Harga dan Cara Ganti Bearing Roda Depan Honda Beat dari Karburator Sampai Injeksi


Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kali ini kita akan ngomongin masalah bearing roda depan pada Honda Beat karburator dan injeksi. Bearing alias laher berfungsi sebagai bantalan dan peredam goncangan terhadap medan jalan sebelum diredam oleh shockbreaker. Benturan karena medan jalan yang terjal menjadi penyebab seringnya bearing roda rusak, selain itu seal debu pada bagian tromol yang longgar / rusak menjadi penyebab air menempel dipermukaan bearing. Dalam jangka panjang air tersebut akan masuk kesela – sela bearing dan merusak bearing roda, bearing roda yang rusak akan membuat sepeda motor goyang dan tidak stabil saat dikemudikan.


Apakah bearing roda yang rusak membahayakan ? Tentu saja berbahaya, jika bearing belum rusak parah maka dampaknya hanya bunyi tek – tek pada bagian depan. Tapi jika bearing roda sudah rusak parah maka akibatnya sepeda motor akan susah dikendalikan dan serasa stang kemudi mau belok terus. Nah lebih jelasnya baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton videonya, kalau ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di video saja ya bro.. untuk respon yang lebih cepat.

Harga Bearing Roda Depan Beat Karburator dan Injeksi


Ngomongin berapa harga bearing roda depan Honda Beat karburator dan Beat injeksi, bisa berbeda – beda hal ini dikarenakan lokasi bengkel, merk bearing yang dipakai dan jenis bearing. Lokasi bengkel menentukan harga ongkos pengerjaan, merk bearing dan jenis bearing lebih menitik beratkan ke harga bearing itu sendiri. Bearing original pabrikan (berlogo Honda) dibandrol dengan harga sekitar Rp 30 ribu untuk 1 pcs, kalau ganti bearing roda depan kanan kiri maka totalnya 30 x 2, kemudian ongkos bongkar pasang sekitar 25. Maka totalnya jika mengganti dengan bearing depan Honda Beat injeksi dan karbu menjadi Rp 85 ribu, sementara jika lo memakai bearing roda depan merk aftermarket (fedral, aspira, indopart dsb) harganya akan relatif lebih murah.

Jenis bearing, pada artikel entah ke berapa gua pernah ngomongin bearing dengan seal pelindung, jadi lo bisa baca sampai tuntas apa itu bearing dengan seal pelindung. Standar bawaan pabrik untuk Honda Beat injeksi dan karburator menggunakan bearang 6201 RS (rubber seal), nah kode Rs disini adalah jenis bearing dengan seal pelindung karet dengan jumlah 1 sisi. Ada beberapa jenis beraing dengan seal pelindung mulai dari RS, 2 RS, Z dan ZZ, manakah yang paling mahal ? Jelas tipe ZZ karena mempunyai 2 pelingdung sisi berbahan besi seng (zink). Manakah yang paling murah ? Bearing yang tidak memakai pelindung sisi, tapi ingat bearing roda dengan bearing mesin berbeda walaupun memiliki kode awalan yang sama. Jadi untuk bearing mesin harus berhati – hati, tapi artikel kali ini gua fokus ke bearing roda depan bro.

Cara Ganti Bearing Roda Depan Honda Beat Karburator dan Injeksi


Sebelum mengganti bearing roda depan, langkah pertama cek dahulu kabel kilometer jika motor lo Beat karburator atau Beat FI generasi pertama. Jangan sampai setelah ganti bearing roda malah kabel kilometernya tidak berputar, nanti malah jadi bahan guyonan bro he…
Siapkan peralatan dan spare partnya, kunci ring 17 dan  ring 19 mm  untuk melepas roda depan. Jangan lupa palu dan kunci T, kemudian bearing roda depan dengan kode  6201 jika masih menggunakan tromol asli bawaan pabrikan. Tapi kalau tromol Honda Beat  punya lo sudah ganti, silahkan cek dulu kode  bearing yang dipakai. Jangan sampai lo nyalahin gua karena salah beli bearing, karena untuk semua Honda Beat Injeksi dan  karburator memakai bearing 6201 RS.

Ok biar lebih jelasnya langsung saja kita praktekan, tapi kalau kurang jelas tonton video dibawah ini sampai selasai ya bro.

Langkah pertama lepas roda depan menggunakan kunci ring 14 mm dan 19 mm, kemudian pasang dongkrak / ganjal pada bagian tengah bawah dari Honda beat.

Lepaskan seal debu pada setiap sisi luar tromol, jika Baet esp ada 2 seal debu sebalah kanan dan sebelah kiri. Jika Beat karburator dan Beat FI generasi pertama, hanya ada 1 seal debu dan sisi sebelahnya retainer buat gearbox speedometer.

Setelah seal debu terlepas maka getok sisi bagian dalam dari bearing / laher roda dengan memakai ujung kunci T, usahakan getok pada sisi vleg sebelah kanan dan kiri. Maka lama – kelamaan akan ada jarak antara collar / bosh bagian dalam velg dengan laher roda.

Setelah terlihat ada rongga maka getok bagian dalam bearing sampai bearing keluar, usahakan lepas bearing yang terdapat piringan cakram.

Jika bearing pada bagian piringan cakram sudah terlepas maka lepas bearing pada sisi lain dari velg. Gunakan kunci T12 untuk melepas bearing sebelah kiri, saat melepas bearing sebelah kiri untuk Beat karburator dan Beat FI starter kasar lumayan susah. Karena terdapat retainer wheel hub yang menghubungkan dengan gearbox dengan velg, jadi hati – hati saat melepasnya karena untuk mencari retainer ini sangat susah dan jarang bengkel yang menjualnya.

Untuk memasang bearing roda bisa menggunakan bearing remover tapi gua yakin lo ngga punya, jadi kita bisa memanfaatkan collar / bosh roda bagian luar sebagai pengganti bearing remover.

Pasang bearing pada sisi sebelah kiri yang tidak ada piringan cakramnya terlebih dahulu, tujuannya supaya saat pemasangan terakhir posisi piringan cakram berada diatas.
Nah biar lebih jelasnya, tonton video dibawahh ini dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro. Ya itung – itung lo membantu gua supaya channel ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.






Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki salam oprex dan salam satu asphal.
  



Posting Komentar

0 Komentar