / outer clucth sebelum disalurkan kebagian rasio atau transmisi. Nah besar kecilnya tenaga yang sampai ke rasio dan roda belakang tergantung dari gaya gesek antara kampas kopling dengan mangkok kopling. Jadi kalau kondisi kampas kopling sudah tipis atau mulai aus maka gaya gesek dengan mangkok kopling melemah dan tenaga dari kruk as / poros engkol tidak dapat disalurkan semuanya kebagian transmisi.

Sebelum kita gibah (ngomongin) kampas ganda lebih jauh lagi, gua mau minta bantuan lo supaya susbcribe pada channel dan blog ini. Agar channnel dan blog ini bisa bertahan dan berkembang menjadi lebih baik lagi, jangan lupa tonton video dibawah ini agar lo punya gambaran bentuk kampas kopling, posisinya berada dimana ? Dan masih banyak lagi.

Apa Gejala Kampas Ganda yang Aus dan Cara Mengakalinya pada Motor Matic

Kampas ganda pada motor matic yang aus akan mempunyai beberapa gejalanya tergantung tingkat keausan atau kerusakannya. Kenapa kampas ganda bisa aus ? Sebabnya karena usia pakai, jarak tempuh berkendara dan cara pemakaian (style berkendara). Pada umumnya kampas ganda motor matic akan berusia diatas 24.000 kilometer atau 2 tahun, dengan pemakain biasa bukan buat ngojeg ya bro.. Jadi kalau motor lo belum 2 tahun kampas gandanya aus / rusak berarti ada yang salah dengan cara berkendara lo, entah karena medan jalan yang sring kali macet atau cara berkendara lo yang suka rem belakang tapi tidak menurunkan grip gas. Biar lebih jelasnya langsung saja check it dot ya bro…

Gejala Kampas Ganda yang Aus


Tenaga Motor Berkurang

Sebenarnya penyebab tenaga motor berkurang pada motor matic injeksi ada banyak sekali, untuk membedakannya bahwa sumber penyebab tenaga motor berkurang dari kampas ganda bisa dengan menghentakan grip gas saat motor akan berjalan. Kalau ada bunyi cetok dibagian CVT dan roda belakang langsung respon maka kondisi kampas kopling masih bagus. Tenaga motor matic yang berrkurang karena kampas ganda yang aus tidak terjadi secara spontan atau tiba – tiba, biasanya akan terjadi dalam waktu yang bertahap. 

Suara CVT Kasar

Suara CVT menjadi kasar karena mangkok kopling bergesakan langsung dengan punggung kampas kopling, gesekan tersebut karena asbes pada kampas kopling telah terkikis. Biasanya suara tersebut muncul saat motor digas penuh, suara CVT yang kasar ini sebagai pertanda bahwa kampas kopling sudah rusak cukup parah dan harus dilakukan penggantian.

Roda Belakang Terkunci

Roda belakang terkunci sebagai pertanda kampas kopling telah rusak sangat parah, penyebab roda belakang terkunci dan tidak bisa digerakan karena kampas kopling meleleh dan menempel pada mangkok kopling / outer clucth. Biasanya kampas kopling matic yang meleleh atau hancur disebabkan karena motor matic melewati jalan macet, kemudian pengendara tersebut melakukan gas – rem belakng – gas – rem belakang secara terus menerus dan diperparah dengan masuk ke genangan air dijalan. Jadi kampas kopling yang mulai panas tersebut hancur karena motor melewati  dan masuk ke genangan air. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya dalam kondisi macet jangan terlalu srringg menggunakan rem belakang, sebaiknya gunakan rem depan untuk meminimalisir panasdari kampas kopling.

Cara Mengakali Kampas Ganda Matic


Sebenarnya gua ngga menyarankan lo untuk mengakali kampas ganda pada motor matic, jadi kalau ada kerusakan atau keausan pada kampas ganda usakahan ganti baru. Tapi kalau mau ngakalin kampas ganda yang tipis dan mau dipakai lagi untuk sementara dan selamanya bisa dengan mengelas pada bagian dudukan kampas ganda tersebut. Tujuannya agar kampas ganda bisa lebih jengat / menonjol dari kampas ganda sebelumnya, namun cara ini tidak gua anjurkan bro. Kalau mau pakai cara lain bisa dengan mengganjal dumper kopling kampas ganda dengan memakai selang karet atau lainnya.

Nah biar lebih jelas tentang kerusakan dibagian kampas kopling tonton video dibawah ini sampai selesai ya bro, tapi jangan lupa susbcribe terlebih dahulu. Agar lo ngga ketinggalan berita – berita terbaru tentang sepeda motor.





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam oprex dan salam satu asphal.

Posting Komentar

0 Komentar