Harga dan Cara Ganti Bearing Pulley Belakang Honda Beat, Scoopy serta Vario

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kali ini kita akan ngomongin harga dan cara mengganti laher / bearing pulley belakang Honda Beat, Scoopy dan Vario. Bearing pulley belakang atau biasa dikenal laher bambu CVT, seringkali mengalami keausan / kerusakan. Rusaknya bearing bambu pada pada bagian pulley belakang akan membuat suara  CVT menjadi kasar dan berisik, apakah hal ini berbahaya bagi motor ?. Kalau benar penyebabnya berasal dari laher bambu maka  hal ini tidak berbahaya, cuman risih karena suara kasar yang ditimbulkan dari laher bambu tersebut.

Cara Memperbaiki Bearing Pulley / Laher Bambu yang Rusak

Untuk memperbaiki laher bambu / bearing CVT bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan mengganti driven face (pulley belakang) dan hanya mengganti 2 bearing pada bagian pulley belakang. Jika mengganti driven face biasanya akan terbentur dengan harganya yang lumayan sekitar Rp 250 ribu, belum ongkos bongkar pasang, penggantiian sil driven face dan grease CVT. Sementara jika memilih dengan mengganti laher bambu maka biaya akan murah karena laher bambu biasanya dibandrol dengan harga Rp 50 ribuan, tapi untuk memasang laher pulley belakang ini lumayan susah dan kalau sampai menggetoknya terlalu keras akan membuat leher bambu menjadi rusak sehingga hasil pekerjaan menjadi zonk he…

ganti laher bambu pulley belakang


Kalau gua pribadi sebenarnya lebih cendrung dengan mengganti driven face untuk hasil pengerjaan yang maksimal, tapi pada video dibawah ini kita akan mengganti laher bambu dengan menggunakan alat bantu. Nah untuk lebih jelasnya silahkan tonton videonya, tapi jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro.

Harga Serta Ukuran Laher Pulley Beat, Scoopy dan Vario

Ngomongin harga ngga bisa dipatokin semuanya sama, hal ini tergantung harga dari bengkel, lokasi bengkel, dan banyak banget. Tapi kalau digebuk rata, laher bambu biasanya dijual dengan harga Rp 50 ribuan dan berisi dua laher yaitu laher bambu dan laher biasa. Kedua laher tersebut berada dibagian driven face dan menjadi penyebab suara CVT menjadi kasar dan berisik. Untuk kode laher pulley belakang Honda Beat, Scoopy dan Vario yaitu laher biasa 6902 RS sedangkan untuk bearing bambunya berukuran 20X19X18 atau HK 202918 RS

Cara Ganti Bearing Bambu Pulley Belakang Honda Beat, Scoopy dan Vario

Untuk mengganti bearing bambu pulley belakang memerlukan beberapa alat yaitu fly wheel holder, kunci ring 19, kunci T8, tang sirklip in, palu, T12, kunci mur kopling matic dan pemanas.

Kali ini gua ngga akan ngomong step by step ya bro, karena lumayan panjang dari proses awal sampai akhir. Jadi gua akan langusng ngomong pada intinya saja bro, usahakan penggantian bearing bambu dibarengi dengan penggantian sil drivn face dan greasee cvt.

Jangan sampai ada part yang terlupakan, karena sirklip pengunci sering kali tertinggal saat pemasangan bearing bambu.

Usahakan posisi bearing bambu tidak masuk terlalu dalam dan tidak terlalu luar, karena jika presisi maka akan berdampak pada suara kasar dan mengikis part / komponen lainnya.

Nah biar lebih jelasnya tonton video dibawah ini dan jangan lupa like, komen dan sharenya ya bro...



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu.

Posting Komentar

0 Komentar